in ,

Transformasi Changi Airport, Awal Berdiri Sampai ada Air Terjun Buatan Tertinggi di Dunia

Changi Airport
Changi Airport

Buat Teman Traveler yang wara wiri ke luar negeri, khususnya Singapura, pasti sangat akrab dengan Changi Airport yang memang sangat istimewa. Sejak pertama kali berdiri, hingga saat ini, sudah banyak perubahan yang sangat menarik. Yuk mari ikuti transformasi Changi Airport, dari awal berdiri sampai kondang seperti sekarang ini.

Baca juga : Uji Nyali di Wansheng Ordovician Theme Park, Phobia Ketinggian Sebaiknya Jangan Coba!

Changi Airport Berusia 40 Tahun

pertama kali didirikan, via website/changi
pertama kali didirikan, via website/changi

Bandara Changi pertama kali didirikan pada tahun 1979. Dengan pengalaman yang sudah 40 tahunan melayani berbagai penumpang, bandara ini sudah mendapatkan banyak penghargaan. Pertama kali mendapatannya pada tahun 1988, sebagai Bandar Udara Terbaik Dunia.

Awal-awal berdiri, via website/changi
Awal-awal berdiri, via website/changi

Pembangunan Bandara Changi ini dilatarbelakangi oleh padatnya penerbangan di Pangkalan Udara Paya Lebar (yang kala itu masih menjadi bandara). Pertama kali melayani penerbangan pada 29 Desember 1981, Terminal 1, sudah terhubung ke 70 kota melalui 34 maskapai penerbangan dan memiliki kapasitas sebanyak 30 juta per tahunnya.

Pembangunan terminal ke 2, via website/changi
Pembangunan terminal ke 2, via website/changi

Kini, Changi telah menghubungkan Singapura ke 380 kota di dunia, dengan lebih dari 120 maskapai penerbangan. Bandara ini menangani penumpang 85 juta orang per tahun di empat terminalnya.

Berbagai Fasilitas Memudahkan yang Ditawarkan

Fasilitas yang memanjakan, via Shutterstock
Fasilitas yang memanjakan, via Shutterstock

Tidak mengherankan jika Changi menduduki sebagai bandara terbaik di dunia hingga tahun 2019 versi Skytrax Awards. Hal ini karena Changi selalu memberikan inovasi baru setiap waktunya, memudahkan para penumpang saat berpergian. Fasilitas yang ditawarkan juga semakin menarik setiap tahunnya.

Air terjun buatan, via Shutterstock
Air terjun buatan, via Shutterstock

Misalnya saja penumpang bisa bersantai di taman kupu-kupu pertama yang ada di bandara, atau berenang di kolam renang indoor di Terminal 1, sampai dengan mengaggumi HSBC Rain Fortex setinggi 40 meter, air terjun indoor tertinggi di dunia yang menarik perhatian banyak orang.

Menyedot lebih banyak pengunjung, via Shutterstock
Menyedot lebih banyak pengunjung, via Shutterstock

Di sekeliling air terjun ada hutan yang rindang dengan 2.000 tanaman asli. Suasana jadi begitu sejuk, namun tetap bersih. Memang Changi begitu menakjubkan.

Menawarkan Transportasi Dalam Bandara Gratis

Fasilitas transportasi, via website/changi
Fasilitas transportasi, via website/changi

Fasilitas yang disebutkan juga belum semuanya. Masih ada yang namanya transportasi dalam bandara yang memudahkan mobilitas para penumpang. Ada skytrain yang digunakan berpindah Terminal 1 ke Terminal 2. Enaknya, skytrain ini merupakan kereta gratis yang beroperasi dari pukul 06:00 sampai dengan 01:30 dini hari, dan perjalanan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Selain skytrain, ada juga bus gratis yang dipergunakan untuk perpindah dari Terminal 2 ke Budget Terminal. Selan gratis, transportasi ini juga beroperasi selama 24 jam.

Itulah perkembangan dari Changi Airport yang sekarang jadi bandara terbaik dunia. Bagaimana pengalamanmu saat berada di Bandara Changi? Next

ramadan
Lupis Mbah Hadi

Lupis Mbah Hadi di Jogja, Eksis Sejak 1975 dengan Rasa Otentik

Spot Hotel di Bali yang Wajib Dicoba, Bisa Jadi Selebgram Dadakan!