in , , ,

4 Gunung di Bogor, Cocok Untuk Trekking Dekat Jakarta

fi gunung di bogor

Bagi Teman Traveler hobi mendaki dan jelajah pegunungan, berikut ada 4 gunung di Bogor yang cocok untuk trekking. Jaraknya dekat dengan kota Jakarta, jadi tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah. Liburan tipis-tipis pengisi akhir pekan, yuk simak ulasannya.

Baca juga : Batiqa Hotel Cirebon, Penginapan Batik Lucu dekat Tol

1. Gunung Pancar

gunung pancar
Ilustrasi via instagram maul_mindset05

Pertama adalah Gunung Pancar dengan tinggi 300-800 mdpl yang memiliki beragam aktivitas yang bisa dilakukan Teman Traveler selain trekking, ada spot swafoto, camping ground dan outbond. Untuk pendakian dapat memilih durasi yaitu 30 menit, 60 menit serta 90 menit, di sini daya tariknya banyak pepohonan pinus menjulang tinggi.

Harga tiket masuk Rp 5.000, hari besar Rp 7.500, biaya trekking per orang (termasuk pemandu, air mineral dan tiket) Rp 150.000 minimal empat orang. Biaya camping ground tanpa peralatan (sudah termasuk tenda, lampu tembak luar, kemah dan tiket) Rp 200.000 per orang minimal tiga orang, membawa tenda sendiri Rp 100.000.

Gunung Pancar berlokasi di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak dari pusat Jakarta sekitar 57,9 km, dapat ditempuh 1 jam perjalanan via Tol Jagorawi.

2. Gunung Batu

gunung batu
Ilustrasi via instagram potatoo.king

Kemudian ada Gunung Batu Jonggol atau Bukit Batu, memiliki ketinggian 874 mdpl ini menawarkan pemandangan indah. Meskipun terbilang rendah tetapi Teman Traveler harus sudah terbiasa trekking sebelumnya, sebab jalur pendakiannya cukup menantang.

Kira-kira waktu trekking memakan waktu sekitar 90 menit sampai puncaknya, selama pendakian akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Selain itu, jika Teman Traveler tidak mendaki bisa juga piknik pada kaki gunungnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik di sini, harga tiker masuk Rp 10.000 per orang.

Gunung Batu berlokasi di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Dari Jakarta berjarak 67,8 km, dapat ditempuh sekitar 1 jam 50 menit perjalanan via Tol Jagorawi.

3. Gunung Munara

gunung munara
Ilustrasi via instagram yolandaurbahm

Berikutnya gunung satu ini meskipun kecil tetapi jalurnya cukup menantang dan menguji adrenalin yaitu Gunung Munara. Memiliki ketinggian 360 mdpl, durasi waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dengan medan berbatu, landai dan semakin terjal, Teman Traveler tidak perlu khawatir karena terdapat tali tambang serta keamanan yang terjamin.

Sesampainya di puncak Teman Traveler akan disuguhkan pemandangan indah pemukiman, hamparan sawah, dan deretan tebing. Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang, biaya parkir motor Rp 5.000, dan mobil Rp 10.000.

Gunung Munara berlokasi di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jarak dari Jakarta sekitar 50,9 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 33 menit perjalanan via Tol Jakarta-Serpong melewati kawasan BSD Tangerang.

4. Gunung Pangrango

gunung pangrango
Ilustrasi via instagram asall__jeprettt

Selanjutnya Gunung Pangrango yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) berada dalam tiga kabupaten salah satunya di Kabupaten Bogor dengan ketinggian 2.958 mdpl. Teman Traveler bisa mengambil jalur Cibodas yang terdekat dari Jakarta, waktu tempuh untuk mendaki sekitar 8 jam.

Menariknya saat trekking akan melewati objek wisata seperti Telaga Biru dan Curug Cibeureum. Selain itu Teman Traveler akan disuguhkan panorama alam yang indah dan sejuk. Harga tiket masuk Rp 29.000 per orang, hari libur Rp 34.000, lalu untuk pelajar Rp 17.500, dan hari libur Rp 20.500. Jarak dari Jakarta atau pendakian via Cibodas sekitar 97 km dengan jarak tempuh 2 jam 7 menit viaa Tol Jagorawi.

Demikian ulasan 4 gunung di Bogor yang dekat dari Jakarta, bisa menjadi referensi aktivitas fisik dan destinasi liburan Teman Traveler. Next

ramadan
fi taman langit pangalengan

Taman Langit Pangalengan di Bandung, Lokasi Melihat Sunrise dan Sunset Indah

fi arah kiblat

Matahari di Atas Kabah, Momen Menentukan Kembali Arah Kiblat