in , , ,

Sejuknya Hutan Pinus Tana Tidung, Terselip Tepat Di Jantung Kota

Hutan Pinus Tana Tidung merupakan hutan pinus tengah kota Tana Kidung Kalimantan Utara sebagai tempat wisata gratis dan sebagai peristirahatan para pejalan dari jalur lintas Kalimantan Utara menuju Tanjung Selor

Hutan pinus Tana Tidung dengan sajian ratusan pohon pinus yang sangat sejuk
Hutan pinus Tana Tidung dengan sajian ratusan pohon pinus yang sangat sejuk

Tak perlu jalan-jalan jauh hingga berjam-jam lamanya untuk menghilangkan stress sementara. Di tengah kota, ternyata semakin banyak ruang hijau yang tepat untuk bersantai atau hanya sekedar ngadem. Mulai dari taman, hingga berbau hutan lindung mulai digencarkan diberbagai kota. Salah satunya Kabupaten Tana Kidung yang berlokasi di Kalimantan Utara. Nah, bagi traveler yang berkunjung ke Kalimantan Utara, sudah tak perlu sibuk mengatur jadwal untuk berlibur jauh-jauh ya! kamu dapat mneikmati sajian hutan kota yang cocok untuk dijadikan liburan bersama dengan keluarga.

Baca juga : Jangan ke Sini Waktu Valentine, Mitosnya Bikin Hubungan Tak Langgeng

Hutan Pinus Tana Tidung menjadi spot menarik warga Kalimantan Utara
Hutan Pinus Tana Tidung menjadi spot menarik warga Kalimantan Utara. Foto via [email protected]

Letak hutan pinus ini sangat strategis dimana berada di jalan poros lalu lintas Kalimantan Poros Utara. Banyak juga pengunjung hanya sekedar istirahat bagi pejalan yang melintas dari Malinau ke Tanjung Selor. Lokasi hutan pinus ini berada dijantung kota Tana Tidung, Tideng Pale yang berada sedikit lebih tinggi layaknya tanah berbukit. Hamparan hijau sudah terlihat dari jauh dimana bukit ini tersimpan ratusan hingga ribuan pohon pinus menjulang diseluruh area taman.

Hutan ini menjadi viral sejak tahun 2022 dimana salah seorang pengunjung tengah membuat video konten yang mulai mengunggahnya di media sosial hingga menyebar sampai ke penjuru Kalimantan. Hingga kini area hutan pinus Tana Tidung menjadi tempat instagramabel karena banyak spot-spot keren cocok untuk dijadikan background foto.

Hutan pinus Tana Tidung dengan sajian ratusan pohon pinus yang sangat sejuk
Hutan pinus Tana Tidung dengan sajian ratusan pohon pinus yang sangat sejuk. Foto via [email protected]

Serunya, setiap pengunjung yang ingin merasakan kesejukan hutan pinus Tana Kidung ini tidak dipungut biaya seperser pun alias gratis. Hanya saja kamu tetap membayar tarif parir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Namun, kamu sepertinya diwajibkan membawa perbekalans endiri karena lokasi hutan pinus ini belum tersedia fasilitas berupa warung penjual makanan dan minuman.

Spot tanah lapang berbentuk setengah melingkar ditengah hutan pinus Tana Tidung
Spot tanah lapang berbentuk setengah melingkar ditengah hutan pinus Tana Tidung. Foto via [email protected]

Fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati untuk bersantai adalah gazebo yang bisa kamu jadikan tempat istirahat. Toilet dengan keadaan yang bersih, tempat sampah diberbagai titik dan beberapa spot foto seperti jembatan cantik yang dibangun dengan kayu ulin dengan pagar stainless yang cantik. Di tengah hutan tersedia tanah lapang yang bertingkat layaknya tempat pertunjukan teater biasanya digunakan ketika ada acara-acara seperti teater ataupun panggung musik dengan bentuk setengah melingkar.

Hutan Pinus Tana Tidung berada dilokasi layaknya perbukitan yang asri
Hutan Pinus Tana Tidung berada dilokasi layaknya perbukitan yang asri. Foto via [email protected]

Nah, pengunjung tak lupa berselfie dibagian balok besar bertulisan Hutan ;Pinus yang berwarna merah. Disini selalin menikmati kesejukan, traveler juga dapat merasakan indahnya lekukan sungai Sesayap yang terlihat jelas dari spot populer hutan pinus Tana Tidung. Tak heran lokasi cantik ini menjadi pilihan bagi keluarga yang sekedar piknik dibawah asrinya hutan pinus Tana Kidung. Next

ramadan
Sajian wisata nusantara memiliki keindahan layaknya surga

Ingin Tahu 6 Destinasi Liburan Ala Sultan, Keindahannya Bak Surgawi Lho!

Pesona Tanjung Binga, Desa Nelayan Penghasil Ikan Asin Terbesar di Bangka Belitung