in

10 Tujuan Wisata Paling Populer di Indonesia Tahun 2016

Candi Borobudur, via instagram

Penasaran tujuan wisata mana saja yang paling populer di tahun 2016 ini? Nah, belum lama situs traveling TripAdvisor merilis daftar tujuan wisata paling populer di tahun ini baik di dalam negeri maupun mancanegara. Untuk tempat wisata di Indonesia, tahun ini masih didominasi oleh tujuan-tujuan traveling di Pulau Bali.

Baca juga : Studio Foto Buat Narsis ala MV Blackpink Kill This Love, Cara Baru Liburan Bareng Girls Squad

Penentuan tempat ini didasarkan pada banyaknya komentar, review dan share dari pengguna TripAdvisor mengenai destinasi yang dimaksud. Di urutan pertama bercokol nama Ubud, Bali sebagai tempat paling populer untuk dikunjungi tahun ini. Berikut hitung mundur 10 tujuan wisata paling populer di Indonesia tahun 2016 menurut traveler.

10. Surabaya

Surabaya selain menjadi ibukota provinsi Jawa Timur juga dikenal sebagai kota industri modern, pusat ekonomi dan perdagangan. Di kota ini pula terdapat markas bagi TNI Angkatan laut Indonesia. Jika diperhatikan kota ini memang kurang pas untuk dijadikan destinasi wisata alam karena hampir seluruh wilayahnya diisi penuh bangunan bertingkat seperti Jakarta.

Patung Sura dan Buaya di Surabaya, via instagram
Patung Sura dan Buaya di Surabaya, via instagram

Pun demikian di kota terbesar kedua setelah DKI Jakarta ini masih mempunyai sudut-sudut cantik yang layak dikunjungi seperti hutan bambu dan hutan mangrove. Destinasi lain yang cocok untuk wisata adalah Museum Sampoerna, Monumen Kapal Selam hingga Taman Bungkul yang digadang-gadang sebagai taman kota terbaik se-Asia. Ingin tahu destinasi wisata lainnya di Surabaya? Kunjungi artikel destinasi wisata Surabaya dari Travelingyuk berikut ini.

9. Kuta

Tidak perlu memperkenalkan kawasan Kuta di Bali. Pasalnya daerah ini sudah sangat terkenal ke penjuru dunia bahkan traveler yang belum pernah datang ke sanapun pasti sudah familiar dengan nama daerah ini. Pantai Kuta begitu terkenal dan menjadi pusat konsentrasi wisatawan dunia yang berlibur di Bali.

Pantai Kuta Bali, via instagram
Pantai Kuta Bali, via instagram

Di pantai ini traveler bisa menyaksikan sunset yang sempurna selain berenang, berselancar, atau berjemur di pantainya yang indah. Kalau mau warga sekitar ada yang menawarkan jasa pijat di pinggir pantai atau mengepang rambut seperti gaya rege. Kalau sudah di Kuta sekalian saja mengunjungi tempat-tempat gratis di Bali, infonya bisa kalian dapatkan di artikel ini.

8. Labuan Bajo

Di posisi delapan ada Labuan Bajo sebuah desa nelayan kecil yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Di tempat ini terdapat pelabuhan yang menjadi pintu gerbang wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Komodo dan gugusan pulau kecil lainnya.

Labuan Bajo, via instagram
Labuan Bajo, via instagram

Di samping itu perairan di Labuan Bajo juga terkenal sangat jernih dengan pemandangan yang indah di permukaan maupun di dalam lautnya. Tak heran jika daerah ini kini menjadi buruan para traveler baik dari dalam maupun luar negeri. Jangan lewatkan pula untuk mengunjungi tempat keren di Nusa Tenggara Timur lainnya.

7. Bandung

Bandung sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia yang letaknya cukup dekat dengan Jakarta menjadi tujuan wisata terpopuler berikutnya. Daerah ini menawarkan pilihan wisata lengkap mulai dari wisata belanja, kuliner hingga wisata alam yang menggoda.

Tebing Keraton, Bandung, via instagram
Tebing Keraton, Bandung, via instagram

Akhir-akhir ini Bandung memang tengah populer dengan pilihan wisata alam yang sangat banyak. Kota ini punya taman botani yang indah, perkebunan teh yang luas, lapangan golf hingga pemandangan apik via Tebing Keraton. Cari destinasi wisata di Bandung lainnya pada artikel Travelingyuk berikut ini.

6. Magelang

Selain Jogja untuk menikmati budaya Jawa yang begitu kental bisa juga didapatkan traveler dengan berkunjung ke Magelang. Kabupaten ini sangat terkenal dengan Candi Borobudurnya yang begitu gagah dan menjadi satu-satunya candi Buddha terbesar di dunia.

Candi Borobudur, via instagram
Candi Borobudur, via instagram

Magelang tidak hanya menjual Candi Borobudur saja, kabupaten di Jawa Tengah yang bertetanggaan dengan Yogyakarta ini juga memiliki segudang destinasi wisata keren diantaranya rafting sungai Progo dan Elo, trekking Gunung Merapi, dan menikmati budaya Jawa yang kental. Ini daftar obyek wisata yang ada di Magelang.

5. Senggigi

Siapa sih yang tidak kenal Pantai Senggigi, pantai ini sama terkenalnya dengan Pantai Kuta di Bali hanya saja lokasinya berada di pulau seberang timur Pulau Dewata tepatnya di Pulau Lombok. Senggigi adalah salah satu spot menyelam favorit para traveler dunia.

Pantai Senggigi, via instagram
Pantai Senggigi, via instagram

Di kawasan Senggigi ini traveler akan menemukan Pura Batu Bolong, sebuah kuil Hindu yang dibangun di atas lengkung batu nan dramatis. Yang tidak kalah dramatis di Senggigi adalah fenomena sunsetnya. Semua traveler dibuat kagum dengan matahari terbenam di Senggigi, bahkan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Daftar tempat menonton matahari terbenam terbaik bisa kamu baca di ulasan berikut.

4. Bukit Lawang

Bukit Lawang mungkin masih sedikit asing di telinga traveler namun tempat ini mampu bertengger di posisi 4 sebagai tujuan wisata paling populer tahun ini versi TripAdvisor Travelers’ Choice. Bagi yang belum tahu, Bukit Lawang adalah destinasi wisata populer yang berlokasi di ujung Taman Nasional Gunung Leuser.

Bukit Lawang, via instagram
Bukit Lawang, via instagram

Sedangkan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) adalah kawasan konservasi flora dan fauna yang terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Di sini terdapat konservasi dari hewan langka seperti orangutan dan harimau Sumatera. Taman Nasional lain yang wajib kamu kunjungi bisa dibaca pada artikel berikut.

3. Yogyakarta

Yogyakarta memang layak menyandang predikat istimewa karena setiap traveler yang sudah berkunjung ke sana pasti suatu hari ingin kembali ke sana lagi. Kota ini penuh dengan arsitektur mengagumkan dan suasana spiritual yang kental.

Taman Buah Mangunan, Yogyakarta, via instagram
KebunĀ Buah Mangunan, Yogyakarta, via instagram

Destinasinya pun beragam dari pantai hingga bangunan kuno peninggalan zaman kerajaan. Jogja merupakan pusat kebudayaan di Indonesia. Temukan tempat-tempat seru di Jogja yang wajib dikunjungi traveler dalam ulasan Travelingyuk berikut.

2. Jakarta

Daftar di urutan kedua ini sebenarnya paling mengagetkan dimana menempatkan ibukota Jakarta sebagai salah satu tujuan yang paling populer tahun 2016. Padahal kota ini terkenal sesak, macet dan banjir serta tak ketinggalan polusi. Tapi jika menilik lebih dalam maka wajar jika Jakarta menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi dan populer.

Jakarta, via instagram
Jakarta, via instagram

Jakarta adalah salah satu pintu gerbang wisatawan asing sebelum menjelajahi daerah lain di Indonesia. Kota ini pun tak melulu identik dengan macet dan bising, jauh di utara Jakarta ada Kepulauan Seribu yang sangat tenang dengan banyak gugusan pulau kecil bak di Maladewa. Di dalam kota juga banyak tempat keren mulai dari kawasan Kota Tua, TMII, Ancol dan masih banyak lagi. Ada pula kafe-kafe kece di Jakarta untuk hangout, ini dia daftarnya.

1. Ubud

Di puncak daftar bercokol nama Ubud, kawasan pedesaan di Pulau Bali. Ubud bukan sembarang desa, tapi ini adalah desa yang dikemas untuk wisata eksklusif. Pusat spa terbaik di Indonesia dan salah satu yang terbaik di dunia berada di Ubud.

Tempat wisata di Ubud, via instagram
Tempat wisata di Ubud, via instagram

Di sana juga terdapat cagar alam yang menjadi rumah aneka satwa khususnya monyet. Tak ketinggalan pula bahwa Ubud adalah rumah bagi villa-villa dengan pemandangan super keren bak di surga. Berikut daftar villa keren yang bisa traveler jumpai di Bali.

Adanya Ubud yang menempati peringkat teratas menjadi bukti jika semakin hari traveler lebih memilih untuk berkunjung ke destinasi yang sepi dan menawarkan pemandangan alam yang indah ketimbang berkunjung ke pusat keramaian. Pun demikian minat traveler untuk datang ke kota metropolitan juga dirasa masih tinggi dengan menempatkan Jakarta di urutan kedua. Mungkin daftar berikut bisa traveler jadikan gambaran tujuan traveling pada hari libur mendatang. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Aneka Sambal Nusantara Yang Dijamin Bikin Lahap Makan

Selain Pempek, 4 Kuliner Lezat Ini Akan Manjakan Lidahmu Saat Kunjungi Palembang