in ,

Wisata ke Prabumulih, Kota Budaya berwajah Cantik di Sumatera Selatan

Salah satu budaya di Prabumulih dan sekitarnya [image source]

Nama Prabumulih mungkin terdengar Jawa banget, namun ternyata sebutan itu adalah untuk kota yang terletak di Sumatera Selatan. Jika mencarinya dengan GPS, kamu akan menemukan Prabumulih di koordinat 320’09,1” – 3034’24,7” Lintang Selatan dan 104007’ 50,4” – 104019’41,6” Bujur Timur. Meski tidak setenar Palembang dan kota-kota lain, namun Prabumulih menyimpan surga wisata yang hingga saat ini terus dikembangkan. Salah satu andalan kota yang terletak di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan itu adalah budaya dan tradisi masyarakat. Selain itu, taman-taman kota hingga alam yang menakjubkan juga tersuguh dengan begitu indahnya. Kamu bisa menjelajahinya satu per satu dan semuanya akan membuat kamu puas dan betah berlama-lama di Prabumulih.

Baca juga : 4 Curug Tersembunyi Ditengah Hutan Taman Nasional Gunung Salak Halimun

Biar kamu makin tahu dan tertarik dengan daerah yang memiliki 6 kecamatan itu, berikut ini Travelingyuk akan membocorkan beberapa tempat wisata dan ikon kota yang cukup mentereng, jangan sampai kamu melewatkannya. Sayang banget jika kamu sudah jauh-jauh datang ke Prabumulih tapi nggak mengeksplornya dengan maksimal. Penduduk setempat juga terkenal ramah dalam menyambut wisatawan lho. Kamu bisa berinteraksi dan mencari tahu seputar adat, termasuk juga membawa oleh-oleh berupa makanan dan kerajinan tradisional khas Prabumulih. Langsung saja, simak ulasan di bawah ini.

1. Desa Sindur

Desa Sindur merupakan salah satu tempat yang digadang-gadang menjadi destinasi wisata budaya dan alam kebanggaan Prabumulih. Kamu bisa menyaksikan aktivitas penduduk setempat yang sebagian masih menerapkan budaya tradisional. Tradisi-tradisinya begitu cantik, dijamin akan membuatmu kagum dan makin percaya jika Indonesia ini kaya dengan adat istiadat. Dengan adanya desa wisata, maka upaya pelestarian budaya jadi bisa lebih maksimal.

Salah satu budaya di Prabumulih dan sekitarnya [image source]
Mengenalkan warisan nenek moyang itu penting agar nasibnya tidak berakhir di museum karena telah punah dan tak lagi dilakukan oleh masyarakat. Puas melihat-lihat kebiasaan masyarakat Desa Sindur, kamu bisa mengintip keindahan alamnya yang keren, bisa memanjakan mata dan bikin adem pandangan. Desa Sindur secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan. Letaknya tidak jauh dari pusat kota kok, jadi kamu akan mudah menemukannya.

2. Desa Muara Sungai

Prabumulih ternyata juga memiliki tempat yang indahnya agak mirip dengan Raja Ampat. Kamu bisa melihat sebuah perairan yang cukup luas menyerupai danau dengan airnya kebiruan, jika melihat hanya lewat foto saja pasti  setiap orang akan mengira itu danau asli atau laut. Padahal, hanya sebuah kolam penyaringan. Kolam cantik yang berukuran 10 meter x 20 meter itu banyak didatangi wisatawan untuk mandi dan berenang.

Ilustrasi desa mura sungai [image source]
Tanaman air yang tumbuh juga membuat kolam makin keren.  Jika kamu ingin juga melihatnya secara langsung, datang saja ke Desa Muara Sungai. Selain kolam, kamu bisa menikmati rimbunnya perkebunan karet di sekitarnya. Letak Desa Muara Sungai juga ada di Kecamatan Cambai. Jadi setelah puas keliling Desa Sindur, kamu bisa mampir ke Muara Sungai, pasti seru sekali.

3. Islamic Center Prabumulih

Prabumulih memiliki masjid yang cukup megah dan dijuluki Islamic Center. Masjid itu adalah salah satu yang termegah dan terbesar di Sumatera Selatan. Pertama kali dibangun pada tahun 2010 dan selesai sekitar tahun 2014 silam dengan biaya yang tidak sedikit. Bangunannya bernuansa Islami, begitu indah dipandang. Kamu akan melihat area yang cukup luas dengan bangunan-bangunan lain yang berfungsi untuk kantor MUI hingga aula. Letaknya tidak begitu jauh dari SMAN 7 Prabumulih.

Islamic center prabumulih [image source]
Itu artinya untuk menyaksikan dan masuk ke dalam masjid tersebut kamu harus menuju wilayah Gunung Ibul di bagian timur Prabumulih. Sebelum menjadi masjid kawasan tersebut merupakan hutan belantara, bersamaan dengan pembangunan infrastruktur berupa jalur lingkar, maka dibangun juga fasilitas pendukungnya. Salah satunya adalah Masjid  Islamic Center Prabumulih.

4. Masjid Darussalam

Kota Prabumulih memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata religi yang akan membuat kekagumanmu pada bangunan-bangunan bernuansa Islami makin menggelora. Coba saja datang ke Masjid Darussalam, di sana kamu akan menyaksikan sebuah bangunan megah dengan dominasi warna putih. Kubah dan menara makin membuat masjid tampil begitu indah.

Ilustrasi masjid [image source]
Bukan hanya bangunannya saja, lingkungan sekitar yang bersih dan luas membuat kunjungan ke Masjid Darussalam adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Secara administratif, Masjid Darussalam terletak di Kelurahan Muntang Tapus, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih. Saat pelaksanaan Salat Idul Fitri dan Idul Adha  kamu  bisa melihat ribuan jama’ah yang beribadah hingga memenuhi halaman-halamannya.

5. Taman Kota Prabumulih

Layaknya kota-kota yang lainnya, Prabumulih juga memiliki taman yang cantik dan keren. Berbagai tanaman mempesona begitu serasi dengan pohon-pohon yang rindang. Berakhir pekan di taman tersebut akan membuat kamu lebih nyaman dan seru, apalagi jika ditemani oleh keluarga atau sahabat. Sebelum disulap menjadi taman kota, sebuah lahan di Jalan Jend. A. Yani, Gunung Ibul, Prabumulih Timur adalah lapangan sepak bola Prabujaya.

Taman Kota Prabumulih [image source]
Areanya cukup luas dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti arena bermain, joging track, tempat bersantai, kuliner dan lain sebagainya. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah saat hari Minggu, karena terdapat gelaran car free day. Selain menyuguhkan aneka kuliner, kamu juga bisa berolahraga di sekitar taman tanpa takut terganggu dengan kendaraan bermotor.

Itulah beberapa destinasi keren di Prabumulih, yuk segera ke sana!

  Next

ramadan

Tips Jitu Packing Untuk Berdua, Anti Ribet!

Surabaya Punya Banyak Spot Foto Era Belanda yang Instagram-able, Sudah Pernah ke Sana?