in , ,

5 Menu Khas Cianjur Yang Menggoda Selera

Geco khas Cianjur yang melegenda
Geco khas Cianjur yang melegenda

Ribuan kuliner khas nusantara memang sangatlah menyenangkan untuk diicipi ataupun sebagai oleh-oleh keluarga dirumah. Jadi tak lengkap rasanya jika belum mencoba makanan di kota yang dikunjungi. Begitu juga ketika kamu berlibur ke kota Cianjur. Banyak pilihan makanan khas nan unik yang wajib kamu cicipi, diantara diulas dibawah ini.

Baca juga : Resto di Ubud dengan Pemandangan Hijau, Punya Suasana yang Bisa Tenangkan Pikiran

Geco

Makanan satu ini memiliki singkatan dari Touge dan Tauco. Geco terdiri dari irisan ketupat, yang dikasih touge, irisan tahu goreng, mie aci yang disiram dengan kuah tauco kemudian dilumeri dengan kecap, cuka dan sambal, tak lupa taburan bawang goreng memberi aroma semakin gurih dan lezat.

Geco khas Cianjur yang melegenda
Geco khas Cianjur yang melegenda

Makanan Geco yang terkenal di Cinajur yaitu Geco Nusasari yang beralamat di jalan Siti Jenab Samping Bandoeng Optikal. Harga satu porsi Geco Nusasari ini dibanderol mulai dari Rp. 10.000 tergantung tambahan lauk yang kamu pilih.

Laksa

Laksa, mungkin teman traveler sudah mengenalinya. Banyak penjual laksa dengan mudah kamu temukan hampir diseluruh pulau Jawa dan Sumatera. Namun di Cianjur, Laksa menjadi makanan favorit warga lokal yang tersedia diseluruh sudut kota ini.

Laksa khas Cianjur
Laksa khas Cianjur. Foto via rasabunda.com

Kuliner ini hampir sama dengan Geco hanya beda dikuah yang lebih kuning. Laksa tersusun dari bihun, toge, tahu, oncom, telur dan beberapa bahan lainnya yang disiram dengan kuah kuning. Makanan ini paling cocok di nikmati saat pagi hari atau saat hujan.

Sate Maranggi

Sate maranggi mungkin tersedia diberbagai belahan nusantara. Namun kamu dengan mudah mendapatkannya di Kota Cianjur. Tak heran, kuliner ini menjadi ciri khas kota Cianjur. Sate unik ini terbuat dari daging sapi yang dibaluri bumbu bacem kemudian dibakar hingga bumbu meresap. Tekstur dari sate maranggi ini sangat empuk dan pastinya tidak alot, cocok untuk para orang tua.

sate maranggi khas cianjur yang lezat
sate maranggi khas cianjur yang lezat. Foto via rasabunda.com

Sate Maranggi ini biasanya disajikan dengan ketan bakar ataupun nasi kuning. Nah bagi teman traveler yang penasaran bisa datang ke Sate Maranggi Warujajar yang berada di Jalan KH. Hasyim Ashari Cianjur.

Bubur Ayam Cianjur

Meski dibelahan nusantara tersedia bubur ayam, namun khas Cianjur begitu menggoda. Bubur ayam yang paling terkenal di Cianjur yaitu Bubur Ayam Sampurna yang berada di Jalan H. Agus Saleh (Bomero City Walk).

Bubur ayam Cianjur yang begitu lezat
Bubur ayam Cianjur yang begitu lezat. Foto via sweetrip.com

Nah bedanya bubur ayam khas Cianjur ini terlihat pada tektur bubur yang tidak begitu kental dan tidak encer yang disiram dengan bumbu kuning irisan hati ayam, tak lupa dengan suwiran daging ayam kacang, seledri, bawang goreng, serta tambahan toping seperti telur rebus dan gorengan.

Ikan Bakar Cianjur

ikan bakar cianjur yang menggiurkan
ikan bakar cianjur yang menggiurkan. Foto via phinemo.com

Siapa sih yang tidak mengenali ikan bakar Cianjur ini? Resto ini bakal kamu dapatkan diberbagai kota di Indonesia. Dan pastinya menjadi ikon kota Cianjur, ya sesuai namanya yang mengusung nama kota Cianjur. Ikan bakar Cianjur menyuguhkan berbagai jenis ikan tawar dan ikan laut. Bagi pecinta ikan, sangat cocok melipir ke resto ini. Dijamin cita rasa sangat mantap!

Nah itulah ulasan makanan khas Cianjur yang nikmat dan menggoda. Bagi teman traveler yang berkunjung ke kota ini, siapkan waktu kalian untuk mencicipi satu persatu kuliner khas kota Tauco ini. Next

ramadan
Poliandri di India

Tradisi Berbagi Istri di India, Drupadi Masa Kini

Citayam Fashion Week Hadir Di Medan, Gubernur Sumut: Utamakan Ketertiban!