in , ,

Bunga Sakura Mekar Lebih Awal di Jepang, Dalam 1200 Tahun

Fenomena bunga sakura mekar lebih awal

fi bunga sakura

Tahun 2021 ini terjadi fenomena yang unik, pertama dalam 1200 tahun, bunga sakura mekar lebih awal di Jepang. Memang mekarnya sakura setiap tahunnya selalu bergeser, tetapi kali ini berbeda. Ternyata hal ini bisa berdampak serius pada ekosistem sekitar lho! Yuk simak penjelasannya.

Baca juga : Keren, Jembatan Kayu di Tengah Laut Australia Membentang Hampir 2 Km!

Mekar Lebih Dini Dalam 1200 Tahun

mekar lebih dini
Ilustrasi via pexels Suneo1999

Jepang mencatat bunga sakura telah mekar lebih dini dalam 1200 tahun, seorang peneliti dari Universitas Prefektur Osaka, Yasuyuki Aono membagikan dokumen historis serta jurnal harian sejak 812 Masehi di Kyoto.

Puncak mekar bunga sakura pada 26 Maret lalu di pusat kota Kyoto merupakan yang paling dini selama lebih dari 1200 tahun. Begitu pula di Tokyo pada 22 Maret lalu, juga tercatat lebih awal kedua dalam catatannya.

Puncak Mekar Bergeser Setiap Tahun

puncak mekar
Ilustrasi via pexels Evgeny Tchebotarev

Tanggal puncak mekar bunga sakura memang akan bergeser setiap tahun, melihat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Misalnya cuaca serta itensitas hujan, saat ini waktu puncaknya mengalami pergerakan lebih dini.

Bunga sakura sangat sensitif terhadap suhu, masa pembungaan dan masa mekar penuh bisa terjadi lebih awal atau lebih telat bergantung pada suhu. Suhu pada tahun 1820an rendah, tetapi sampai hari ini telah meningkat 3,5 derajat Celcius.

Mempengaruhi Lingkungan Ekosistem

mempengaruhi lingkungan
Ilustrasi via pexels 三 点

Menurut para peniliti ini merupakan suatu gejala dari iklim berat serta lingkungan yang dapat mengancam ekosistem. Terutama tumbuhan dan serangga yang saling membutuhkan. Berdampak pada kekurangannya asupan bagi serangga dan kekurangan penyerbukan untuk reproduksi kembali bagi tumbuhan.

Selain itu perubahan ini juga mempengaruhi jadwal para wisatawan yang ingin menyaksikan puncak mekar bunga sakura sebelum jatuh ke tanah.

Rekomendasi Wisata di Jepang

shirakawa rekomendasi
Ilustrasi (c) Aprianti Higuchi/Travelingyuk

Selanjutnya ada rekomendasi wisata di Jepang yang bisa dikunjungi yaitu Pedesaan di Shirakawa yang indah seperti negeri dongeng. Desa ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Di sini Teman Traveler dapat melihat rumah tradisionalnya atau melihat dari atas ketinggian bukit saat salju yang tampak seperti negeri dongeng. Selain itu mencoba kuliner khasnya seperti gohei mochi camilan gurih dan daging sapi hida beef salah satu wagyu terbaik di Jepang.

Demikian penjelasan Bunga Sakura mekar lebih awal di Jepang beserta rekomendasi wisatanya. Semoga menambah informasi Teman Traveler. Next

ramadan
fi tradisi ramadan eropa

Tradisi Ramadan di Eropa, Salah Satunya Ada yang Membasuh Muka Dengan Air Gua

fi promo ramadan

Promo Ramadan di Resto Hotel Jakarta, Buka Bersama Keluarga