in ,

Rute Kereta Api Terpanjang di Indonesia, Ada Yang Berhenti di 32 Stasiun

Beberapa waktu lalu, Teman Traveler sudah tahu tentang rute kereta api terpanjang di dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia, apakah ada juga? Tentu saja jawabannya ada, sebab kereta api merupakan alat transportasi yang umum di tanah air. Tak hanya untuk jarak dekat, jarak jauh pun juga tersedia berbagai rute.

Baca juga : Cobain Japanese Food Anti Mainstream di Tom Sushi Palembang, Salah Satunya Sushi Boba

Secara keseluruhan, panjang rel kereta api yang ada di Indonesia adalah 6497 km. Rencananya, di tahun ini akan ada beberapa tambahan jalur rel kereta api yang otomatis akan membuat panjang rel secara keseluruhan bertambah. Nah, penasaran nggak apa saja rute kereta api terpanjang di Indonesia?

Stasiun Blitar – Stasiun Merak, 945 km

Foto via Kompas

Jika kereta api yang melewati 32 stasiun masih beroperasi, maka ia akan jadi yang terpanjang di Indonesia. Kereta ini beroperasi dari stasiun Blitar menuju stasiun Merak dengan jarak sekitar 945 km. Di tahun 2017, kereta ini berhenti beroperasi karena makin sedikitnya jumlah penumpang. Fun fact: kereta ini melewati semua provinsi di Pulau Jawa loh.

Stasiun Kota Baru Malang – Stasiun Gambir Jakarta, 907 km

Foto via RRI

Tak hanya punya rute terpanjang, KA Gajayana juga termasuk kereta api mewah loh di Indonesia. Ini karena fasilitas yang dipunyai seperti TV, kursi bahan kulit yang bisa diputar atau direbahkan, selimut, bantal, hingga colokan untuk USB dan earphone. Kereta ini punya waktu tempuh sekitar 15 jam.

Stasiun Gambir Jakarta – Stasiun Kota Baru Malang, 907 km

Foto via Tatit Ujiani

Dengan panjang rute yang sama dengan KA Gajayana, KA Bima juga memiliki jarak tempuh 907 km. Yang istimewa, KA Bima ini adalah adalah yang tertua loh di antara lima kereta api yang terpanjang di Indonesia. Ia sudah beroperasi sejak tahun 1967 hingga kini. Dulu, KA Bima punya fasilitas bak hotel, namun kini sudah tak ada lagi. Sayang sekali ya?

Stasiun Kota Baru Malang – Stasiun Pasar Senen Jakarta, 881 km

Foto via rodasayap

Nama KA Matarmaja makin populer setelah rilisnya film 5CM. Malang dan wisatanya jadi incaran, termasuk pengalaman naik kereta api ekonomi yang punya waktu tempuh 16 jam ini. Nah, tahukah kamu kereta yang punya jarak tempuh 881 km ini berasal dari singkatan nama-nama kota? Matarmaja adalah singkatan dari Malang, Blitar, Madiun dan Jakarta.

Stasiun Pasar Senen Jakarta – Stasiun Gubeng Surabaya, 825 km

Foto via dolanyok

Di urutan terakhir ada KA Gaya Baru Malam Selatan yang memiliki rute dari Jakarta ke Surabaya. Kereta ini melewati kurang lebih 25 stasiun dengan waktu tempuh 14 jam. Nah, penasaran nggak kenapa ada kata ‘malam’ di nama kereta api ini? Ternyata ini karena kereta ini biasanya sampai di stasiun terakhir di tengah malam.

Nah, dari daftar kereta api dengan rute paling panjang ini manakah yang pernah kamu naiki? Atau kamu punya pengalaman menarik saat naik kereta api? Next

ramadan

Uniknya Jalan yang Membelah Lautan Bak Kisah Nabi Musa

Keraton Kacirebonan, Keraton Bernuansa Hijau di Cirebon