in , , , ,

Kue Khas Ramadan di Banjarmasin, Hanya Ada di Bulan Puasa

fi kue khas banjar

Sambil menunggu waktu berbuka enaknya ngabuburit mencari kue khas Ramadan di Banjarmasin. Hanya ada saat bulan puasa dan selalu diburu masyarakat sekitar. Berikut 4 daftar kue tradisional lezat untuk membatalkan puasa saat azan berkumandang. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga : 5 Kebun Bunga Instagenic Bali, Kapan Mau Foto-foto di Sini?

1. Masubah

masubah
Ilustrasi via instagram miarhedha

Pertama ada kue masubah yang memiliki bentuk unik seperti rebana, terbuat dari telur bebek, mentega, tepung, vanili, hadas manis dan kayu manis. Kue ini disajikan hanya saat bulan Ramadan. Teman Traveler dapat menemui kue ini pada pasar atau toko kue sekitar di Banjarmasin.

2. Ipau

ipau
Ilustrasi via instagram bingka_faizahthalib

Selanjutnya ada ipau, kue gurih hanya ada saat Ramadan ini terdiri dari lapisan tipis lempengan tepung yang berisi daging dan sayur. Bagian atasnya ditaburi daun seledri serta bawang goreng. Biasanya ipau dimakan dengan saus santan kental sehingga semakin gurih dan lezat.

Teman Traveler dapat membeli kue ini di Kue Ipau Umi Youmna berlokasi di Jalan Antasan Kecil Barat No.35, Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

3. Sarimuka

sarimuka
Ilustrasi via instagram foodrecipesindonesia

Berikutnya ada sarimuka kue khas Banjar yang memiliki bahan dasar gula merah dan ketan. Dengan dua bagian, lapisan pertama yaitu gula merah bertekstur lembut dan manis, lapisan kedua adalah ketan putih. Rasanya sangat seimbang manis legit serta tawar dari ketan.

Kue ini bisa didapatkan pada toko kue di Banjar salah satunya pada toko Wadai Basumap Hj Patiah yang berlokasi di Jalan Kelayan B, Gg. H. Anang Acil, Rt.01, No.76, Kelurahan Kelayan Tengah, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan.

4. Kararaban

kararaban
Ilustrasi via instagram willskitchen_3c

Kemudian ada Kararaban mempunyai rasa dan aroma rempah yang kuat dari kayu manis serta adas, rasanya manis gurih. Kue yang paling dirindukan dan menjadi primadona saat buka puasa tiba.

Teman Traveler bisa mendapatkan kue ini pada pasar atau toko kue sekitar kota Banjar atau menuju Pasar Induk Amuntai di Jalan Abdul Aziz, Antasari, Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Di sini ada berbagai macam wadai atau kue tradisional khas Banjar.

Demikian ulasan 4 daftar kue khas Ramadan di Banjarmasin yang selalu dinantikan masyarakat Banjar. Next

ramadan
Pantai Gondo Mayit

Gondo Mayit, Wisata Pantai Eksotis di Blitar

fi shrewsbury prison

Bermain Escape Room Dalam Penjara Sungguhan di Shrewsbury Prison Inggris