in , , , ,

13 Wisata di Ternate yang Bikin Malas Pulang Setelah Liburan

Barangkali nama Ternate lebih akrab kalau kita melihatnya di dalam buku sejarah, dibandingkan jika muncul sebagai tempat tujuan wisata di Indonesia. Padahal, kota di provinsi Maluku Utara ini memiliki banyak objek wisata menarik dan pemandangan indah. Jika ada ada waktu dan kesempatan, sempatkanlah datang ke tempat-tempat berikut ini.

Baca juga : Eksotisnya Pulau Molana di Maluku, Syahdu Bagai Milik Pribadi

1. Benteng Tolukko

benteng_tolukko__2__uK4.JPGBenteng Tolukko (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Saat berkunjung ke Ternate, tidak afdal rasanya jika belum mengunjungi benteng-bentengnya karena di sana ada banyak sekali benteng. Salah satu benteng Portugis yang ada di Ternate dan kondisinya masih baik adalah Benteng Tolukko. Benteng yang dibangun pada tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis bernama Francisco Serao ini, sempat dipugar kembali. 

2. Benteng Kastela

benteng_kastela__1__gmJ.jpgBenteng Kastela (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Benteng Kastela juga merupakan benteng Portugis, namun bentuk bangunannya sudah tidak sejelas Benteng Tolukko karena berupa reruntuhan. Benteng ini disebut juga dengan Benteng Gan Lama. Di sinilah peristiwa pembunuhan Sultan Khairun terjadi pada tahun 1570. Peristiwa ini tentu saja membuat rakyat Ternate marah dan menyerang Portugis. Di Benteng Kastela pun terdapat seperti diorama yang menggambarkan peristiwa pembunuhan tersebut.

3. Benteng Kalamata

benteng_kalamata__1__6tN.JPGBenteng Kalamata (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Benteng Kalamata juga dikenal oleh warga setempat dengan sebutan Benteng Kayu Merah. Benteng ini dulunya dikuasai oleh Spanyol sebelum akhirnya diambil oleh Belanda. Lokasi Benteng Kalamata berbatasan langsung dengan laut, sehingga kita juga bisa melihat pemandangan indah dari sana.

4. Benteng Oranje

benteng_oranje__1__5sg.jpgBenteng Oranje (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Benteng Oranje terletak di pusat kota yang merupakan pusat keramaian, sehingga mudah dijangkau. Benteng ini dulunya adalah benteng terbesar di kota Ternate. Di depan benteng ini terdapat tulisan besar FORT ORANJE. Selain sebagai tempat wisata sejarah, saat ini Benteng Oranje menjadi ruang publik untuk bersantai dan berjalan-jalan.

5. Batu Angus & Gunung Gamalama

Batu Angus merupakan sisa lahar letusan Gunung Gamalama pada abad ke-17. Lahar yang telah berubah menjadi batu itu, tampak seperti batu yang baru hangus terbakar. Kumpulan batu angus tersebut kini menjadi objek wisata bagi turis untuk berfoto-foto. 

batu_angus__2__4Bg.JPGBatu Angus & Gunung Gamalama (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Dari tempat batu-batu itu pun kita bisa melihat Gunung Gamalama. 
Saat kita berada di Ternate, kita pasti akan kerap melihat gunung yang satu ini. Gunung Gamalama merupakan salah satu gunung api yang ada di Provinsi Maluku Utara. Bagi para wisatawan yang ingin mendaki gunung ini, bisa dimulai dari beberapa desa di sekitarnya, seperti Desa Moya, Desa Akehuda, dan Desa Malikurubu. Namun, bagi yang tidak ingin mendaki tetap bisa melihat keindahan gunung ini dari berbagai tempat.

6. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha via Instagram @laddy_marinne

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Ternate adalah Pantai Sulamadaha. Pantai ini terletak sekitar 30 menit dari pusat kota Ternate.  Kalau mau mendapat spot yang lebih bagus untuk dinikmati dan berfoto, dari tempat parkirnya berjalanlah ke sebelah kiri selama kira-kira 10 menit menuju Teluk Saomadaha.

pantai_sulamadaha__1__440.jpgPantai Sulamadaha (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Pemandangan dari sana sangatlah indah dan airnya juga terlihat sangat jernih. Jangan ragu untuk berenang di sana! Di pantai ini juga ada warung makan bagi pengunjung yang ingin mengisi perutnya sekaligus bersantai. Cobalah pisang mulut bebek yang dijual di sana. Pisang mulut bebek ini seperti keripik pisang dan dimakan bersama sambal.

7. Pantai Bobane Ici

pantai_bobane_ici__1__OSb.jpgPantai Bobane Ici (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Satu lagi pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Ternate. Pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu tempat berakhir pekan favorit warga lokal.

8. Danau Laguna Ngade

danau_laguna__2__5Sx.JPGDanau Laguna Ngade (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Danau Laguna Ngade terletak di  Desa Ngade, Kelurahan Fitu. Danau ini memiliki panorama yang sangat indah, terutama jika dilihat dari ketinggian. Kita bisa melihat danaunya dikelilingi bukit hijau, laut biru yang luas, dan juga gunung. Semuanya dapat kita lihat dalam sekali pandang. Suasana di sekitarnya pun sangat sepi dan tenang.

9. Danau Tolire Besar

Danau Tolire Besar terletak di bawah kaki Gunung Gamalama. Sesuai namanya, danau ini memang sangat besar dengan luas sekitar 5 hektare. Danau ini seperti loyang raksasa, karena dikelilingi oleh bukit-bukit tumbuhan berwarna kehijauan. Danau Tolire Besar diperkirakan sangatlah dalam.

danau_tolire_besar__2__KLE.JPGDanau Tolire Besar (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Saat berada di sana, cobalah untuk melempar batu ke danaunya dan lihatlah bahwa batu itu seperti menghilang secara misterius sebelum menyentuh danau. Menurut legenda setempat ada buaya siluman yang melindungi danau tersebut. Terlebih lagi, pada zaman dulu Danau Tolire besar merupakan tempat penyimpanan harta Sultan Ternate. Harta tersebut disembunyikan di dasar Danau Tolire besar, sehingga aman dari incaran Portugis pada abad ke-15.

10. Danau Tolire Kecil

danau_tolire_kecil__1__R01.jpgDanau Tolire Kecil (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Ada 2 danau Tolire di Ternate, yaitu Danau Tolire Kecil dan Danau Tolire Besar. Memang Danau Tolire Besar lebih populer dan indah, tapi Danau Tolire Kecil tetap tak boleh dilewatkan. Jarak di antara keduanya pun tak jauh, hanya sekitar 200 meter dan berjarak kira-kira 10 km dari pusat kota Ternate. Danau Tolire Kecil letaknya di dekat laut sehingga kita bisa mengambil foto berlatar laut dan danau sekaligus.

11. Masjid Kesultan Ternate

masjid_ternate_fgn.JPGMasjid Kesultanan Ternate (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Masjid Kesultan Ternate adalah masjid pertama di Ternate dan terbesar pada zamannya, yaitu sekitar abad ke-17. Masjid ini terletak di Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio. Masjid ini juga menjadi bukti berdirinya Kesultanan Islam di Ternate.

12. Keraton Kesultanan Ternate

keraton_V1t.JPGKeraton Kesultanan Ternate (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Seperti yang kita ketahui, dulunya Ternate juga berbentuk kesultanan dan memiliki keraton. Kini kita bisa melihat peninggalan-peninggalan Kesultanan Ternate di Museum Kedaton Sultan Ternate yang dulunya merupakan keraton.

13. Pemandangan Uang Kertas Rp1.000

uang_1000_dvw.JPGPemandangan Uang Kertas Rp1.000 (c) Nadia Farah Lutfiputri/Travelingyuk

Coba lihat lagi gambar di balik pahlawan Pattimura di uang kertas Rp1000 yang kita miliki. Akan terlihat gambar 2 bukit atau gunung dengan perahu nelayan di depannya. Lalu di samping kiri atas ada tulisan Pulau Maitara dan Tidore. Pemandangan kedua pulau itu yang terdapat di uang kertas seribu bisa kita lihat secara langsung dari Ternate dengan pemandangan yang jauh lebih indah tentunya.

Nah, apakah kini tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut?
Next

ramadan

Gultik Kuliner Legendaris Blok M Jakarta Selatan

4 Kelaq Legendaris, Makanan Favorit Nusa Tenggara Barat yang Bikin Nagih!