in , , ,

Cantiknya Air Terjun Asin Pantai Nambung, Destinasi Unik Pulau Lombok

Air terjun tengah laut dikawasan Pantai Nambung Pulau Lombok
Air terjun tengah laut dikawasan Pantai Nambung Pulau Lombok

Tidak salah jika pulau Lombok menjadi banyak kunjungan turis mancanegara dari berbagai negara. Banyak destinasi wisata alam pulau Lombok begitu memukau. Mulai dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang populer dikalangan pendaki nusantara dan dunia, kawasan gugusan pulau Gili Trawangan, Gili Kondo, pesisir pantai Selatan Lombok seperti bukit Merese, Mandalika, dan pantai-pantai eksotis lainnya. Salah satunya adalah Pantai Nambung.

Baca juga : Tak Hanya di Pasuruan, Ini Masjid Cheng Ho yang Tersebar di Indonesia

Air terjun tengah laut dikawasan Pantai Nambung Pulau Lombok
Air terjun tengah laut dikawasan Pantai Nambung Pulau Lombok. Foto via getlostid.com

Pantai Nambung menjadi destinasi primadona ketika berkunjung ke pulau Lombok. Pantai ini sempat booming ditahun 2013 menjadi pilihan wisata hits karena keunikannya. Nah, apa saja sih keunikan dari Pantai Nambung Lombok ini?

1. Air Terjun Asin Tengah Laut

Mungkin sedikit aneh jika air terjun terasa asin. Bagaimana tidak, air terjun ini tercipta dari ombak samudra yang besar memecah karang besar sehingga membentuk air terjun dari air laut yang indah. Keuinikan ini menjadi daya tarik utama banyak traveler. Ombak besar ini hingga melampaui karang yang tinggi dan air menyusuri atas karang kemudian jatuh disisi lainnya hingga membentuk semacam air terjun.

Berenang diantara kubangan air terjun dari ombak besar samudera
Berenang diantara kubangan air terjun dari ombak besar samudera. Foto via kintamani.id

Besarnya ombak ini lantaran pantai Nambung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dan menjadi lokasi peselancar para turis yang hobi selancar. Namun tetap berhati-hati bila berenang dikawasan pantai Nambung karena arus ombak yang besar dan membahayakan. Bagi kamu yang ingin diving, kamu dapat melihat biota terumbu karang pantai Nambung yang indah. Pantas saja banyak turis berdatangan ke pantai ini

2. Pasir Putih Nan Lembut dan Bersih

Berlibur ke pantai rasanya tidak lengkap bila tidak bermain p[asir pantai. Apalagi kondisi pasir pantai Nambung sangat bersih, putih, dan lembut. Ada bagian pasir pantai yang sedikit lebih besar seperti butiran merica namun terasa sangat enak, cocok untuk dijadikan terapi telapak kaki. Bagi traveler yang membawa buah hati, pasir Pantai Nambung ini menjadi tempat bermain untuk membuat miniatur bangunan dari pasir.

Pasir pantai Nambung yang lembut juga kasar bisa digunakan sebagai terapi telapak kaki
Pasir pantai Nambung yang lembut juga kasar bisa digunakan sebagai terapi telapak kaki. Foto via jejakpiknik.com

Bagi kamu yang ingin merasakan terapi diatas pasir, sebaiknya melepaskan alas kaki agar terasa lebih melekat dikaki.

3. Area Petani Rumput Laut

Selain menyuguhkan keindahan alam, pantai Nambung juga menjadi tempat budidaya rumput laut. Bahkan traveler bisa melihat secara langsung secara gratis dilokasi pembudidayaan rumput laut yang sangat subur. Pengalaman indah ini sepertinya tidak dapat kamu temukan di pantai manapun.

Budidaya rumput laut di Pantai Nambung Lombok
Budidaya rumput laut di Pantai Nambung Lombok. Foto via lombokbaratkab.go.id

Menariknya, petani ini biasanya menjelaskan dengan detail tentang budidaya rumput laut dengan cuma-cuma. Dan sebelum emninggalkan lokasi Pantai Nambung, sebaiknya kamu membeli beberapa rumput laut untuk oleh-oleh dirumah dan pastinya berkondisi segar karena langsung diambil dari laut.

4. Fasilitas Pengunjung Pantai Nambung

Bebatuan dan karang yang indah dengan hantaman ombak besar samudera
Bebatuan dan karang yang indah dengan hantaman ombak besar samudera. Foto via pantainesia.com

Fasilitas yang ditawarkan di Pantai Nambung ini sudah mulai banyak penginapan dan warung serta resto dipesisir pantai. Dekat dengan ruang loket tiket, terdapat beberapa toilet serta beberapa gazebo untuk peristirahatan pengunjung. Disana juga tersedia beberapa warung penjual oleh-oleh khas Lombok seperti cindera mata dan camilan khas lombok seperti dodol rumput laut.

5. Alamat, Tarif Tiket, dan Akses Menuju Pantai Nambung

Penasaran kan dengan keindahan pantai Nambung? Pantai ini berlokasi di Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan kurang lebih sekitar 50 kilometer dari pusat kota Mataram. Selama perjalanan kamu akan disuguhkan akan indahnya pemandangan perbukitan dan beberapa pandangan gugusan pulau kecil seperti Gili Sekotong, Gili layar, Gili Nanggu dan gugusan pulau indah lainnya.

Ombak besar menghantam karang pantai Nambung salah satu penyebab terjadinya air terjun asin
Ombak besar menghantam karang pantai Nambung salah satu penyebab terjadinya air terjun asin. Foto via alber.com

Tarif tiket masuk ke pantai Nambung ini hanya bermodal Rp. 10.000 per orang dan pastikan kendaraanmu terparkir dengan aman. Kadang disekitaran pantai ini tidak ada penjaga untuk parkir. Namun jam operasional pantai Nambung ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WITA. Next

ramadan
29 Januari Hari Arak Bali

29 Januari Ditetapkan Sebagai Hari Arak Bali, Apa Maknanya?

Lereng Anteng Panoramic Coffee

Takjubnya Wisata Kuliner Di Cafe Kekinian Lereng Anteng Panoramic Coffee