in , , ,

5 Gugusan Pulau Cantik Menghiasi Danau Toba

Pulau Tao dengan pepohonan kelapa yang menawan
Pulau Tao dengan pepohonan kelapa yang menawan

Berlibur ke Sumatera Utara pastinya tidak lupa dengan Danau Toba. Selain sebagai danau terbesar di Asia Tenggara, juga menyuguhkan bentangan alam yang sangat indah. Selain lanscape danau dan perbukitan yang indah, kamu akan fokus ke arah pulau pulau kecil dengan keindahan yang sulit kamu dapatkan ditempat lain. Pulau-pulau cantik ini menjadi pelengkap keindahan dari danau Toba.

Baca juga : Pantai Krakal, Sudut Mempesona di Gunung Kidul

Mungkin sebagian besar traveler belum tahu tentang keberadaan pulau-pulau kecil ini. Nah sebelum penasaran membuktikan langsung ke Danau Toba, cobalah simak ulasan berikut ini.

Pulau Samosir

Satu pulau ini pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga traveler. Pulau ini menjadi serbuan para traveler yang ingin menikmati danau Toba, hingga banyaknya hotel dan resort dengan pemandangan langsung arah danau. Kendati demikian, banyak wisata yang bakal kamu temukan didalam pulau ini.

Pulau Samosir Danau Toba
Pulau Samosir satu satunya pulau terbesar diarea Danau Toba. Foto via liputan6.com

Pulau Samosir merupakan pulau terbesar di area Danau Toba, luasnya mencapai 630.000 meter persegi dan menyuguhkan beberapa wisata terkenal seperti Air Terjun Efrata, Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Holbung, Desa Wisata Tomok, Menara Pandang Tele dan masih banyak lainnya.

Pulau Sibandang

Pulau Sibandang merupakan satu dari 16 Geosite dari Geopark Kaldera Toba dan merupakan pulau kedua terbesar di Danau Toba setelah Pulau Samosir. Soal keindahan pulau ini jangan diragukan lagi, bentangan pulau dengan panorama perbukitan mengitari danau Toba akan terlihat sungguh sempurna.

Pulau Sibandang dilihat dari perbukitan sisi Danau Toba
Pulau Sibandang dilihat dari perbukitan sisi Danau Toba. Foto via suarakarya.com

Sebagai pulau Geosit, sehingga pulau ini memiliki fasilitas yang memadai. Teman traveler yang penasaran akan keindahannya menjadi lebih nyaman ketika berlibur.

Pulau Tulas Siboro

Bagi penghobi fotografi, cocok sekali berkunjung ke Pulau Tulas Siboro. Pemandangan yang disuguhkan begitu menakjubkan. Panorama pulau dan danau Toba biasa digunakan sebagai background foto. Keunikan pulau Tulas Siboro ini berbeda dengan pulau lainnya, pulau ini hanya ditumbuhi rerumputan dan semak belukar saja. Sehinnga ketika kamu berada di Bukit Burung akan melihat pulau ini semakin cantik.

Pulau Talas Siboro dengan permukaan seperti padang savana
Pulau Talas Siboro dengan permukaan seperti padang savana. Foto via correcto.com

Jika kamu ingin menikmati dan petualang kedalam pulau ini, cukup menyewa sampan dengan biaya sewa sebesar Rp. 15.000 per orang.

Pulau Simamora

Pulau cantik ini berada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Luas area memang tidak begitu besar. Tampak kejauhan terlihat seperti gundukan saja yang dilengkapi dengan rerumputan yang indah. Sebagai gundukan dengan hamparan hijaunya rerumputan sangat cocok sebagai latar belakang untuk berfoto.

Pulau Simamora dengan hamparan rumput dan ilalang yang indah
Pulau Simamora dengan hamparan rumput dan ilalang yang indah. Foto via djawanews.com

Ketika cuaca cerah, kontrasnya warna biru danau Toba dengan hijaunya rerumputan pulau Simamora membuat pandangan semakin menawan. Pulau ini hadir akibat letusan gunung Toba lebih dari 75 ribu tahun yang lalu.

Pulau Tao

Bagi penyuka burung Bangau, rasanya cukup mendatangi pulau kecil nan cantik ini saja. Namanya Pulau Tao, sebuah pulau kecil yang cukup 10 menit kamu tempuh dari pulau Samosir. Keindahannya dipercantik dengan hadirnya pohon pohon kelapa yang menjulang tinggi, memberikan kesan hangat.

Pulau Tao dengan pepohonan kelapa yang menawan
Pulau Tao dengan pepohonan kelapa yang menawan. Foto via merahputih.com

Untuk kamu yang ingin healing, pulau Tao adalah jawaban terbaik. Kamu bisa berdiam diri sejenak menikmati lambaian nyiur diantara sepoi-sepoi angin yang menghembus, dan pastinya jauh dari hiruk piruk keramaian. Serasa pulau pribadi yang sungguh menakjubkan. Next

ramadan

Takjubnya Bukit Kapur Air Hitam, Wisata Keren di Pekanbaru

Gedong Kirtya sebagai museum penyimpanan lontar kuno

Gedong Kirtya Buleleng, Koleksi Lontar Satu Satunya di Dunia