in ,

10 Destinasi Wisata Kota Banjar Cantik nan Indah

Rest Area Banjar Atas, via instagram

Jika dilihat pada peta, Kota Banjar tidak lebih dari secuil wilayah yang ada di bagian timur kabupaten Ciamis dan berbatasan dengan wilayah Provinsi Jawa Tengah khususnya kabupaten Cilacap. Memang dahulu kota ini menjadi bagian dari kabupaten Ciamis sebelum akhirnya menjadi kota otonom pada 1 Desember 2002.

Baca juga : 4 Coworking Space Paling Hits di Bogor

Penggunaan nama Banjar sedikit memberikan efek kebingungan bagi warga karena dianggap mirip dengan nama kabupaten Banjarnegara di Jawa Tengah. Maka dari itu untuk membedakan di antara keduanya daerah di Jawa Barat ini disebut juga dengan Banjar Patroman. Ingin tahu potensi wisata apa saja yang dimiliki kota seluas sekitar 113 kilometer persegi ini? Ikuti saja Travelingyuk jalan-jalan di Kota Banjar.

1. Situ Mustika, Obyek Wisata Terkemuka di Banjar

Tidak banyak obyek wisata komersil yang ada di Kota Banjar. Tapi jika kamu mencari tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik datang saja ke Situ Mustika. Situ atau waduk ini terletak di desa Karang Panimbal, kecamatan Purwaharja atau terletak di kaki gunung Pemancar (Babakan). Lokasinya yang berada di kaki gunung memberikan udara yang sejuk serta pemandangan hutan jati yang rimbun.

Jembatan Gantung di SItu Mustika, via instagram
Jembatan Gantung di SItu Mustika, via instagram

Di tengah Situ Mustika ada sebuah pulau kecil yang bisa diakses dengan menyeberangi jembatan gantung. Nah, jembatan gantung ini juga sangat populer sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Tiket masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 5 ribu. Wisatawan yang datang bisa menyewa perahu gowes untuk berkeliling situ. Atau bagi pecinta alam bisa kemping di akhir pekan di kawasan ini.

2. Rest Area Banjar Atas, Tempat Istirahat Plus Rekreasi

Kota Banjar menjadi gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat sehingga kota ini banyak dilewati kendaraan baik dari dan menuju Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat serta Banten. Kondisi ini tentunya memberikan peluang sendiri bagi kota ini untuk mengembangkan potensi wisata khususnya dengan membuka sebuah rest area. Selain bisa digunakan sebagai tempat istirahat, rest area ini juga bisa menjadi sarana rekreasi.

Rest Area Banjar Atas, via instagram
Rest Area Banjar Atas, via instagram

Kota Banjar punya satu rest area yang keren yaitu Rest Area Banjar Atas. Tempat istirahat ini terletak di sisi Jalan Brigjen M. Iasya. Kawasan ini selalu ramai saat libur panjang termasuk saat musim mudik lebaran. Pada hari biasa rest area ini menjadi tempat nongkrong anak muda. Rest Area Banjar Atas menempati lokasi yang penuh pepohonan sehingga memberikan suasana sejuk. Beberapa warung juga berjualan kuliner khas Banjar untuk menemani istirahat para pengguna jalan.

3. Kolam Keren Tak Bernama di Daerah Mandalare

Foto di kolam alami ini cukup hits di instagram Explore Banjar Patroman. Hanya saja tak satu pun pemilik foto yang memberikan nama yang jelas mengenai tempat yang keren jika di foto ini. Secara umum melalui penampakan di dalam foto, kolam tersebut berada di kawasan pedesaan dengan tebing batu sebagai latar belakangnya.

Kolam di kawasan Mandalare, via instagram
Kolam di kawasan Mandalare, via instagram

Sedikit informasi yang bisa didapat dari salah satu pemilik foto, bahwa gambar tersebut diambil di kawasan desa Mandalare, sebuah desa di kecamatan Pataruman yang sebagian besar wilayahnya didominasi hutan dan perbukitan yang merupakan rangkaian dari Gunung Sawal. Nah, buat yang penasaran dengan nama dan lokasi tempat ini silahkan saja tanya langsung pada yang empunya foto di link yang Travelingyuk berikan pada bagian bawah foto.

4. Taman Kota Lapang Bakti, Ruang Publik Cantik Untuk Olahraga Atau Sekedar Nongkrong

Taman Kota Lapang Bakti adalah ruang publik yang dimiliki pemerintah Kota Banjar. Taman ini digunakan untuk segala aktivitas di ruang terbuka baik sebagai tempat rekreasi, nongkrong, bermain hingga olahraga. Beberapa fasilitas yang tersedia di taman ini antara lain jogging track, wahana panjat dinding, arena bermain anak dan masih banyak lagi.

Taman Kota Lapang Bakti, via instagram
Taman Kota Lapang Bakti, via instagram

Di sekitar kawasan Taman Kota Lapang Bakti juga menjadi pusat berjualan pedagang kaki lima. Jadi pengunjung yang datang ke tempat tersebut bisa sekalian berkuliner. Ruang terbuka ini gratis bagi siapa saja yang datang, mereka hanya dikenakan tarif retribusi parkir saja. Tempat ini bisa menjadi alternatif tempat rekreasi asyik di Kota Banjar.

5. Dinding Hits Sumanding, Tembok Hijau Ala Kota Banjar Patroman

Mereka yang tinggal di Kota Banjar bisa foto-foto ala “tembok hijau” yang sedang ngetren di Kota Gede, Jogja. Jadi traveler akan foto-foto dengan menggunakan tembok yang ditumbuhi tanaman merambat berwarna hijau sebagai latar belakangnya. Konon foto model seperti itu memang tengah hits di kalangan traveler. Kamu bisa mengecek di instagram dengan mengetuk #tembokhijau untuk mengetahuinya.

Dinding Hits Sumanding, via instagram
Dinding Hits Sumanding, via instagram

Ternyata Kota Banjar juga memiliki spot keren untuk berfoto model tembok hijau yang populer itu. Lokasi pastinya kurang tahu, hanya saja traveler yang memposting fotonya di instagram kompak memberi caption jika foto tersebut di ambil di lingkungan Sumanding, kelurahan Mekarsari, kecamatan Banjar, Kota Banjar. Mungkin salah satu dari kalian ada yang tahu lokasi persisnya?

6. Bersantai di Pinggir Sungai Citanduy Ternyata Keren Juga

Sungai Citanduy adalah sungai yang membelah Kota Banjar yang berada di kecamatan Purwaharja. Meski bukan menjadi destinasi wisata komersil tapi banyak juga pemuda yang nongkrong di pinggir sungai ini lantaran memiliki pemandangan bagus. Beberapa titik di pinggir sungai ini juga telah dibangun taman-taman cantik.

Sungai Citanduy, via instagram
Sungai Citanduy, via instagram

Saat debit air Sungai Citanduy menyusut, ada penampakan langka yang muncul ke permukaan dan menjadi salah satu objek tontonan masyarakat yaitu tank peninggalan Belanda. Tank baja tersebut tidak diketahui dengan pasti bagaimana bisa tenggelam di dalam sungai yang pasti saat tank muncul ke permukaan banyak anak-anak yang menonton dan menjadikannya wahana bermain.

7. Taman Cinta, Tempat Nongkrong Anak Muda

Taman Cinta adalah destinasi favorit anak muda Kota Banjar untuk nongkrong. Taman ini punya pemandangan yang indah dan juga fasilitas yang lengkap sebagai salah satu taman terbuka atau ruang publik. Sayangnya taman yang seharusnya menjadi tempat rekreasi ini banyak disalah gunakan oleh anak-anak muda untuk tempat pacaran.

Taman Cinta, via instagram
Taman Cinta, via instagram

Selain itu banyak pula warga Banjar yang prihatin dengan kondisi taman yang kurang terawat. Banyak warga yang mengaku pada malam hari taman ini menjadi tempat nongkrong genk anak muda yang kemudian melakukan aksi corat-coret di tembok dan perusakan lainnya. Padahal taman ini bisa menjadi salah satu aset warga Kota Banjar yang merindukan ruang publik yang nyaman dan terawat.

8. Puaskan Diri Bermain Air di Banjar Waterpark

Kota Banjar sejak tahun 2010 sudah memilikis endiri tempat rekreasi air bernama Banjar Waterpark. Taman rekreasi air ini terletak di jalan Stadion Patroman, kelurahan Banjar, kecamatan Banjar, kota Banjar. Traveler yang berkunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan air yang seru.

Banjar Waterpark, via instagram
Banjar Waterpark, via instagram

Beberapa wahana permainan yang ada di Banjar Waterpark antara lain Boomerang, wahana seluncuran setinggi 12 meter yang diperuntukkan traveler dewasa yang punya tinggi badan lebih dari 125 cm. Ada juga Superbowl, yang juga merupakan seluncuran berliku-liku yang cukup ekstrim. Lazy River adalah kolam renang untuk mereka yang ingin bermalas-malasan berenang sambil naik pelampung, dan masih banyak lagi.

9. Situ Leutik, Waduk Yang Penuh Cerita Mistik

Pembangunan bendungan di Situ Leutik Kota Banjar menambah satu lagi destinasi wisata yang ada di kota tersebut. Situ ini masuk di dalam dua dusun yaitu Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar. Kawasan ini sedang dikembangkan menjadi salah satu wana wisata komersil.

Situ Leutik, via instagram
Situ Leutik, via instagram

Traveler yang berkunjung ke Situ Leutik selain bisa memancing mereka juga bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan situ. Akan tetapi warga menyarankan agar pengunjung tidak mengucapkan kata-kata kotor dan berbuat semaunya di kawasan ini. Pasalnya Situ Leutik dikenal sebagai salah satu kawasan wingit alias angker di Kota Banjar.

10. Belajar Sejarah di Cagar Budaya Pulo Majeti

Destinasi wisata sejarah sekaligus ziarah di Kota Banjar bisa dilakukan dengan datang ke Situs Pulo Majeti atau Rawa Onom. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Pulo Majeti yang menjadi jujugan traveler untuk berziarah. Hanya saja kebanyakan dari mereka datang dengan tujuan keduniawian alias mencari berkah untuk mendapatkan pangkat dan sebagainya.

Cagar Budaya Pulo Majeti, via instagram
Cagar Budaya Pulo Majeti, via instagram

Padahal kawasan Situs Pulo Majeti sendiri memiliki sejarah panjang mengenai keberadaan Kerajaan Ratu Gakuh yang menjadi cikal bakal daerah tersebut. Mungkin kamu yang tertarik bisa menggali cerita sejarah di tempat tersebut ketimbang mencari keduniawian. Situs ini berada di Dusun Siluman, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja.

Meskipun sebagian besar tempat-tempat di atas belum dikembangkan sebagai destinasi wisata komersil akan tetapi pemandangan yang disuguhkan menjadi bukti bahwa ke depan daerah-daerah tersebut bisa menjadi obyek wisata yang populer. Ada lagi tempat menarik di Kota Banjar yang belum Travelingyuk sebutkan? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

10 Wisata Air Terjun di Malang Raya yang Keren Banget

7 Restoran Dengan Tempat Paling Ekstrim di Dunia