in ,

Tradisi Berbagi Istri di India, Drupadi Masa Kini

Poliandri di India
Poliandri di India

Poliandri atau seorang istri memiliki lebih dari satu suami. Sebuah tradisi yang kita kenal lewat kisah Mahabarata versi India. Dimana, Drupadi putri dari Pancala harus bersuamikan 5 orang Pandawa yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Baca juga : Desa Paling Ekstrim di Dunia, Letaknya Ada di Dalam Kawah Gunung Berapi

Poliandri di India
Poliandri di India via lifeandtrendz.com

Kisah Drupadi itu ternyata juga ada di masa sekarang. Tepatnya manjadi tradisi di salah satu daerah di India. Dilansir dari The Whistler, Poliandri yang terjadi ada beberapa jenis. Dua yang utama adalah berdasarkan persaudaraan seperti para Pandawa atau yang berurutan namun bukan karena hubungan persaudaraan.

Untuk yang persaudaraan atau fraternal merupakan tradisi dimana seorang wanita menikahi beberapa orang pria yang masih bersaudara. Jadi menikah dengan kakaknya juga dengan adiknya. Sedangkan tipe yang kedua, seoranf wanita menikah dengan pria lalu menghasilkan keturunan. Setelah itu menjalin hubungan lagi dengan pria lain.

Poliandri ini bisa Teman Traveler temukan di beberapa tempat. Salah satunya adalah Kinnaur yang masuk wilayah India Utara dekat dengan Tibet. Suku lain yang memraktikkan Poliandri ini adalah Suku Toda di Gunung Nilgiri bagian dari Pegunungan Ghat Barat di Tamil Nadu, India.

Tradisi dilakukan dengan banyak cara, Untuk Suku Toda misalnya, jika sorang wanita menikah dengan laki-laki, maka otomatis dia menikah dengan saudara suaminya. Jika hamil maka suami akan melakukan upcara untuk menjadi ayah. Jika hamil lagi maka suami yang lain juga akan melakukan upacara menjadi ayah.

Beberapa suku meyakini bahwa merka melanjutkan tradisi dari para Pandawa. Lima bersaudara keturunan Bharata itu berbagi istri bernama Drupadi yang juga dikenal sebagai Pancali. Dari kelima Pandawa itu juga Drupadi memiliki lima orang putra. Next

ramadan

Mugorame, Kuliner di Pasar Kranggan Jogja yang Selalu Ramai Meski Cuma Punya 3 Menu

Geco khas Cianjur yang melegenda

5 Menu Khas Cianjur Yang Menggoda Selera