in ,

Uniknya Jalan yang Membelah Lautan Bak Kisah Nabi Musa

Teman Traveler pasti sudah sering dengar tentang kisah Nabi Musa yang membelah lautan. Di bumi yang kita tinggali sekarang, ternyata ada loh tempat yang bisa menggambarkan kisah tersebut. Di tempat ini, laut akan terbelah pada waktu tertentu. Bagaimana bisa?

Baca juga : 6 Aturan Mengemudi Paling Nyeleneh Sedunia, Boleh Nggak Pakai Baju!

Namanya adalah Passage du Gois. Ini adalah jalan lintas antara Beauvoir-sur-Mer dan pulau Noirmoutier, di Vendée pantai Atlantik Prancis. Jalan lintas ini sepanjang 4.125 kilometer dan terbelah dua kali sehari oleh air surut. Saat terbelah, sebuah jalan membentang dan dapat dilalui kendaraan.

Sejarah Passage du gois

Menurut sejarah, Passage du gois ini terbentuk secara alami sejak tahun 1700-an. Kala itu, terdapat endapan lumpur yang sudah terbentuk selama ratusan tahun. Endapan tersebut kemudian menjadi teluk yang kini bernama Bourgneuf.

Foto via Amusing Planet

Tak hanya itu, endapan yang ada di bagian tengah teluk tersebut juga ikut mengeras. Inilah yang kemudian menjadi Passage du Gois. Karena cukup lebar untuk kendaraan lewat, masyarakat menggunakannya sebagai jalanan.

Hanya Bisa Dilewati dalam Waktu Singkat

Seperti dalam kisah Nabi Musa, Passage du Gois ini muncul bagai membelah lautan. Meski faktanya, jalanan ini muncul karena air sedang surut. Karena faktor inilah, Passage du Gois tidak bisa dilewati setiap saat. Para pengguna jalan harus menunggu waktu yang tepat.

Foto via Bored Panda

Dalam satu hari, jalanan bisa muncul sekitar dua kali. Waktu kemunculannya juga tidak terlalu lama, hanya sekitar satu hingga dua jam saja. Oleh karena itu, jika ingin melewati Passage du Gois sebaiknya memperhatikan waktu pasang surut terlebih dulu.

Sering Bikin Wisatawan Kecele dan Tenggelam

Untuk tahu kapan waktu terbaik melewati Passage du Gois ini, sebenarnya pemerintah setempat sudah memberikan tanda peringatan. Tanda ini dipasang di kedua ujung jalan. Bagi warga setempat, tentu mereka sudah tahu hal ini. Namun tidak dengan wisatawan.

Foto via Smart Travel

Terkadang, ada wisatawan yang tidak tahu kapan waktu untuk menyeberang. Sehingga banyak juga yang terjebak dan tenggelam. Untungnya, pemerintah setempat sudah menyiapkan menara untuk evakuasi dan menunggu hingga air surut.

Meski terbentuknya karena proses yang terjadi pada alam, tapi adanya Passage du Gois ini bagai keajaiban pada kisah Nabi Musa yang membelah lautan ya? Next

ramadan

Pantai Batu Rudal, Kolam Alami Bikin Takjub di Lombok Tengah

Rute Kereta Api Terpanjang di Indonesia, Ada Yang Berhenti di 32 Stasiun