in , ,

Terjadi Gempa di Malang, Waspada Bencana dan Cuaca Ekstrem

Telah terjadi gempa di Malang sekitarnya

fi gempa malang

Pada hari Sabtu 10 April 2021 pukul 14.00 WIB telah terjadi gempa di Malang dan sekitarnya dengan magnitudo 6,7. Menyusul kabar terbaru dari BMKG untuk waspada bencana dan cuaca ekstrem di Jawa Timur. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Tips Murah dan Hemat ke Pulau Wayag Raja Ampat melalui Maluku Utara

Gempa Magnitudo 6,7 Tidak Berpotensi Tsunami

info bmkg
Ilustrasi via instagram infobmkg

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan kekuatan 6,7 SR pada wilayah Jawa Timur pada Sabtu 10 April 2021 pukul 14.00 WIB. Gempa berlangsung di titik koordinat 8,95 LS dan 112,48 BT. Pusat gempa berada di 90 km Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Sejumlah daerah merasakan guncangan gempa bumi dengan skala bervariasi. Dari hasil mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Mengakibatkan Kerusakan Pada Batu Secret Zoo

batu secret zoo roboh
Ilustrasi via Twitter SonoraFM92

Gempa bumi yang berkekuatan 6,7 SR ini telah mengakibatkan kerusakan robohnya patung dekoratif pada objek wisata Batu Secret Zoo, pihak Marketing dan Public Relation Manager Jatim Park Grup Titik S. Ariyanti membenarkan kejadian tersebut. Namun, belum diketahui apakah adanya korban jiwa serta kerusakan lainnya akibat gempa.

Guncangan Meluas Hingga ke Luar Jawa Timur

guncangan
Ilustrasi via pexels ArtHouse Studio

Berdasarkan data BMKG, guncangan gempa akibat aktivitas lempeng subduksi ini meluas atau dirasakan hingga di Kota Jogja, Madiun, Ponorogo, Denpasar, Kuta, Jimbaran, hingga Mataram dan Lombok Barat.

BMKG Memperingatkan Waspada Bencana dan Cuaca Ekstrem

cuaca ekstrem
Ilustrasi via pexels Frank Cone

Setelah gempa bumi menimpa wilayah Malang dan sekitarnya, BMKG memberi peringatan dini waspada cuaca ekstrem hingga bencana longsor serta banjir bandang pada sejumlah wilayah Jawa Timur yang dapat memperburuk kondisi setelah gempa.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, sebagian wilayah Jawa Timur diprakirakan akan mengalami hujan intensitas ringan hingga lebat. Perlu diwaspadai bencana longsor akibat dampak dari gempa bumi di Malang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Demikian penjelasan dari terjadinya gempa di Malang serta informasi adanya cuaca ekstrem. Tetapi waspada dan berhati-hati Teman Traveler! Next

ramadan
fi arab saudi umrah

Arab Saudi Menerima Jemaah Umrah Pada Ramadan 2021

fi tradisi ramadan eropa

Tradisi Ramadan di Eropa, Salah Satunya Ada yang Membasuh Muka Dengan Air Gua