in

8 Tempat Paling Hits Buat Ngabuburit Orang Solo

Sudah menjadi semacam tradisi saat Ramadan tiba orang-orang melakukan kegiatan ngabuburit. Setiap daerah memiliki tempat favorit masing-masing untuk jalan-jalan menunggu waktu berbuka. Tak terkecuali warga Surakarta alias Solo yang juga punya tempat-tempat hits untuk ngabuburit.

Baca juga : Hotel dengan Kolam Renang di Solo, Ngadem Seharian Hanya 400 Ribuan

Warga Solo tidak ngabuburit ke pantai karena daerah ini tidak punya batas laut. Meski demikian masih banyak tempat asyik yang bisa digunakan bersantai berkumpul keluarga atau teman-teman sambil menunggu bedug magrib. Dikumpulkan Travelingyuk inilah tempat hits di Solo buat ngabuburit.

1. Gladag Langen Bogan Solo (GALABO)

Tempat ngehits pertama yang sering dijadikan tempat ngabuburit warga Solo adalah Gladag Langen Boga Solo atau lebih populer dengan singkatan Galabo. Galabo adalah sebuah kawasan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman atau sepanjang jalan di depan Bank Indonesia Surakarta yang sekaligus menjadi penanda titik nol kota tersebut.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/6AHASnu3us/?tagged=galabosolo&hl=en hidecaption=true width=640]

Galabo pada siang hari hanya berupa kawasan jalan raya dengan trotoar di pinggir-pinggirnya. Namun saat sore hingga malam tiba, jalan-jalan ini akan disulap menjadi pusat kuliner yang lengkap. Maka dari itu banyak warga Solo yang memilih ngabuburit di Galabo, selain bisa jalan-jalan santai mereka juga bisa berburu menu berbuka hingga menggelar buka bersama di sana. Apalagi kawasan Galabo ini telah dilengkapi dengan akses wifi gratis yang bisa dimanfaatkan semua orang untuk akses internet.

2. Taman Balekambang

Selain di Galabo warga Solo juga sering datang ke Balekambang untuk rekreasi. Balekambang yang dimaksud di sini bukan pantai yang ada di Malang melainkan sebuah kawasan taman yang asri di Jalan Ahmad Yani, Surakarta. Taman ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921 yang dipersembahkan untuk kedua puterinya yang bernama GRAy Partini dan GRAy Partinah.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFnTwhMHS0b/?tagged=balekambangsolo hidecaption=true width=640]

Ada dua bagian utama di dalam taman seluas hampir 10 hektar ini. Ada kawasan hutan kota serta kawasan kolam air. Taman ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul tujuh hingga enam sore. Selain sebagai ruang terbuka hijau taman ini juga memiliki fungsi lain diantaranya sebagai taman seni dan budaya, taman botani, edukasi hingga rekreasi.

3. Taman Sekartaji

Selain Taman Balekambang warga Solo juga sangat suka menghabiskan sore hari dengan mengunjungi Taman Sekartaji apalagi taman ini diklaim sebagai taman yang paling mewah dan eksklusif di Solo yang diresmikan oleh walikota Solo yang kini telah menjadi presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/69_CyCC7MI/?tagged=tamansekartaji hidecaption=true width=640]

Taman Sekartaji dibangun di pinggir Kali Anyar, Jebres atau di perempatan Rumah Sakit Dr. Oen kawasan Mojosongo. Selain bertujuan untuk menyediakan ruang terbuka hijau untuk warga Solo, kehadiran taman ini juga bermaksud untuk menumbuh kembangkan kepedulian warga akan taman dan lingkungan serta keindahan kota. Tak heran meski di luar Ramadan taman ini tetap ramai dikunjungi warga hingga wisatawan dari luar kota.

4. Pabelan

Pabelan adalah nama sebuah tempat yang terletak di kawasan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kawasan ini juga cukup ramai didatangi warga Solo dan para mahasiswa tidak hanya di bulan puasa namun juga hari biasa.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGLslC0KAlf/?tagged=pabelan hidecaption=true width=640]

Ramainya kawasan Pabelan ini disebabkan oleh banyaknya pedagang yang menjual barang dagangan mereka di sana. Saat puasa tersedia juga aneka menu berbuka dan takjil yang menggugah selera. Sudah pasti mereka yang ngabuburit ke Pabelan bukan hanya jalan-jalan semata namun punya misi lain yaitu berburu takjil untuk berbuka.

5. Gerbang Institut Seni Indonesia

Solo memiliki banyak kampus yang terkenal tak heran jika kota ini menjadi salah satu tujuan studi pelajar di Indonesia. Maka jangan heran jika tempat-tempat nongkrong ataupun ngabuburit kebanyakan berada di area sekitaran kampus. Setelah Pabelan tempat ngabuburit lain yang juga berada di kawasan kampus adalah Gerbang Institut Seni Indonesia atau ISI.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BEwAkufqbmZ/?tagged=isisolo hidecaption=true width=640]

Gerbang kampus ini memang nyeni dengan bentuk perahu. Saat puasa akan banyak penjual makanan dan minuman berbuka di kawasan ini. Jika ngabuburit ke gerbang kampus ISI di Solo ini traveler bisa sekaligus membeli menu berbuka atau bahkan bisa sekalian berbuka di lokasi dengan teman-teman pasti makin asyik.

6. Ngarsopuro Night Market

Tempat berikutnya dikenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda Solo yang terngehits. Namanya Ngarsopuro Night Market alias pasar malam Ngarsopuro yang terletak di sekitar jalur utama Kota Solo, Jl Slamet Riyadi. Pasar malam ini adalah warisan dari walikota Joko Widodo untuk menyemarakkan kota kecil ini.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BEfeve2TPm8/?tagged=ngarsopuronightmarket hidecaption=true width=640]

Ngabuburit ke Ngarsopuro Night Market bakal lebih berkesan dengan hiburan acara-acara besar yang diselenggarakan pada saat-saat tertentu seperti festival clothing, festival jenang dan masih banyak lagi. Traveler juga bisa belanja di kios-kios yang tersedia hingga berburu makanan khas. Bisa juga datang untuk bersantai sambil internetan, ada wifi gratis di tempat ini.

7. Stadion Manahan Solo

Pilihan lain untuk ngabuburit di Solo adalah kawasan sekitar Stadion Manahan Solo, sebuah stadion kebanggaan warga Surakarta. Umumnya stadion ini digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola bertaraf nasional hingga internasional namun di bulan puasa seperti ini banyak warga yang memanfaatkannya sebagai sarana olahraga ringan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFePvLVTIN6/?tagged=stadionmanahan hidecaption=true width=640]

Kebanyakan orang yang ngabuburit di Stadion Manahan Solo adalah mereka yang aktif dan mengisi waktu sorenya dengan kegiatan fisik. Traveler bisa bermain basket atau sekedar jogging di sekitaran stadion. Atau bergabung dengan komunitas BMX atau skateboard untuk latihan bersama di sana. Pasti tak terasa tiba-tiba waktu berbuka sudah menyapa.

8. Alun-Alun Selatan Solo

Tempat terakhir yang menjadi tempat ngabuburit favorit warga kota Solo adalah Alun-Alun Selatan. Hampir sama dengan Alun-Alun Selatan Jogja, alun-alun ini juga memiliki beringin kembar hanya saja tidak ada ritual masangin. Mereka yang berkunjung memanfaatkan beringin sebagai tempat berteduh.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BDYYrY5Lv5l/?tagged=alunalunsolo hidecaption=true width=640]

Yap, Alun-Alun kota Solo ini memang tempat yang nyaman untuk bersantai. Ditambah hadirnya para pedagang yang menjual aneka takjil khas Ramadan seperti kolak, es buah dan berbagai kue tradisional membuat ngabuburit di sana makin mengasyikkan. Dari sekian banyak tempat ngabuburit di Solo, mana yang menjadi tempat favoritmu? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Begini Penampakan Air Terjun Dalam Ruangan Tertinggi di Dunia Milik Singapura

10 Tempat Asyik Buat Jalan-Jalan Nunggu Buka di Tanah Jawa