in , , ,

Air Terjun Bibinoi, Sejuknya Dua Air Terjun di Tengah Hutan Belantara Maluku Utara

Air Terjun Bibinoi di Maluku Utara memiliki keindahan alam yang masih terjaga, suasana asri, dan begitu sejuk. Cocok untuk melegakan pikiran di kala suntuk.

Air Terjun Bibinoi

Maluku Utara memiliki berbagai destinasi wisata yang beragam, mulai dari wisata sejarah hingga alam. Setiap wisatanya punya keindahan dan keunikannya masing-masing. Seperti Air Terjun Bibinoi yang ada di Pulau Bacan, Maluku Utara. Masih asri dan begitu segar, sayang banget deh kalau nggak mengunjungi air terjun ini dengan sedikit berpetualang!

Baca juga : Tracking ke Sumber Pitu Pujon Kidul, Bonusnya Dua Coban Cantik yang Tersembunyi

Lokasi Air Terjun Bibinoi

Air Terjun Bibinoi
Foto via Instagram

Air Terjun Bibinoi terletak di Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Dari ibu kota Halmahera Selatan, Labuha, kamu harus menempuh waktu sekitar lebih dari 1 jam. Jalanan yang tak begitu mulus, mengharuskanmu menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor atau kendaraan sport.

Air Terjun Giwe Marahai

Tempat ini juga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Giwe Marahai, yang berarti air terjun yang indah dalam bahasa Tabelo. Memang, air terjun ini menggambarkan keindahan potongan surga dunia.

Air Terjun Bibinoi
Foto via Instagram

Meski begitu, untuk mencapainya, kamu harus melewati kebun milik warga. Selain itu harus melewati 3 sungai, kemudian menelusuri jalan setapak yang agak menanjak lalu menurun. Barulah sampai ke sungai besar tempat jatuhnya air terjun dengan bebatuan berbagai ukuran.

Keindahan Air Terjun Bibinoi

Wisata Alam Maluku Utara
Foto via Instagram

Suasana sejuk akan menyambutmu sesampainya di kawasan air terjun. Tak heran, air terjun ini memang berada di tengah hutan dan masih terjaga kelestariannya. Air Terjun Bibinoi bertingkat di ketinggian 25 dan 20 meter. Membuatnya begitu eksotis. Belum lagi, ada 2 air terjun di kawasan yang sama. Hanya berjarak sekitar 150 meter, ada air terjun lain berasal dari sumber mata air yang sama.

Fasilitas dan HTM

Wisata Alam Maluku Utara
Foto via Instagram

Fasilitas yang ada di air terjun ini memang tak begitu banyak. Tapi kamu tak perlu bingung untuk mencari musala karena di sini tersedia musala yang bersih dan juga terdapat toilet. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, kamu hanya perlu membayar retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. 

Mengingat perjalanan yang tak mudah, sebaiknya kamu mempersiapkan segalanya dengan baik sebelum main ke air terjun ini. Bawalah bekal dan pakaian ganti. Datanglah sejak pagi saat cuaca cerah dan hindari saat musim hujan karena berkemungkinan jalan licin. Next

ramadan
Kue Manis Khas Mamuju

Kue Manis Khas Mamuju Sulawesi Barat, Cocok Buat Teman Teh Sore Hari

Hotel Tanpa Tembok dan Atap

Hampir 5 Juta Per Malam, Ini Lho Hotel Tanpa Tembok dan Atap