in ,

Coldplay Menyumbangkan Kapal Pembersih Sampah ke Indonesia untuk Bersihkan Sungai Cisadane

Setelah sukses menggelar konser di GBK, Coldplay juga menyumbangkan kapal pembersih sampah ke Indonesia untuk membersihkan Sungai Cisadane.

Coldplay Menyumbangkan Kapal Pembersih Sungai ke Indonesia di Sungai Cisadane

Setelah sukses menggelar konser perdana mereka di Jakarta pada Rabu (15/11) lalu di Gelora Bung Karno (GBK), Coldplay memberikan “kenangan” untuk Indonesia. Tepatnya, menyumbangkan sebuah kapal pembersih sampah berjenis Interceptor 020 untuk Tanah Air. Kapal tersebut akan beroperasi di Sungai Cisadane, Jawa Barat.

Baca juga : 5 Waterpark di Malang Raya Buat Kamu yang Nggak Mudik

Bukan tanpa alasan band asal Inggris ini mendonasikan sebuah kapal yang bisa memberi dampak baik untuk lingkungan tersebut. Kapal yang disumbangkan pun tidak main-main, memiliki spesifikasi yang akan sangat membantu mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan melalui Sungai Cisadane.

Coldplay menyumbangkan kapal pembersih sampah

Interceptor yang disumbangkan Coldplay ke Indonesia untuk membersihkan sampah mikroplastik di Sungai Cisadane bernama Neon Moon II. Coldplay bekerja sama dengan The Ocean Cleanup, sebuah organisasi nonprofit, untuk membersihkan sampah plastik di sungai yang mengalir dari Bogor hingga Tangerang ini.

Coldplay Menyumbangkan Kapal Pembersih Sungai ke Indonesia di Sungai Cisadane
Foto via The Ocean Cleanup

Tiap tahunnya, 1.000 ton plastik mengalir ke Laut Jawa dari Sungai Cisadane. Interceptor 020 diharapkan bisa mengambil hingga 1.000 ton dari sungai ini. Kapal ini rencananya akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2023. 

Mengenal Neon Moon II

Diharapkan bisa membersihkan sampah hingga ribuan ton, tentu spesifikasi yang dimiliki Neon Moon II tidaklah main-main. Kapal sepanjang 24 meter ini bisa menyedot sampah berkapasitas hingga 50-100 ton per hari. Meski beroperasi tanpa awak, Neon Moon II bisa beroperasi selama 24 jam.

Coldplay Menyumbangkan Kapal Pembersih Sungai ke Indonesia di Sungai Cisadane
Foto via PDAM Tirta Benteng

Kapal ini juga telah menggunakan sistem tenaga surya dan bebas knalpot sehingga lebih senyap. Harganya sendiri juga bikin melongo. Coldplay menyumbangkan kapal pembersih sampah untuk Indonesia seharga USD777.000 atau setara dengan Rp11,9 miliar.

Sebelumnya sudah pernah menyumbangkan

Bukan pertama kalinya, sebelumnya Coldplay sudah pernah menyumbangkan kapal pembersih sampah ke Malaysia. Pada tahun 2018 lalu, mereka juga bekerja sama dengan The Ocean Cleanup dengan memberikan kapal Neon Moon I berjenis Interceptor 005. Kapal tersebut difungsikan untuk membersihkan Sungai Klang di Malaysia.

Neon Moon I berhasil mengambil 1 juta kilogram sampah plastik. Karena keberhasilannya inilah, Coldplay kembali memberikan kapal serupa kepada Indonesia. Coldplay mendukung misi The Ocean Cleanup dalam membersihkan sungai paling berpolusi di dunia dari mikroplastik sebelum masuk ke lautan.

Bukan saja memberikan kebahagiaan kepada para penggemarnya dengan menggelar konser, Coldplay juga menyumbangkan kapal pembersih sampah untuk Indonesia. Warga Indonesia seharusnya makin sadar untuk turut mencegah sampah plastik untuk mengalir ke lautan. Salah satu yang paling sederhana adalah selalu membuang sampah di tempatnya. Next

ramadan
Penumpang Terseret KRL Serpong

Seorang Penumpang Terseret KRL di Peron Serpong hingga Meninggal Dunia

Pesta Rakyat Danau Toba

Pesta Rakyat Danau Toba Cetak Rekor MURI, Tampilkan 1.250 Penari Tor Tor Sipitu Cawan