in , , , ,

Air Terjun Cunca Wulang, Cuilan Surga Tersembunyi di Tanah Flores

Siapa yang tidak mengenali pulau Flores? Sejuta panorama alam yang begitu memukau di Timur Nusa Tenggara ini kerap menjadikan pengunjung enggan untuk pulang. Hadirnya wisata populer Labuhan Bajo membuat banyak pengunjung ingin mengeksplore lebih dalam. Ada satu destinasi terbilang keren ini mulai didatangi banyak wisatawan lokal hingga mancanegara. Namanya Air Terjun Cunca Wulang, spot air terjun ini cocok untuk healing dikala pikiran mulau jenih dan terasa penat.

Baca juga : Simak Tips Lifestyle Travel Agar Bebas Tanpa Beban

Air Terjun Cunca Wulang dengan kolam hijau toska yang sangat menawan. Foto via tripadvisor.com

Biasanya, banyak wisatawan berkunjung ke air terjun Cunca Wulang ini setelah puas menikmati keindahan pantai-pantai di Labuhan Bajo. Jagan salah kira, pesonanya sungguh menawan. Sepanjang tahun, air terjun ini mengalirkan air jernih ke sebuah kolam tepat dibawah bebatuan terjal yang terbuat dari batuan kapur. Kolam muara air terjun ini dikelilingi oleh batuan kapur layaknya tebing-tebing tinggi. Sekilas, air terjun ini terlihat seperti Grand Canyon versi kecil dengan aliran sungainya berada diantara tebing bebatuan besar dan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan.

Bebatuan tebing pengapit sungai di Air Terjun Cunca Wulang. Foto via backpackerIndonesia.com

Aktivitas seru yang bisa kamu nikmati adalah berenang disungai layaknya kolam bawah air terjun. Kamu bisa memanjat dinding bebatuan yang mengapit sungai ini untuk melompat atau terjun bebas dari bebatuan yang memiliki ketinggian 6 meter. Meski ketika memanjat tidak licin dan tidak tajam, waspada dan hati hati tetap menjadi kunci utama. Tidak hanya itu, ketika musim kemarau harus mengetahui terlebih dahulu kedalaman sungai, karena air cenderung lebih dangkal dan dapat membentur dasar sungai.

Salah satu spot foto keren di bebatuan air terjun cunca wulang. Foto via phinemo.com

Nah, untuk teman traveler yang ingin melihat debit air terjun yang deras, cobalah datang ketika musim hujan tiba. Namun kolam sungai akan memiliki warna cenderung keruh. Ketika aktivitas renang seharian, rasa lapar begitu menghampiri, namun disekitar air terjun Cunca Wulang ini tidak tersedia warung, jadi teman traveler harus menyiapkan perbekalan terlebih dahulu ketika ingin berkunjung ke air terjun ini.

Salah satu jalur trekking menuju air terjun cunca wulang. Foto via nativeindonesia.com

Akses menuju lokasi air terjun sangatlah mudah, kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer dari kawasan Labuhan Bajo selama kurang lebih 1 jam. Setiba di Desa Wersawe, kamu akan menemukan gerbang pintu masuk air terjun Cunca Wulang. Tak cukup disitu, perjalanan menyusuri semak belukar dan persawahan serta padang rumput sekitar 2 kilometer. Perjalanan ini memakan waktu 1 hingga 2 jam perjalanan, namun panorama hijau dan suburnya persawahan serta naik turunnya perjalanan membuat suasana semakin mengasyikkan. Hingga berakhir di satu bukit yang harus didaki kurang lebih 10 menit pendakian dan bertemulah air terjun indah ini. Next

ramadan

Pantai Lhoknga, Surga Bagi Pemburu Sunset di Tanah Aceh

Nikmatnya Kopi Flores Kini Mulai Mendunia