in ,

5 Bandara Paling Ramah Lingkungan di Dunia, Promosikan Udara Bersih demi Segarkan Bumi

Aneka bandara hemat energi dan karbon demi dunia yang lebih baik

Seiring berjalannya waktu, kesadaran manusia untuk merawat lingkungan bumi makin tinggi. Beragam cara dilakukan demi mengurangi emisi karbon dan limbah yang berbahaya, salah satunya dengan membangun dan memodifikasi bandara paling ramah lingkungan di dunia. Di mana sajakah itu? Berikut 5 di antaranya!

Baca juga : Ikan Penis Sashiminya Orang Busan, Kudapan Anti Mainstream yang Bikin Penasaran

1. Denver International Airport, Denver, Colorado

Denver International Airport via Shutterstock

Berlokasi di Denver, bandara yang satu ini sudah menggunakan teknologi paling mutakhir untuk mewujudkan konsep ramah lingkungan. Dengan memanfaatkan energi terbaharukan seperti sinar matahari plus sistem pengelolaan sampah plastik yang modern semakin membuat Denver International Airport dinyatakan zero waste.

2. Helsinki-Vantaa International Airport, Finland

Helsinki-Vantaa International Airport via Shutterstock

Sejak dulu, Helsinki terkenal sebagai salah satu green city populer. Kota ini memiliki beragam taman kota, tempat bermain anak, hingga wahana rekreasi hijau. Hal tersebut juga berdampak pada bandara internasionalnya. Demi menunjang semangat ramah lingkungan, Helsinki-Vantaa International Airport menggunakan energi solar plus barang-barang daur ulang.

3. Dubai Airport, Dubai, UAE

bandara paling ramah lingkungan di dunia
Dubai Airport via Shutterstock

Siapa yang tidak tahu Dubai? Kota yang terkenal dengan kemegahan dan kemewahannya bak istana sultan ini ternyata juga memiliki komitmen kuat terhadap konsep green city. Kebijakan ramah lingkungan tersebut sudah berlaku di bandara, dengan menerapkan sistem pengairan air yang efisien namun tetap hemat plus pengiritan daya listrik maksimal

4. Munich International Airport, Germany

bandara paling ramah lingkungan di dunia
Munich International Airport via Shutterstock

Jerman adalah salah satu green city terbaik di dunia. Hal ini juga berlaku di bandaranya. Dengan menggunakan material kaca di hampir setiap sudut bangunannya, Munich International Airport hendak memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan alami. Selain itu, lampu-lampu sudah diganti dengan teknologi LED untuk mengurangi emisi karbon.

5. Changi International Airport, Singapore

bandara paling ramah lingkungan di dunia
Changi International Airport via Shutterstock

Singapura ingin melanggengkan statusnya sebagai negara paling bersih dan hijau di dunia. Caranya adalah memodifikasi bandara secanggih mungkin sehingga hemat energi dan ramah lingkungan. Pantas saja, Changi International Airport dinobatkan jadi salah satu bandara paling eco-friendly di dunia.

Selain itu, desain dan arsitektur bangunannya memadukan keseimbangan alam dan energi, sangat cocok untuk merilekskan penumpang pasca penerbangan jauh. Pepohonan yang ditanam di sana pun semakin menambah betah para pengunjung.

Itulah tadi sederet bandara paling ramah lingkungan di dunia. Teman Traveler sudah pernah mengunjungi yang mana saja, nih? Semoga Indonesia bisa meniru bandara-bandara tersebut demi keberlangsungan ekosistem alam yang lebih baik. Next

ramadan

Bukit Bikekneno, Kagumi Alam Surgawi NTT nan Instagramable

5 Situs Sejarah Wajib Dikunjungi di 2020, Peninggalan Purbakala yang Melegenda