in ,

Tujuh Air Terjun di Purbalingga, Pesonanya Bikin Tergila-gila

Air Terjun di Purbalingga yang Memiliki Pemandangan Cantik Jelita

Via Instagram dolan_cipaku
Via Instagram dolan_cipaku

Purbalingga merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang selama ini disebut sebagai Negeri Seribu Curug. Bukan tanpa alasan, ternyata hal tersebut memang didasarkan pada kenyataan. Di Purbalingga, banyak sekali destinasi wisata berupa air terjun cantik yang bisa menjadi alternatif liburan ketika bosan dengan perkotaan dan segala keramaiannya. Kali ini Travelingyuk akan mengulas beberapa air terjun yang cantik dan populer di telinga para pengunjung. Bisa jadi rekomendasi untuk dijelajahi ya.

Baca juga : 5 Tempat Nongkrong di Jogja yang Cakep Favorit Anak Muda

1. Curug Nini

Curug Nini, Via Instagram poetrawibowo
Curug Nini, Via Instagram poetrawibowo

Berlokasi di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Curug Nini memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja. Uniknya, di bawah air terjun ada kolam yang cukup lebar dengan air yang sangat jernih. Jadi, kamu bisa mandi dan berenang sepuas hati. Bisa dibilang, karena memiliki daya tarik yang istimewa dan akses sudah baik, air terjun satu ini cukup banyak dikunjungi saat musim liburan tiba.

2. Curug Tempuran

Curug Tempuran, Via Instagram dhody_sableng
Curug Tempuran, Via Instagram dhody_sableng

Air terjun cantik selanjutnya yang berada di Purbalingga adalah Curug Tempuran. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Purbalingga. Ini merupakan air terjun cantik dan memiliki air yang jernih. Kamu bisa berenang tapi jangan terlalu dekat dengan air terjun karena karena cukup dalam. Tak hanya menikmati keindahan air terjun saja, kamu juga bisa memancing ikan di Curug Tempuran ini.

3. Curug Ciputut

Curug Ciputut, Via Instagram allenpradytasc
Curug Ciputut, Via Instagram allenpradytasc

Curug Ciputut juga termasuk salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di Purbalingga. Lokasinya berada di Desa Talagening, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Ketinggian air terjunnya sendiri mencapai 30 meter, panorama di sekitarnya masih sangat asri dan alami. Uniknya, jika air terjun lainnya memiliki jalan berupa jalan undakan tanah, tapi di sini justru menuruni tangga besi vertikal.

4. Curug Penisihan

Curug Penisihan, Via Instagram eira_arie4321
Curug Penisihan, Via Instagram eira_arie4321

Destinasi wisata air terjun yang memiliki panorama elok lainnya adalah Curug Penisihan. Tempatnya berada di Desa Palumbungan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Ketinggian air terjunnya mencapai 30 meter. Sebagai informasi, karena kondisi airnya cukup dalam, berhati-hatilah saat mandi di Curug Penisihan ini ya.

5. Curug Silintang

Curug Silintang, Via Instagram adit_alm
Curug Silintang, Via Instagram adit_alm

Curug Silintang berada di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Curug satu ini memiliki ketinggian mencapai 75 meter. Destinasi wisata di Purbalingga satu ini memiliki dua tingkatan, dan dua-duanya bisa untuk mandi. Tapi perlu untuk berhati-hati juga lantaran keduanya cukup tinggi. Mitosnya, di lokasi ini sering ada bidadari yang turun dari langit untuk mandi.

6. Curug Nagasari

Curug Nagasari, Via Instagram fattim
Curug Nagasari, Via Instagram fattim

Curug Nagasari juga merupakan air terjun di Purbalingga yang tinggi, mencapai 75 meter lebih. Curug ini berada di Desa Wisata Tanalum, Rembang. Panorama utama di sini air terjunnya yang cantik dengan bebatuan warna hitam yang mempesona. Satu hal lagi, lokasi satu ini sering menjadi tempat canyoning. Lokasinya cantik dan bisa beraktivitas seru. Kamu perlu main ke sini ya.

7. Curug Gogor

Curug Gogor, Via Instagram mufkun
Curug Gogor, Via Instagram mufkun

Ada juga Curug Gogor yang terdapat di Desa Wisata Tanalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Lokasi ini sering menjadi jujukan untuk mereka yang ingin melakukan kegiatan seperti halnya rappeling dan juga canyoning. Dengan biaya yang murah, kamu sudah akan mendapatkan pemandu, alat-alat dan juga fasilitas. Tapi nih, bagi kamu yang tidak terlalu suka kedua aktivitas di atas, bisa sekedar befoto-foto di sekitaran lokasi.

Itulah tujuh air terjun cantik yang berada di Pubalingga. Menurutmu mana lagi ya air terjun yang memiliki panorama memukau di Purbalingga? Yuk jawab di kolom komentar, biar Purbalinggamu makin tenar. Next

ramadan

Es Kepal Milo Viral, Begini Sindiran Netizen yang Bikin Ngakak

Via Instagram iffahipehh

Kuliner Citarasa Asam Gurih di Indonesia, Segar-segar Bikin Nagih