in , ,

Aksi Pandawara Group Bersihkan Pantai di Pesisir Loji Ditolak bahkan Akan Disomasi Pihak Desa

Ajakan Pandawara Group untuk membersihkan Pantai Loji di Sukabumi, ternyata sempat mendapat penolakan, bahkan akan disomasi.

Pandawara Group Ajak Bersihkan Pantai Loji Sukabumi

Kembali viral aksi Pandawara Group yang akan melakukan aksi bersih-bersih pantai. Kali ini, mereka mengajak serta masyarakat untuk bersama-sama membersihkan pantai di Pesisir Loji, Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga : Chingu Café Yogyakarta, Negeri Ginseng-nya Wong Jowo

Pandawara Group Ajak Bersihkan Pantai Loji Sukabumi
Foto via Tiktok

Kelompok pemuda yang peduli lingkungan dan kerap membersihkan pantai-pantai kotor di Indonesia ini, mengunggah video ajakan di media sosial mereka, seperti Instagram dan Tiktok. Dalam video 52 detik tersebut, terdengar musik dramatis dan memperlihatkan tumpukan sampah di seluruh bibir pantai. 

Nobatkan Pantai Cibutun di Pesisir Loji Terkotor No. 4

Ombak terlihat menabrak tumpukan sampah yang menggunung di bibir pantai. Sesekali sampah-sampah terbawa ombak ke laut. Pandawara Group pun menobatkan Pantai Cibutun di Pesisir Loji sebagai pantai terkotor keempat di Indonesia. Dalam videonya, mereka terlihat memasang tulisan di atas tumpukan sampah di Pantai Loji “Selamat datang di pantai terkotor no. 4 di Indonesia”.

Pantai Terkotor Nomor 4 di Indonesia
Foto via Tiktok

Di akhir video, mereka mengajak serta seluruh elemen masyarakat, terutama masyarakat Sukabumi untuk ikut membersihkan Pantai Loji. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 6-7 Oktober 2023, mulai dari pukul 07.00 WIB hingga selesai.

Pemerintah Desa Tolak Pandawara Group Bersihkan Pantai di Pesisir Loji

Ternyata, Pemerintah Desa (Pemdes) Sangrawayang melalui Kepala Desa (Kades) Sangrawayang, menolak inisiasi Pandawara Group tersebut. Pihak desa tidak mengizinkan kegiatan itu karena menurut mereka, pemerintah seolah tak dilibatkan dalam aksi tersebut.

Tumpukan sampah di pesisir pantai
Foto via Detik

Karang Taruna Simpenan pun tidak terima jika pantai di daerah mereka itu dinobatkan jadi pantai terkotor ke-4. Mereka bahkan akan melayangkan somasi jika tidak ada klarifikasi dari Pandawara Group dalam kurun waktu 2×24 jam. Meski begitu, mereka rencananya akan mengadakan bersih-bersih pantai dan sungai dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Komentar Netizen

Tentu penolakan dan aksi somasi ini mendapat berbagai komentar dari netizen. Banyak dari mereka menyayangkan aksi pihak desa yang menolak hingga somasi Pandawara Group. Mengingat aksi bersih-bersih pantai yang diinisiasi Pandawara Group justru membantu pantai di daerah mereka menjadi lebih bersih.

Pandawara Group Ajak Bersihkan Pantai Loji Sukabumi
Foto via Tiktok

Netizen berharap pihak desa bisa bekerja sama dengan Pandawara Group dalam aksi mulia ini. Bukannya justru menolak bahkan melakukan tindakan hukum.

Ternyata Pemdes Mendukung Pandawara Group Bersihkan Pantai di Pesisir Loji

Namun, dilansir dari Narasi TV, pemerintah desa bukannya menolak aksi Pandawara Group untuk membersihkan pantai di daerah mereka. Mereka justru mendukung, tapi tidak bersedia jika bersih-bersih pantai tersebut diunggah di media sosial.

Pandawara Group Ajak Bersihkan Pantai Loji Sukabumi
Foto via Tiktok

Pandawara Group memang sempat mengobrolkan kegiatan bersih-bersih pantai dengan pihak desa. Namun, pihak desa tidak tahu kalau akan diramaikan dan diunggah ke media sosial. Karena tidak dijelaskan sejak awal.

Semoga permasalahan ini segera selesai. Aksi bersih-bersih pantai memang seharusnya dilakukan bersama-sama. Butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk melakukan itu. Agar Pantai Cibutun di Pesisir Loji kembali bersih dan mengundang wisatawan untuk berkunjung. Next

ramadan
Suku Bermata Biru di Indonesia

3 Suku di Indonesia Ini Memiliki Warna Mata Biru Bak Orang Eropa

Togu Coffee Roastery BSD

Togu Coffee Roastery, Nongkrong di BSD Serasa di Jogja Zaman Dulu