in , , , ,

Desa Wisata Ketapanrame, Wisata Komplit di Mojokerto

Desa Wisata Ketapanrame yang ada di Trawas, Mojokerto, menyuguhkan berbagai wisata yang menarik, mulai dari wisata alam, budaya, hingga edukasi.

Desa Wisata Ketapanrame di Mojokerto

Indonesia punya segudang wisata yang begitu indah. Mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga edukasi. Semua wisata itu, ternyata bisa kamu jumpai di satu tempat secara langsung lho. Ialah Desa Ketapanrame, yang menyuguhkan berbagai wisata nan menarik.

Baca juga : Dusun Semilir Semarang, Super Instagenic di Kota Lumpia

Berada di Kaki Gunung Welirang

Desa Wisata Ketapanrame ada di Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Desa ini berada di antara dua gunung, Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang. Tepatnya ada di kaki Gunung Welirang dengan ketinggian 800-1.000 mdpl. Tak heran jika desa wisata dengan luas 345,462 hektare ini memiliki suasana sejuk khas pegunungan.

Desa Wisata Ketapanrame di Mojokerto
Foto via BUMDesa Mutiara Welirang

Terdapat 3 dusun yang ada di Desa Ketapanrame, yaitu Dusun Ketapanrame, Dusun Sukorame, dan Dusun Slepi. Ada 16 rukun warga (RW) dan 43 rukun tetangga (RT) di dalamnya. Penduduk yang menempati desa ini berjumlah sekitar 5.389 jiwa.

Ketapanrame Jadi Desa Wisata Terbaik

Desa Wisata Ketapanrame meraih predikat Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa wisata ini mengalahkan 4.573 dan menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia pada bulan Agustus 2023 lalu.

Desa Wisata Ketapanrame di Mojokerto
Foto via BUMDesa Mutiara Welirang

Sebelumnya, pada 2021 dan 2022, Desa Ketapanrame juga mengikuti ajang ini. Setelah dua tahun berturut-turut menjadi 300 besar, akhirnya desa ini bisa menjadi yang pertama. Tak heran, pesonanya memang begitu indah hingga menarik pengunjung mencapai ribuan saat akhir pekan.

Wisata Andalan di Desa Ketapanrame

Air Terjun Dlundung
Foto via Instagram

Ada beberapa daya tarik wisata yang disuguhkan desa wisata yang satu ini, beberapa di antaranya adalah wisata alam, buatan, budaya, hingga edukasi. Beberapa wisata yang menjadi andalan dari desa ini adalah Air Terjun Dlundung, Taman Ghanjaran, dan Sumber Gempong.

Air Terjun Dlundung memiliki keunikan tebing batu yang berlapis dan kolam alami di bawahnya. Taman Ghanjaran adalah wisata buatan dengan konsep ruang terbuka hijau. Sedangkan Sumber Gempong adalah wisata sawah terasering yang instagenic.

Desa Wisata Ketapanrame di Mojokerto
Foto via BUMDesa Mutiara Welirang

Selain Taman Ghanjaran, ada pula wisata buatan di sini, yaitu Taman Kelinci yang masih satu area dengan Air Terjun Dlundung. Sesuai namanya, ada banyak kelinci yang bisa diberi makan saat berada di Taman Kelinci. Jika ingin melakukan kegiatan seru, ada pula wisata petualangan jelajah hutan menggunakan jeep, motor trail, atau ATV.

Untuk wisata budayanya, terdapat Tari Mayang Rontek dan Bedoyo Putri Mojosakti yang dihadirkan untuk menyambut para wisatawan. Sedangkan wisata edukasi ada pertanian hingga bercocok tanam. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan tempat liburan bareng buah hati karena ada wahana permainan anak dan dewasa.

Kamu nggak perlu khawatir bosan saat berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame karena suguhan wisata yang begitu beragam. Next

ramadan
Resep Es Jeruk Kelapa

Resep Es Jeruk Kelapa Tanpa Gula Tambahan, Segar dan Sehat di Siang Bolong

Stasiun Sudirman Penuh Sesak

Viral Video Stasiun Sudirman Penuh Sesak, Ada Kenaikan Penumpang 32 Persen