in

Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Tambora yang Menarik untuk Dijelajahi

dekat Tambora [image source]

Gunung Tambora yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 7 April 2015 lalu sebagai taman nasional tidak hanya menyimpan cerita mengerikan. Memang benar di tahun 1815 gunung mengalami erupsi maha dahsyat. Namun, setelah letusan itu, kawasan ini perlahan-lahan kembali menghijau dan muncul cukup banyak destinasi wisata yang menarik.

Baca juga : Museum Gedung Sate, Romansa antara Budaya dan Heroiknya Pemuda

Kalau kamu ingin menjelajahi kawasan Sumbawa khususnya Gunung Tambora. Beberapa destinasi di sekitar gunung yang lubang magmanya menganga ini bisa kamu kunjungi. Berikut beberapa rekomendasi lengkapnya, khusus untuk kamu!

1. Pulau Nisa Pudu

Nisa Pudu [image source]
Pesisir Barat dari kawasan Dompu memiliki cukup banyak pulau kecil yang berpotensi. Dengan teluk yang sangat tenang, kawasan ini sangat ramah dengan pengunjung sehingga setiap hari banyak yang datang ke Pulau Nisa Pudu yang memiliki pasir coklat dan air berwarna tosca. Oh ya, kawasan pulau kecil ini memiliki padang rumput cukup luas, batu karang yang menyeruak di sekitaran pantai, dan beberapa ayunan yang siap untuk dijadikan tempat berpose.

Nisa Pudu, Dompu [image source]
Nama: Pulau Nisa Pudu

Alamat: Soro, Kempo, Dompu Regency, West Nusa Tenggara, Indonesia

2. Doro Ncanga

Doro Ncanga [image source]
Kalau di Jawa Timur ada Taman Nasional Baluran yang memiliki padang savana luas dan dipenuhi oleh Banteng serta Rusa. Di kawasan dekat Tamboran dan dijadikan lokasi pemanjatan ini, kamu juga bisa menemukan padang luas dengan banyak hewan ternak di sekitarnya. Kuda, kerbau, dan sapi dibiarkan hidup begitu saja berkeliaran di alam liar yang berbatasan langsung dengan gunung.

Doro Ncanga, Dompu [image source]
Nama: Doro Ncanga

Alamat: Doro Ncanga, Keli, Woha, Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

3. Pulau Satonda

Pulau Satonda [image source]
Hal paling menarik dari Pulau Satonda adalah adanya danau yang cukup luas di tengahnya. Berbeda dengan Danau Toba atau Danau Kakaban yang memiliki kandungan air tawar. Danau ini rasanya asin dan termasuk danau paling unik di dunia. Di kawasan pulau ini kamu bisa melakukan kamping, trekking, hingga mencebur di dalam danau atau kawasan sekitar pulau yang memiliki cukup banyak terumbu karang.

Pulau Satonda, Dompu [image source]
Nama: Pulau Satonda

Alamat: Pulau Satonda, Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

4. Pantai Oi Hodo

Pantai Oi Hodo [image source]
Pantai Oi Hodo yang terletak tidak begitu jauh dari Gunung Tambora berbeda dengan pantai kebanyakan. Kalau biasanya di pantai kamu berenang atau bermain pasir, di pantai ini kamu tidak akan melakukannya. Puluhan kerbau yang besar-besarlah yang akan mandi dan berendam di dalam air sekitaran pantai. Mereka bergantian menyegarkan badan dan tidak peduli dilihat oleh banyak wisatawan.

Pantai Oi Hodo penuh kerbau [image source]
Nama: Pantai Oi Hodo

Alamat: Desa Oi Hodo, Kecamatan Kempo, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

5. Bukit Matompo

Bukit Matompo [image source]
Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini menjadi pembicaraan banyak orang khususnya warga lokal. Pemandangan laut yang super biru, Tambora yang tips kelihatan di ujung jauh, dan padang rumput yang super luas menambah kemolekan Bukit Matompo. Oh ya, saat senja tiba, ujung barat akan berubah jadi kuning keemasan hingga matahari akhirnya tenggelam di peraduannya.

Bukit Matompo, Dompu [image source]
Nama: Bukit Matompo

Alamat: Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

6. Pulau Moyo

Pulau Moyo [image source]
Pulau Moyo adalah one stop taveling sehingga kamu butuh satu hari penuh untuk menjelajahi kawasan ini. Pertama pantai di sekitar pulau ini sangat indah dengan warna air biru cerah. Selanjutnya di bagian tengah ada desa adat yang dahulu pernah dijadikan sebagai lokasi Istana Kesultanan Sumbawa. Terakhir, pulau ini juga memiliki pesona berupa air terjun yang bertingkat-tingkat dan dikelilingi hutan yang masih liar.

Pulau Moyo, NTB
Pulau Moyo, NTB [image source]
Nama: Pulau Moyo

Alamat: Labuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

7. Air Terjun Oi Marai

Air Terjun Oi Marai [image source]
Terletak di kawasan kaki Gunung Tambora, air terjun yang sangat indah ini menjadi pelepas lelah para pendaki. Biasanya para pendaki akan istirahat sejenak di sini untuk sekadar cuci muka atau menikmati keindahan alam yang masih sangat alami. Oh ya, ratusan tahun yang lalu, kawasan ini pernah diterjang erupsi. Namun, saat ini telah menjelma menjadi tempat indah dan dijadikan lokasi transmigrasi.

Air Terjun Oi Marai, Bima [image source]
Nama: Air Terjun Oi Marai

Alamat: Dekat Kawinda Toi, Tambora, Bima, Nusa Tenggara Barat

8. Puncak Nanga Tumpu

Puncak Nanga Tumpu [image source]
Sebenarnya, Nanga Tumpu bukanlah tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan. Namun, tempat ini sejenis rest area yang memiliki pemandangan menakjubkan. Melihat dari atas, kamu bisa mengintip laut dan juga perbukitan hijau. Kawasan ini sangat sejuk saat siang hari sehingga berhenti sejenak di sini sebelum melakukan penjelajahan lagi di kawasan Tambora adalah pilihan yang tepat.

Puncak Nanga Tumpu, Dompu [image source]
Nama: Puncak Nanga Tumpu

Alamat: Jalan Lintas Sumbawa, Banggo, Manggalewa, Banggo, Manggalewa, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Bar. 84253, Indonesia

Inilah destinasi wisata di sekitar Gunung Tabora yang menarik, unik, dan layak untuk dikunjungi. Saat kamu melakukan perjalanan ke Sumbawa, jangan lupa untuk memasukkan tempat di atas dalam list itinerary-mu ya. Next

ramadan

Liburan Asyik ke Manado? Surga Dunia ini Harus Kamu Tandangi

Hotel Mewah dengan Harga Murah di Tepi Pantai Kuta