in , ,

Yuk Icipi Wisata Kuliner Bengkulu, Dijamin Bakal Nambah!

Wisata kuliner Bengkulu tak jauh dari menu ikan
Wisata kuliner Bengkulu tak jauh dari menu ikan

Bengkulu menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menyajikan wisata terkenal dengan adanya Bunga Raflesia Arnoldy. Berbagai wisata benteng, monumen dan museum menjadikan Bengkulu terkenal dengan wisata sejarah, dan ini menjadi daya tarik utama para traveler. Namun setiap daerah pastinya memiliki wisata kuliner yang khas untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi traveler. Wisata tanpa kuliner pastinya kurang memuaskan juga dong!

Baca juga : Masakan Khas Nusantara Berbahan Nanas, Rasanya Segar Anti Panas

Wisata kuliner Bengkulu tak jauh dari menu ikan
Wisata kuliner Bengkulu tak jauh dari menu ikan. Foto via idntimes.com

Di Bengkulu memiliki sajian kuliner yang begitu menggiurkan. Cita rasa dan aroma yang khas tidak kalah dengan daerah lainnya dinusantara. Mengingat pusat keramaian di Bengkulu lebih mendekat kearah pantai, alhasil sajian menu utamanya adalah berbahan dasar ikan laut. Nah, apa saja sih makanan khas Bengkulu yang sanggup menggugah selera para traveler? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Rumah Makan Inga Naya

Di Padang ada Rumah Makan Padang, di Bengkulu ada Rumah Makan Inga Naya. Rumah makan ini paling khas dengan furnitur gaya Bengkulu. Konsep yang disuguhkan menggunakan gazebo dengan model lesehan dibawah pepohonan rindang. Sembari menyantap makanan kamu bisa menikmati suasana sejuk Rumah Makan Inga Naya.

Menu masakan ikan digazebo Rumah Makan Inga Naya
Menu masakan ikan digazebo Rumah Makan Inga Naya. Foto via cukupekspress.com

Menu yang disajikan tak lain adalahmakanan khas Bengkulu dari ikan laut seperti rebung asam, gulai timun cendawan, bagar hiu, dan menu ikan laut lainnya. Lokasinya sangat strategis yaitu di Jalan Pasar Pantai, Bengkulu.

Restoran Pindang 77

Bagi kamu yang menyukai makanan seafood, cobalah mendatangi restoran satu ini. Namanya Restoan Pindang 77 menyajikan olahan seafood paling populer di kota Bengkulu. Menu utama jangan ditanya, seperti namanya, pindang menjadi olahan utama yang bisa dimasak berdasarkan pilihan selera, ada menu bumbu khas Bengkulu, asam manis, saus tiram ataupun cukup digoreng.

Sajian menu ikan bandeng yang dimasak berbagai bumbu
Sajian menu ikan bandeng yang dimasak berbagai bumbu. Foto via tripadvisor.com

Bagi kamu yang ingin memakan pincang tanpa takut terkena duri, pilihlah menu bandeng tanpa duri. Restoran Pindang 77 ini beralamat di Jalan Sedap Malam no. 1 Kompleks Ruko Penurunan, Bengkulu.

Rumah Makan Kerapu

Deretan pantai Panjang bengkulu terdapat salah satu restoran yang selalu ramai dengan pengunjung. Namanya Rumah Makan Kerapu, sajian menu yang sungguh menggugah selera ini berbahan dasar ikan kerapu. Kamu bisa memilih ikan kerapu segar yang masih hidup, kemudian dimasak sekaligus oleh chef rumah makan. Kenikmatan ini ditambah dengan menu udang Tempoyak.

Selain menu kerapu tersedia menu udang lobster yang menggairahkan
Selain menu kerapu tersedia menu udang lobster yang menggairahkan. Foto via tripadvisor.com

Tempoyak adalah salah satu hidangan dari fermentasi durian yang diolah dengan campuran daging ikan laut ataupun udang. Rasanya pasti beraroma durian, namun jangan khawatir urusan rasa. Masakan rumah makan kerapu ini sangat lezat. Bahkan kamu bakal menambah menu nasi untuk menghabiskan lauk yang masih tersisa.

Bebek Sambal Pecut

Ternyata tidak hanya olahan ikan saja, Bengkulu juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar bebek. Namanya Bebek Sambal Pecut yang beralamat di Jalan Adam Malik Kelurahan Pagar Dewa Selebar Bengkulu. Sajian menu utama pastinya daging bebek, namun tersedia juga menu ayam goreng, belut, burung puyuh, lele, dan berbagai menu ikan air tawar seperti gurami, nila, mujaer, dan sebagainya.

Bebek Sambal Pecut dengan sajian utama menu bebek goreng
Bebek Sambal Pecut dengan sajian utama menu bebek goreng. Foto via restauranguru.com

Untuk sambalnya, memiliki berbagai pilihan seperti sambal terasi, sambal bawang, sambal hijau, dan lainnya dan sajian sambal tergolong pedas, jadi untuk kamu yang tidak suka pedas, cobalah meminta dibuatkan yang tidak begitu pedas.

Ikan Bakar Jingkrak

Ikan Bakar Jingkrak dengan menu andalan seafood dan ikan bakar yang menggiurkan
Ikan Bakar Jingkrak dengan menu andalan seafood dan ikan bakar yang menggiurkan. Foto via foursquare.com

Lagi-lagi menu ikan laut memang jadi andalan kuliner Bengkulu. Di Warung Ikan Bakar Jingkrak ini menyuguhkan menu seafood dan ikan bakar yang sangat lezat. Menariknya, lokasi warung sangat dekat dengan Benteng Fort Marlborough yang terletak disekitaran pantai Tepak Paderi. Jadi selepas berwisata pantai dan sejarah di Bengkulu, kamu tak perlu berpindah lokasi. Cukup datang ke warung Ikan Bakar Jingkrak, masalah perut teratasi dengan cepat. Next

ramadan
Liburan hemat ke Pulau Pari

Nggak Jauh dari Jakarta, Kamu Bisa Liburan Hemat ke Pulau Pari

Kota Tembagapura

Pesona Kota Tembagapura, Negeri di Atas Awan di Papua