in , ,

5 Tujuan Traveling di Asia Tenggara, Meski Puasa Tetap Mudah Mencari Menu Berbuka

Masjid Apung Melaka, via instagram

Salah satu kekhawatiran traveler muslim saat bepergian ke negara lain adalah mengenai ketersediaan makanan halal, apalagi di bulan puasa seperti sekarang. Bukan berarti pula kekhawatiran tersebut menghalangi niat untuk pergi berlibur. Faktanya sekarang banyak dijumpai rumah makan halal di negara non-Islam sekalipun.

Baca juga : Spot Berburu Lumpia di Jogja, Kudapan Rasa Juara yang Jadi Idola

Baca Juga : 4 Desa di Dunia yang Dihuni Penduduk Super Unik

Untuk wilayah Asia Tenggara sendiri bukan hal yang sulit untuk menemukan makanan halal. Bahkan negara dengan muslim minoritas seperti Thailand sekalipun banyak menyediakan restoran halal sehingga traveler muslim tidak perlu khawatir jika berlibur ke sana. Dilansir Travelingyuk dari situs SkyScanner, inilah 5 tujuan traveling di Asia Tenggara yang jika dikunjungi pada bulan puasa traveler tetap mudah mencari menu berbuka.

1. Singapura

Singapura dikenal sebagai surga belanja di Asia Tenggara. Negara kecil ini pula terkenal sangat maju dan modern yang dibuktikan dari berderetnya bangunan pencakar langit yang hampir memenuhi seluruh wilayahnya. Penduduk yang tinggal di dalamnya pun sangat heterogen dari berbagai latar belakang agama.

Masjid Sultan, via instagram
Masjid Sultan, via instagram

Posisinya yang dekat membuat negara ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga Indonesia. Alasan lainnya tentu tak lepas dari mudahnya menemukan makanan halal di negara tersebut. Jika traveling ke Singapura saat bulan puasa seperti sekarang traveler muslim tidak perlu bingung mencari menu berbuka yang halal. Sebab aneka menu makanan halal bisa traveler jumpai di area Bugis Street, Busarah Street, dan Arab Street.

2. Banda Aceh, Indonesia

Di bulan puasa ini mungkin destinasi wisata dalam negeri yang paling pas untuk dikunjungi adalah Banda Aceh. Daerah ini dihuni oleh penduduk mayoritas beragama Islam dengan sistem pemerintahan yang islami pula terbukti dengan diberlakukannya hukum Islam di daerah tersebut. Tak heran jika Aceh mendapatkan julukan sebagai “Serambi Mekkah.”

Masjid Agung Baiturrahman, via instagram
Masjid Agung Baiturrahman, via instagram

Aceh memiliki banyak pilihan tempat wisata keren yang tak kalah dari Bali. Traveler bisa mengunjungi Masjid Agung Baiturrahman sekaligus beribadah di sana. Masjid ini sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata religi yang populer. Yang terpenting lagi adalah tidak susah mencari makanan halal di daerah ini.

3. Kuala Lumpur, Malaysia

Malaysia juga menjadi salah satu daftar tujuan wisata yang sangat ramah bagi traveler muslim. Selain posisinya yang dekat dengan Indonesia, negara ini memiliki kemiripan budaya karena masih satu rumpun yaitu Melayu. Dengan banyak kesamaan inilah traveler muslim tidak perlu takut untuk liburan ke Malaysia pun juga tak perlu mengkhawatirkan masalah makanan.

Masjid Apung Melaka, via instagram
Masjid Apung Melaka, via instagram

Mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam, makanan halal cukup mudah dijumpai di sana. Apalagi negara ini mempunyai banyak bangunan masjid dengan arsitektur yang indah yang bisa traveler jadikan rekomendasi untuk dikunjungi. Sebut saja Masjid Putrajaya dan Masjid Melaka yang terapung di Selat Malaka. Kedua masjid itu sungguh indah dan bikin siapa saja terkagum-kagum.

4. Pa Tong, Thailand

Kawasan Phuket, Thailand dikenal sebagai pusat pesta malam yang liar yang sama sekali terlihat tidak ramah buat traveler muslim apalagi dikunjungi saat bulan Ramadan. Tapi ternyata tidak semua kawasan di Phuket itu hanya untuk dinikmati traveler non-muslim. Coba saja datang ke kawasan Pa Tong, daerah ini dikenal cukup ramah menjamu turis muslim.

Kawasan Pa Tong, via instagram
Kawasan Pa Tong, via instagram

Sebagai indikatornya, di Pa Tong banyak berdiri restoran dan rumah makan halal. Jumlahnya tidak sedikit dan cukup mudah dikenali karena setiap restoran yang menjual makanan halal akan memajang papan besar bertuliskan “halal food.” Nah tidak ada alasan untuk tidak liburan dan menikmati keindahan alam di Phuket meski bulan Ramadan kan? Mungkin satu-satunya ujian buat traveler muslim di sana adalah pemandangan traveler lain yang memakai pakaian serba terbuka.

5. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam memang bukan pelaku pariwisata yang besar di kawasan Asia Tenggara. Namun di situlah letak kelebihannya, traveler bisa leluasa menjelajahi setiap sudut negara ini tanpa harus rebutan dengan traveler lain. Apalagi negara ini memiliki kultur yang hampir sama dengan Indonesia dijamin bakal betah dan mudah beradaptasi saat harus menginap di dalamnya.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, via instagram
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, via instagram

Salah satu tujuan yang populer di Brunei adalah ibukotanya, Bandar Sri Begawan. Di kota ini banyak terdapat bangunan keren salah satunya masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Masjid yang begitu indah dengan replika perahu di depannya yang berada di dalam kolam. Selain itu negara Brunei juga memiliki kuliner yang lezat dan suasana yang lebih tenang. Nah, jika punya kesempatan liburan di bulan puasa ini, negara mana yang kamu pilih? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Orang Pacitan Ngabuburitnya di 10 Tempat Ini

Deretan Api Abadi di Seluruh Dunia, Indonesia Juga Punya!