in , , , ,

Ini Lho 4 Resep Es Super Segar, Pas untuk Buka Puasa

Bulan Ramadan memang menjadi dambaan bagi setiap umat muslim seluruh dunia. Banyak sekali persiapan yang biasa dilakukan oleh muda mudi dan terutama ibu ibu untuk persiapan buka puasa. Nah, Saat menjelang Maghrib, minuman es seringkali menjadi pilihan tepat untuk buka puasa. Selain berfungsi memuaskan dahaga, rasa es yang manis dan memiliki beragam rasa membuat tenggorokan menjadi lebih lega setelah seharian menahan lapar dan haus.

Baca juga : Biar Seninmu Gak Jadi Malapetaka, Lakukan 5 Hal ini Saat Weekend

Salah satu sajian penyegar dahaga saat bulan ramadan. Foto via travelclub.com

Berikut adalah beberapa resep es sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain murah, resep es di bawah ini juga dijamin lebih sehat karena buatan homemade sendiri. Apa saja? Yuk, teman traveler ikut menyimak.

Es Blewah

Salah satu buah yang datang menggunung dipasaran saat bulan ramadan adalah blewah. Buah mirip labu ini menjadi pilihan utama setiap kalangan untuk menu takjil. Cara buatnya pun sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan es batu, air, larutan gula dan serutan buah blewah saja. Cara membuatnya yakni didihkan air dan gula pasir dengan perbandingan 1 liter dengan gula secukupnya, beri vanili dan pewarna merah secukupnya.

Es Blewah menyegarkan saat buka puasa. Foto via sweettripindonesia.com

Setelah larut dan mendidih, angkat gula kemudian dinginkan. Taruh serutan buah blewah ke dalam gelas, beri gula dan es batu, kemudian tambahkan air secukupnya. Es blewah pun sudah siap disajikan. Resepnya mudah, kan?

Es Kelapa Muda

Buah kelapa muda bukan hanya berfungsi sebagai obat saja, buah ini memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Tak jarang, buah satu ini juga sering dijual oleh para pedagang di pinggir jalan, diolah menjadi es misalnya. Bahan yang kamu butuhkan adalah daging kelapa muda yang sudah dikerok, gula cair, dan es batu.

Es kelapa muda yang menyegarkan. Foto via kompas.com

Sama seperti sebelumnya, buatlah larutan gula dengan perbandingan 1 kg dengan 1 liter air atau secukupnya, berikan sedikit vanili dan daun pandan wangi yang sudah diikat. Dinginkan gula. Setelah itu, masukkan daging buah kelapa ke dalam gelas, berikan es batu, serta tambahkan air kelapa hingga memenuhi gelas.

Es Dawet

Kamu hanya membutuhkan cendol yang sudah siap saji, air gula jawa, santan, 2 lembar daun pandan, serta es batu yang sudah diserut. Pertama-tama, rebus gula jawa, gula pasir, dan air, aduk selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya, didihkan santan dengan menggunakan api kecil, jangan sampai pecah, tambahkan daun pandan agar semakin wangi. Angkat, kemudian saring.

Es dawet yang super menggiurkan. Foto via pikiranrakyat.com

Setelah semua bahan sudah matang, letakkan dawet ke dalam gelas, tambahkan juga gula merah cair dan es batu yang telah diserut tadi. Siram dengan kuah santan.

Es Buah Soda

Minuman Sprite kini tidak hanya diminum biasa saja, melainkan diolah menjadi beraneka macam minuman seperti es buah.  Kamu hanya membutuhkan daging kelapa, semangka, jelly, nata de coco, selasih, melon, apel, cincau, susu kental manis, sirup, dan tentu saja sprite.

Es buah soda yang menggiurkan dan pas saat buka puasa. Foto via primarasa.com

Letakkan semua buah, termasuk jelly, nata de coco, dan juga selasih ke dalam satu mangkok besar. Tuangkan secukupnya sprite dan tambahkan sirup dan susu kental manis sesuai selera. Aduk, dan berikan es batu agar semakin nikmat.

Bagaimana, resepnya sangat simpel kan? Yuk, segera coba resep di atas untuk menemani buka puasa, ya. Next

ramadan

Resep Seafood Saus Padang, Cocok Untuk Buka Puasa Bersama

Pasar Takjil Kota Malang di Serbu Pengunjung