in , ,

Tradisi Ramadan di Eropa, Salah Satunya Ada yang Membasuh Muka Dengan Air Gua

Kebiasaan negara-negara di Eropa saat Ramadan

fi tradisi ramadan eropa

Memasuki bulan suci Ramadan banyak sekali kebiasaan yang dilakukan untuk menyambutnya. Seperti Tradisi Ramadan di Eropa berikut, salah satu negara ada yang selalu membasuh muka dengan air gua saat bulan puasa. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Alhambra, Istana Sekaligus Benteng Megah Bersejarah yang Daya Tariknya Tiada Dua

1. Belanda

belanda
Ilustrasi via pexels Tembela Bohle

Pertama ada Belanda yang menyambut bulan Ramadan dengan mengadakan bazaar di Kota Amsterdam. Awalnya bazaar ini ilegal namun semenjak tahun 2005 sudah diresmikan oleh pemerintah setempat. Di sini tersedia aneka ragam barang hingga makanan dari Timur Tengah, Maroko, India bahkan Indonesia.

2. Inggris

inggris
Ilustrasi via instagram elizabeth__audrey

Selanjutnya beralih ke negara Inggris, meskipun mayoritas tidak menjalankan puasa, hampir seluruh masyarakat di sini sangat menghormati kaum muslim saat beribadah puasa.

Selain itu ditandai dengan banyaknya lampion pada kafe dan restoran khas Timur Tengah. Tempat makan tersebut juga akan buka sampai tengah malam, sehingga para muslim dapat berbuka dan mendapat makanan untuk sahur nantinya.

3. Irlandia

irlandia
Ilustrasi via instagram monazar22

Berikutnya ada Irlandia salah satu negara yang mempunyai waktu berpuasa terpanjang di dunia yaitu selama 20 jam. Pusat kegiatan selama Ramadan ada di Islamic Center pada daerah Clonskeagh. Para kaum muslim akan melaksanakan ibadah berbuka puasa, sholat tarawih, tadarus al-quran dan mendengarkan ceramah pada lokasi ini.

4. Jerman

jerman
Ilustrasi via instagram thewandergirlofficial

Kemudian di Jerman saat bulan Ramadan akan terasa suasana Timur Tengah yang kental sebab sebagian besar kaum muslim berasal dari Turki. Tradisi unik saat bulan puasa adalah adanya suus yaitu minuman berbahan baku gula hitam, dschellab (gula dan sirup), qamruddin (jus aprikot), qata’ef (kue kering direndam sirup), dan kalladsch (adonan pilo isi kacang).

5. Bosnia

bosnia
Ilustrasi via instagram m0.008

Terakhir ada Bosnia yang memiliki tradisi unik menjelang bulan Ramadan, umat muslim di sini akan pergi ke Gua Kladanj kemudian membasuh wajah mereka dengan air di dalam gua tersebut. Mereka percaya jika tindakan itu akan membawa kesuksesan dan memancarkan inner beaiuty.

Demikian tradisi Ramadan di Eropa dalam menyambut bulan suci umat muslim. Bagaimana dengan tradisi Ramadan di daerah Teman Traveler? Next

ramadan
fi gempa malang

Terjadi Gempa di Malang, Waspada Bencana dan Cuaca Ekstrem

fi bunga sakura

Bunga Sakura Mekar Lebih Awal di Jepang, Dalam 1200 Tahun