in , ,

Keindahan Tersembunyi di Air Terjun Katasa Simalungun

Akhir pekan merupakan waktu terbaik untuk berlibur menikmati pesona alam yang begitu indah dan mengesankan. Salah satunya mengunjungi air terjun, memandangnya saja sudah sangat nikmat rasanya, apalagi turut bermain dan merasakan langsung kesegaran airnya. Salah satu air terjun yang indah dan wajib dikunjungi adalah Air Terjun Katasa.

Baca juga : 5 Tur Wisata yang Anti Mainstream Untuk Anak Muda

Air Terjun Katasa terletak di Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Simalungun, Sumatera Utara. Air terjun ini tidak jauh dari Air Terjun Tonduhan. Jarak air terjun dari Pematangsiantar sekitar 25 km yang memakan waktu perjalanan kurang lebih satu jam. Teman Traveler harus menuju Tanah Jawa dahulu kemudian Hatonduhan, lalu menuju Nagori Bayu Bagasan. Setelah itu baru memasuki area perkebunan kelapa sawit PTPN. Karena memang letaknya di antara perkebunan PT dan warga.

Setelah sampai di lokasi parkir, tinggal melanjutkan perjalanan beberapa menit menuju Air Terjun Katasa melalui jalur yang telah disediakan. Jalur tersebut berada di tepi Sungai Turunan, dilengkapi pemandangan cantik membuat sisa perjalanan menjadi mengasyikkan dan melupakan kelelahan. Di dinding-dinding sungai terdapat aliran air terjun mengalir di sela bebatuan.

Air terjun kembar yang menakjubkan. Foto via bocahudik.com

Air terjun ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan baik. Keindahan Alamnya yang masih natural dan keasrian tempatnya masih terjaga. Nuansa alami, hawa sejuk serta udara segar dapat Teman Traveler rasakan. Air Terjun Katasa sering disebut sebagai Air Terjun Kembar. Karena memang air terjun ini mempunyai 2 aliran air terjun. Aliran tersebut berasal dari 2 aliran sungai, yaitu Sungai Turunan dan Sungai Balah. Kedua aliran tersebut berada di tempat yang sama, keunikannya berada dikedua alirannya tidak menyatu karena terpisah beberapa meter.

Salah satu jembatan unik diatas air terjun yang menakjubkan. Foto via backpackersejarah.com

Keunikan lain dari Air Terjun Katasa adalah keberadaan pulau pasir yang berada di dekat kolam air terjun. Pulau pasirnya berwarna putih seperti di pantai-pantai. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk bersantai menikmati keasrian alamnya. Terdapat goa kecil di sebelah kiri air terjun ini. Goa tersebut lantainya berlapis putih lembut. Teman Traveler bisa beristirahat di sini. Tentunya akan semakin seru jika bersama teman-teman sembari membakar ikan dan bersenda gurau.

Salah satu pulau berpasir putih dibawah air terjun. Foto via pusatinfowisata26.blogspot.com

Selain goa, terdapat juga jembatan di atas Air Terjun Katasa. Jembatan itu merupakan bekas rel kereta api yang dicor beton dari jaman penjajahan Jepang. Jembatan tersebut sangat ekstrim, karena panjangnya hanya 100 meter, lebarnya 1 m dan tingginya 80 m, di bawahnya terdapat jurang air terjun. Bukan hanya ukurannya saja yang mini, tetapi di jembatan tersebut tidak ada pagar pengaman di kiri-kanan jembatan. Sangat memicu adrenalin. Next

ramadan

Melihat Objek Wisata Siargao Island, Pulau Terbaik di Dunia

Jalan Jalan ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Kota Ende