in , , ,

Indahnya Air Terjun Mata Jitu, Serpihan Surga di Tanah Sumbawa

Air Terjun Mata Jitu keindahannya begitu memukau
Air Terjun Mata Jitu keindahannya begitu memukau

Indonesia memang dikenal mancanegara dengan deretan wisata alamnya yang memukau. Hingga banyak diantaranya belum terjamah oleh banyak manusia. Tidak heran jika dikatakan sebagai surga tersembunyi yang ada diwilayah nusantara. Terlebih ketika traveler melipir ke area tengah Indonesia yang menyuguhkan pesona alam yang begitu estetik yaitu Air Terjun Mata Jitu tepat berada di tanah Sumbawa.

Baca juga : Pantai Oetune NTT, Gurun Pasirnya Cantik Luar Biasa

Air Terjun Mata Jitu keindahannya begitu memukau
Air Terjun Mata Jitu keindahannya begitu memukau

Nama mata jitu memiliki arti sebagai mata air yang jatuh. Uniknya air terjun ini jatuh di sungai yang mirip kolam dan aliran sungai memiliki air yang jernih sehingga kolam air alami dibawahnya memiliki warna hijau toska yang sangat indah. Belum lagi diselingi bebatuan kapur dengan warna terang menjadikan area air terjun sangat memukau.

Layaknya air terjun berundak dengan dinding seperti stalagmit
Layaknya air terjun berundak dengan dinding seperti stalagmit. Foto via pikiran-rakyat.com

Keindahannya menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara, bahkan air terjun ini merupakan salah satu destinasi satu satunya yang yang pernah dikunjungi oleh Putri Diana. Jadi tidaklah heran Air Terjun Mata Jitu dijuluki sebagai Queen Waterfall. Hiasan dinding tebing disekitar air terjun seperti stalaktit dan stalakmit berbagai ukuran menambah daya tarik tersendiri bagi traveler.

Air terjun Mata Jitu memiliki tiga buah undakan dengan tinggi sekitar tujuh meter dikelilingi oleh pepohonan menjadikan tampilan air terjun semakin asri dan sejuk. Keindahannya menjadikan air terjun ini sebagai salah satu bagian dari cagar alam Indonesia yang mana keelokan air terjun ini telah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Keindahan sisi luar air terjun mata jitu disekitaran pesisir pulau Moyo
Keindahan sisi luar air terjun mata jitu disekitaran pesisir pulau Moyo. Foto via disbubpar.ntbprov.go.id

Air Terjun Mata Jitu ini tepatnya berada di Labuan Aji, Labuhan Badas, Sumbawa Regency, Nusa Tenggara Barat. Kamu harus melakukan perjalanan terlebih dahulu ke Desa Ai Bari. Namun kamu harus melakukan penyeberangan ke Pulau Moyo dengan perahu nelayan kurang lebih dua jam perjalanan. Ketika sampai di Desa Labuan Aji, kamu bisa menyewa ojek motor kurang lebih 25 menit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 2 jam.

Meski terasa lelah, suguhan pemandangan selagi perjalanan sangatlah elok dan memukau. Dan lokasi air terjun sangatlah indah menjadikan pengalaman tersendiri ketika mencicipi keindahan air terjun Mata Jitu. Next

ramadan

Sendai Daikannon, Patung di Jepang yang Tampak Melayang dari Jalanan

Lincahnya Lumba-lumba berlarian disamping perahu nelayan

Serunya Bermain Bersama Dolpin di Pantai Teluk Kiluan