in , , , , ,

2 Hari Jelajah Jogja? 5 Tempat Ini Bisa Jadi Pilihan Liburanmu

Makin kenal dengan Jogja, Maka makin sayang!

Kota Gudeg merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia yang memiliki pesona luar biasa menarik untuk dijelajahi. Mulai dari kuliner, destinasi wisata, hingga adat budaya yang masih terasa ketika jalan-jalan di Kota Jogja. Nah, kali ini Teman Traveler yang ingin liburan ke Jogja tapi dengan waktu yang tak lama. Berikut ini tempat wisata di Jogja yang bisa Teman Traveler kunjungi selama 2 hari. Simak ulasannya ya.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Candi Borobudur (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Kunjungan pertama di hari 1 adalah Candi Borobudur. Salah satu candi terbesar di Indonesia ini wajib untuk Teman Traveler kunjungi, paling tidak sekali seumur hidup. Lokasinya berada di Magelang, bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi umum yaitu bus. Bagi Teman Traveler yang tak ingin ribet, bisa sewa motor untuk menuju candi. Jika perjalanan dimulai dari Stasiun Tugu Jogja, bisa langsung menuju ke Magelang dan mengikuti petunjuk arah ke Borobudur.
Spot foto pemandangan di Candi Borobudur (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Spot foto pemandangan di Candi Borobudur (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Sesampai di lokasi, Teman Traveler akan dikejutkan dengan kemegahan candi ini. Ketika mengelilinginya, Teman Traveler bisa melihat detail pahatan yang ada di dinding dan detail patung budhanya sekaligus. Jika diperhatian, sepanjang dinding candi terdapat pahatan yang memiliki sebuah cerita. Tak hanya itu saja, setiap sudut bangunan candi juga sangat instagenic, apalagi saat berada dipuncak candi.

2. Gumuk Pasir Parangtritis

Spot foto rerumputan di Gumuk Pasir Parangtritis (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Spot Foto Rerumputan di Gumuk Pasir Parangtritis (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Destinasi selanjutnya adalah Gumuk Pasir yang berada di Pantai Parangtritis. Cukup jauh memang dari Borobudur ke Parangtritis, tapi jarak tak menjadi penghalang untuk berburu sunset di pantai ini. Di Gumuk Pasir ada banyak spot foto seperti ayunan, gapura atau tower bambu. Selain itu, Gumuk Pasir juga dikelilingi rumput liar yang bisa jadi spot foto antimainstream. Bisa juga foto dengan mobil jeep yang sangat iconic.
Gumuk Pasir Parangtritis (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Gumuk Pasir Parangtritis (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Pemandangannya sungguh indah memang, tapi kalau ke Gumuk Pasir tak mampir ke Pantai Parangtritis, rasanya kurang lengkap. Sembari istirahat dan menghilangkan rasa lelah setelah lama diperjalanan, Teman Traveler bisa bermain air di pinggir pantai karena ombaknya yang besar tak memungkinkan untuk dijadikan tempat berenang. Bisa juga berkeliling pantai dengan naik delman atau ATV. Duduk santai sembari mengunggu sunset juga asik loh.
Sunset di Pantai Parangtritis (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Sunset di Pantai Parangtritis (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Sepulang dari Pantai Parangtritis dan tiba di Kota Jogja pada malam hari, Teman Traveler bisa coba cari kuliner dipinggiran kota. Ada banyak kedai angringkan yang berjejer dipinggir jalan raya. Kuliner yang satu ini sangat digemari oleh semua orang.
Angkringan di Jogja (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Angkringan di Jogja (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk

Selain harganya murah meriah, cita rasa makanan yang mereka suguhkan juga tak mengecewakan. Menu makannya juga beragam, seperti mendoan, nasi kucing, sate kerang, sate usus, sate telur puyuh dan masih banyak lagi yang lainnya. Sangat cocok dijadikan tempat nongkrong dan ngobrol bersama teman atau sahabat.

Baca juga : Bermain Air di Wisata Alam Capolaga Subang

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Candi Prambanan (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk

Destinasi wisata Jogja di hari ke 2 adalah Candi Prambanan. Peninggalan sejarah yang berada di Sleman ini juga merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia. Berbeda dengan Candi Borobudur yang terkesan akan kemegahan, Candi Prambanan ini selain megah, bangunannya tampak lebih elegan dan cantik. Disetiap bangunan candinya memiliki pahatan yang menceritakan tentang dewa-dewa yang diyakini oleh umat Hindu.

Spot sudut Candi Prambanan (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Spot sudut Candi Prambanan (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Di setiap sudut bangunan candi juga instagenic. Apalagi berkunjung saat sore hari, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan sunset yang mempesona. Selain itu ada juga pertunjukan tari tradisional saat malam hari. Bagi Teman Traveler yang hobi foto, waktu yang tepat datang ke Candi Prambanan adalah weekday. Karena saat weekend, tempat wisata ini akan banyak sekali yang kunjungi, sehingga sedikit susah untuk mendapatkan spot foto bagus dan tak banyak orang berlalu lalang.

4. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Candi Ratu Boko (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk

Masih berada di satu kabupaten dengan Candi Prambanan, Candi Ratu Boko memang sangat pas dijadikan tempat untuk berburu sunset yang cantik. Letaknya yang berada di atas bukit membuat pemandangan disekitar candi semakin indah.

Sunset di Candi Ratu Boko (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Sunset di Candi Ratu Boko (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler instagramer, ada banyak sekali spot foto bagus untuk mempercantik timeline akunmu. Mulai dari kafe yang berada di dekat pintu loket hingga taman yang ada disekitar candi dapan menjadi tempat yang pas untuk bercengkrama bersama teman. Next

5. Malioboro

Jalan - jalan di Malioboro (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Jalan-jalan di Malioboro (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Nah, destinasi wisata terakhir yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Jalan Malioboro. Bagi Teman Traveler yang pulang menggunakan kereta, wisata ini sangat wajib dikunjungi. Jalan-jalan menyusuri Jalan Malioboro sembari menunggu kedatangan kereta pulang adalah kegiatan wisata yang santai dan asik.
Delman di Malioboro (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Delman di Malioboro (c) Hafiz Nur Lekseptian/Travelingyuk
Lebih asik lagi kalau Teman Traveler coba berkeliling dengan naik delman, pasti menjadi kesan tersendiri dengan menaiki alat transportasi jaman dulu yang kini sudah jarang ditemukan. Malioboro dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Jogja dan wisata kuliner juga. Akhir pekan, banyak pengunjung yang datang utnuk mencari street photograpy, tempat ini juga cocok dijadikan tempat sebagai tempat hunting.
Itulah beberapa tempat wisata di Jogja yang bisa Teman Traveler kunjungi dalam waktu 2 hari. Bagi Teman Traveler yang ingin coba atau berencana berkunjung ke Kota Gudeg selama 2 hari, beberapa tempat wisata di atas bisa jadi referensi liburanmu di Kota Jogja. Selamat berlibur!
ramadan

Loodst Coffee & Resto, Kafe Nyaman Harga Bersahabat di Mojokerto

Gunung Andong, Perisai Menawan di Tanah Magelang