in , , , ,

Tugu MacArthur, Wisata Sejarah Peninggalan Perang Dunia II di Tanah Papua

Tugu MacArthur di kawasan puncak Gunung Sentani
Tugu MacArthur di kawasan puncak Gunung Sentani

Kenangan mengerikan ketika Perang dunia II telah menyebar keseluruh pelosok nusantara. Di tanah Papua banyak sekali sejarah peninggalan erang dunia II yang hingga saat ini masih terawat dengan baik. Salah satunya adalah tugu MacArthur yang masih berdiri kokoh dikawasan Distrik Sentani. Kawasan ini sejatinya terkenal dengan keindahan alam berupa panorama danau Sentani yang selalu menghipnotis semua traveler yang berkunjung ke kota Jayapura.

Baca juga : Museum Zoologi Frater Vianney Malang, Wisata Sambil Belajar

Tugu MacArthur di kawasan puncak Gunung Sentani
Tugu MacArthur di kawasan puncak Gunung Sentani. Foto via pelancongnekad.wordpress.com

Selain keindahan danau Sentani, traveler tak lupa menikmati wisata sejarah disekitarnya. Tugu MacArthur berada dikawasan markas TNI Kodam XVII Cendrawasih. Untuk kamu yang ingin memasuki kawasan ini cukup menyertakan KTP tanpa dipungut biaya seperser pun. Untuk jam kunjungannya dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Namun, waktu terbaik ketika menikmati monumen ini adalah ketika sore hari karena suasana diatas bukit sangat menwan dan terasa sejuk.

Kawasan hijau dengan pepohonan rindang disekitar Tugu Mac Arthur
Kawasan hijau dengan pepohonan rindang disekitar Tugu Mac Arthur. Foto via mytrip.co.id

Sejarah Tugu MacArthur ini didirikan ketika pasukan sekutu Amerika Serikat Angkatan Darat Douglas Mac Arthur tengah mendarat di Filipina pada tahun 1944 dan memerintahkan kepada prajuritnya untuk membuat markas besar di area Pasifik Barat Daya lebih tepatnya di Distrik Sentani. Tepat diarea markas besar didirikanlah tugu MacArthur yang tepat berada di Ifar Gunung Sentani. Tugu ini menjadi penanda bahwa pasukan Amerika Serikat telah menguasai wilayah Papua Newgini sebagai bentuk pertahanan sekutu melawan Jepang.

Panorama bandara internasional Sentani terlihat dari atas bukit heaven gunung SentaniAC
Panorama bandara internasional Sentani terlihat dari atas bukit heaven gunung Sentani. Foto via skyvector.com

Selain Tugu MarcArthur ada sebuah bangunan kecil yang kini digunakan sebagai museum. Museum ini berisikan foto-foto perjalan Jenderal Mac Arthur ketika menguasai kawasan Jayapura. Lengkap mulai dari awal kedatangan hingga berakhirnya tentara sekutu Amerika Serikat meninggalkan tanah Papua. Museum ini sangat cocok untuk wisata edukasi bagi pelajar yang sedang belajar sejarah. Selain itu kamu akan menyaksikan indahnya danau Sentani dari atas bukit.

Keindahan danau sentani terlihat diarea taman tugu Mac Arthur
Keindahan danau sentani terlihat diarea taman tugu Mac Arthur. Foto via indonesiatourism.com

Kamu juga bisa menikmati pesawat take of dan landing dengan jelas dari bandara internasional Jayapura serta beberapa gugusan pulau ditenagh danau sentani. Ketika sore hari tiba, kawasan ini menjadi sangat mengagumkan karena kamu bakal melihat matahari tenggelam diantara perbukitan sisi barat, sehingga tidak heran tempat ini menjadi sasaran muda mudi Jayapura ketika akhir pekan.

Tampak sunset indah diatas ifar gunung Sentani
Tampak sunset indah diatas ifar gunung Sentani. Foto via seringjalan.com

Nah untuk kamu yang sudah berada di kawasan Tugu MacArthur jangan lupa untuk menikmati puncak Ifar Gunung Sentani. Dipuncak tersedia beberapa gazebo serta tempat duduk sambil menikmati indahnya danau Sentani tanpa halangan pepohonan apapun. Namun, kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk sampai ke puncak Heaven Gunung Sentani. Perjalanan mendaki akan memakan waktu sekitar 20 menit, dan jangan lupa untuk membawa perbekalan seperti camilan dan air minum. Next

ramadan
Mercusuare Cafe & Resto memiliki bangunan berkonsep kastil ala Eropa

Mercusuar Cafe & Resto, Kafe Bertema Kastil Bak Kerajaan Eropa

Wisata di Lembah Hunza

Keindahan Lembah Hunza, Tempat Wanita Tercantik di Dunia