in ,

Saingi Panda, Hewan Mirip Tikus Ini Populer di Negeri Tetangga

Wombat.

Panda, hewan asal Tiongkok banyak disukai orang karena tubuhnya yang menggemaskan. Namun tahukah kamu kalau di Australia juga ada hewan yang selucu itu bernama Wombat. Tidak jauh beda dengan Kanguru dan Koala, mamalia ini juga berkantung untuk menyimpan bayi (marsupial). Bentuknya mirip tikus dengan bulu halus berwarna coklat, abu-abu, atau hitam.

Baca juga : Nagoro, Kota Berpenduduk Boneka dan 4 Kota Kecil Paling Aneh Lainnya di Dunia

1. Hewan Dilindungi

Wombat.
Wombat. [image source]
Satwa ini termasuk yang dilindungi dan masuk daftar merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (IUCN). Meskipun tidak tergolong yang rentan punah, tetapi banyak yang mati karena sebelumnya  dianggap hama lalu dibunuh, dimakan anjing liar dan tertabrak kendaraan di jalan.

Wombat.
Wombat. [image souce]

2. Fauna Asli Australia

Wombat.
Wombat. [image source]
Wombat berasal dari Australia dan biasa ditemukan di bagian kecil ujung tenggara Queensland, timur New South Wales, timur dan selatan Victoria,  hingga Australia Selatan. Mereka juga ditemukan di seluruh Tasmania dan juga Pulau Flinders, Bass Strait.

Wombat.
Wombat. [image source]

3. Bayar Rp200 Ribu untuk Menyentuhnya

Wombat.
Wombat. [image source]
Di Healesville Sanctuary kamu bisa berinteraksi dengan hewan menggemaskan ini. Dengan membayar Rp 200 ribu kamu berkesempatan menyentuh dan berpose untuk foto bersama selama 15 menit. Biaya itu digunakan untuk kebutuhan konservasi satwa terancam punah.

Wombat.
Wombat. [image source]

4. Bermain dengan Bayi Wombat

Bayi Wombat.
Bayi Wombat. [image source]
Kamu juga bisa bermain dengan bayi Wombat bernama Gem yang baru berumur delapan bulan. Bayi menggemaskan ini bisa dielus dan diajak berpose dengan membayar Rp 500 ribu. Biaya itu digunakan untuk konservasi satwa terancam punah di Australia.

Bayi Wombat.
Bayi Wombat. [image source]

5. Pelari Cepat

Wombat.
Wombat. [image source]
Fauna ini berbadan gemuk dan besar yang beratnya bisa mencapai 40 kilogram. Bobotnya yang berat bisa menjatuhkan manusia kalau sedang marah. Namun meski begitu mereka bisa berlari 100 meter dalam 10 detik!

Wombat.
Wombat. [image source]
Wombat memang masih belum bisa ditemui di Indonesia. Kalau kamu penasaran dan gemas ingin menyentuhnya, datang saja ke Australia. Tertarik? Next

ramadan

Ternyata Rumah Popeye Ada di Denmark! Penasaran?

Gunung Tenong, Indahnya Pemalang dari Ketinggian yang Bikin Bengong