in , ,

4 Kelaq Legendaris, Makanan Favorit Nusa Tenggara Barat yang Bikin Nagih!

Teman Traveler mungkin sudah sering mendengar makanan berbahan dasar ayam ini dengan nama Ayam Taliwang, makanan khas Nusa Tenggara yang tersohor hingga mancanegara kerap menjadi pilihan utama para pelancong ketika berkunjung ke Nusa Tenggara Barat. Namun, ada kalanya kamu mencicipi beberapa makanan unik lainnya seperti kelaq. Kelaq adalah sebutan dari sayuran yang biasa digunakan masyarakat NTB.

Baca juga : Cenil, Jajanan Tradisional Nendang yang Makin Langka Ditemukan

Salah satu kelaq khas lombok yang sangat lezat. Foto via goodnewsfromindonesia.com

Kelaq sendiri adalah sayuran yang dimasak dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, terasi dan santan. Biasanya kelaq memiliki kuah yang banyak sehingga menjadi sayuran yang sangat segar dan cocok dimakan ketika suhu udara panas karena mampu menghilangkan dahaga sekaligus. Berikut adalah kelaq khas Lombok yang bisa kamu icipi setiap kaliberkunjun gke Lombok.

Kelaq Sebei

Kelaq sabie adalah salah satu makanan khas Lombok yang wajib dicoba saat berkunjung ke Lombok. Kelaq Sebie merupakan jenis sayur yang berbahan utama cabai. Cabai dijadikan sayuran ini yang membuat cita rasa sayur satu ini masuk daftar kuliner terpedas dari Lombok. Buat kamu penderita asam lambung, makanan ini menjadi pantangan utama. Kelaq Sebie Lombok diolah dari bahan cabai rawit yang dipotong-potong kecil.

Kelaq Sebie berbahan dasar cabai yang dipotongi kecil kecil. Foto via merahputih.com

Selain dijadikan sebagai sayuran, kelaq sebie juga ditambah dengan bahan lain seperti ikan atau sayuran lain. Misalnya kelaq ini ditambah dengan tongkol atau sayuran terung. Meski ditambah dengan bahan lain, cabai tetap jadi bahan utama dengan porsi lebih banyak.

Kelaq Batih

Kelaq Batih merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Makanan khas satu ini adalah jenis makanan yang memilliki kuah. Bahan utama Kelaq Batih adalah biji buncis yang sudah tua dicampur dengan daun singkong muda. Kuliner enak khas Lombok ini termasuk yang paling sulit didapat. Jangankan di restoran, makanan yang satu ini juga sudah sulit didapat di warung makan biasa. Saking sulitnya didapat, maka warung makan atau restoran yang menyediakan menu Kelaq Batih pasti cepat habis.

Kelaq Batih dengan bahan dasar buncis yang segar. Foto via cookpad.com

Keunikan dari Kelaq Batih adalah bumbu tradisional yang rasanya sangat khas. Bumbu ini nantinya ditambahkan saat rebusan biji buncis tua sudah empuk. Satu mangkuk Kelaq Batih biasanya terdiri dari biji buncis tua dan daun singkong muda.

Kelaq Kelor

Daun kelor umumnya sering digunakan sebagai obat atau memandikan jenazah. Namun di Lombok, daun kelor biasa diolah jadi sayur bening atau tumisan dengan cita rasa yang khas. Kuah bening ini sering dimasak oleh sebagian besar ibu rumah tangga karena lebih segar dari sayur lainnya. Dan saat ini sudah banyak warung di beberapa daerah di Indonesia menggunakan daun kelor sebagai sayuran organik karena khasiatnya yang bagus bagi tubuh.

Kelaq Kelor khas lombok yang segar dan nikmat. Foto via libur.com

Untuk mencicipi kelaq kelor terbaik, ada warung makan kelor yang senantiasa menyajikan kelaq kelor sebagai menu utamanya. Tepatnya di warung makan kelor yang berada di Pancong, Lombok Timur. Agar lebih nikmat, kelaq kelor cocok disantap bersama nasi putih dan sambal terasi.

Kelaq Lebui

Kelaq Lebui salah satu masakan sayuran berbahan dasar biji kedelai hitam. Biji bijian ini dimasak dengan campuran daging sapi khas dalam, irisan bawang merah, daun bawang yang cukup banyak, serta daun kemangi. Aroma yang khas akan biji bijian sehingga terkesan harum dengan rasa asam pedas berminyak, dan warnanya kehitaman. Sayur ini paling pas disantap saat masih panas, dengan nasi yang masih mengepul ditambah kerupuk kulit Lombok dan ikan tongkol goreng. Sungguh nikmat!

Kelaq Lebui terbuat dari kacang merah dengan kuah kentalnya yang lezat. Foto via budayaindonesia.org

Di beberapa tempat, seperti di Masbagik Timur, kelaq lebui biasanya dicampur dengan pepaya muda dan dawung yang merupakan jenis dedaunan yang tumbuh di pematang sawah.

Kelaq Pedis Panas

Dalam bahasa Sasak, bahasa daerah Lombok, Pedis artinya asam atau kecut, dan panas artinya pedas. Rasanya agak mirip sayur asam di Sunda. Namun kuahnya lebih gelap dan cenderung merah karena penggunaan cabai merah serta tomat yang dominan. Kelaq pedis panas menggunakan kemangi sehingga terasa segar. Untuk isian ada labu siam, jagung manis, terong, kecipir, kacang panjang, dan daun pakis. Cocok bagi Anda pecinta sayuran atau vegetarian.

Kelaq Ares

Ares adalah sayur khas Lombok yang menggunakan bahan dasar pelepah atau gedebok pisang yang masih muda yang belum berbunga. Pohon pisang yang dipakai tidak sembarangan hanya gedebok pisang tertentu saja, yaitu pisang kepok dan pisang raja.

Kelaq Ares khas Lombok yang fenomenal. Foto via merahputih.com

Rasa dari sayur ares ini manis dan gurih, meskipun diolah dengan santan. Hidangan ini akan lebih nikmat jika dihidangkan dengan nasi pulen hangat. Ares seendiri di buat konon karena pada masa lalu terjadi kekeringan dan gagal panen di pulau Lombok. Untuk tetap bertahan hidup warga mengolah batang pohon pisang hingga terciptalah masakan Ares.

Nah, Teman Traveler, jangan sampai enggan mencicipi makanan khas Lombok satu ini ya. Rasa dan aromanya sungguh nagih, dan hanya bisa kamu dapatkan di pulau satu ini. Next

ramadan

13 Wisata di Ternate yang Bikin Malas Pulang Setelah Liburan

Suku Sasak, Kearifan Lokal Budaya Lombok Paling Kental