in , , ,

Serunya Bermain Bersama Dolpin di Pantai Teluk Kiluan

Lincahnya Lumba-lumba berlarian disamping perahu nelayan
Lincahnya Lumba-lumba berlarian disamping perahu nelayan

Berenang bersama lumba-lumba memang menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Seru dan asyiknya lumba-lumba akan memnemani banyak traveler ketika menceburkan diri diperairan Teluk Kiluan. Teluk Kilauan adalah obyek wisata bahari yang berada di Kabupaten Tanggamus Lampung dan menjadi surganya bagi para pemancing handal, karena tempat ini menjadi ajang perlombaan memancing se Indonesia.

Baca juga : Pesona Pantai Senggigi Lombok dengan Dermaga Berbentuk Cicak

Indahnya Teluk Kiluan dengan pasir putih yang lembut
Indahnya Teluk Kiluan dengan pasir putih yang lembut. Foto via irfahudaya.net

Lincah dan Akrabnya Lumba-Lumba dengan Nelayan

Keistimewaan Teluk Kiluan memang sudah terdengar hingga pelosok nusantara. Mulai dari lumba-lumba yang kian memunculkan diri dan menari bersama dengan para pengunjung juga biasa muncul beberapa paus hendak mencari makan. Sejatinya teluk Kiluan menjadi jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dengan tubuh abu-abu yang lebih besar. Yang kedua adalah lumba-lumba berparuh panjang (Stenella Longirostris) yang berukuran lebih kecil.

Lincahnya Lumba-lumba berlarian disamping perahu nelayan
Lincahnya Lumba-lumba berlarian disamping perahu nelayan. Foto via sahabatbahari.com

Akrabnya kedua lumba-lumba ini kerap muncul dengan jumlah yang cukup banyak menghiasi perairan Teluk Kiluan. Apalagi lumba-lumba sangat akrab dengan nelayan dan kerap mendekati perahu mereka yang sedang lewat dilautan lepas. Biasanya para lumba-lumba cantik ini hadir di pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB.

Laguna Guyau

Tidak hanya menikmati akrabnya lumba-lumba ketika mirasi, namun traveler juga disuguhkan keindahan alam lainnya berupa Laguna Guyau. Laguna cantik ini terletak di belakang Teluk Bukit Kiluan. Menuju spot laguna ini sangat dibutuhkan usaha dan perjuangan yang besar karena harus berjalan menampaki lereng karang sekitar 30 menit lamanya. Ada juga pemandu lokal yang bisa mengantarkanmu menuju Laguna Guyau dengan tarif Rp. 50.000 untuk pulang pergi agar lebih mudah dan dijamin aman.

Laguna Guyau di Teluk Kiluan yang sangat indah
Laguna Guyau di Teluk Kiluan yang sangat indah. Foto via triptrus.com

Tiket masuk laguna ini kamu hanya dikenai tarif sebesar Rp. 5.000 per orang. Meski perjalanan sangat melelahkan namun kamu bisa menikmati indahnya pantai yang penuh dengan bebatuan besar. Namun kamu harus ekstra waspada dan hati hati dengan datangnya ombak besar yang kerap menghantam bebatuan karang. Laguna Guyau seperti cekungan di tepi pantai dan dibatasi oleh dinding batu. Air lagunanya sangat jernih dan bersih dengan warna pirus. Kedalaman laguna bervariasi dari 1 hingga 3 meter, sehingga aman untuk berenang atau sekadar menyelam.

Biota Terumbu Karang Cocok untuk Snorkeling

Selain itu, teman traveler bisa menikmati indahnya terumbu karang diperairan Teluk Kiluan dengan cara snorkeling ataupun diving. Kamu bisa juga menikmati ikan kecil-kecil yang indah sembari berkejaran dengan lumba-lumba. Dan ketika badan sudah lelah, kamu bisa beristirahat dibawah pohon yang sejuk dengan alas pasir putih yang lembut dan bersih lengkap dengan pemandangan lautan lepas dan tebing sekitar yang indah.

Snorkeling ceria di Teluk Kiluan bersama dengan lumba-lumba
Snorkeling ceria di Teluk Kiluan bersama dengan lumba-lumba. Foto via yukpiknik.com

Lokasi Teluk Kiluan ini hanya 73 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Untuk berkunjung kesana cobalah mempersiapkan segala bawaan terutama logistik karena sekitaran wisata Teluk Kiluan sangat jauh dengan warung penjual makanan. Jadi, tunggu apalagi, segera rencanakan wisata mu ke Teluk Kilauan ya! Next

ramadan
Air Terjun Mata Jitu keindahannya begitu memukau

Indahnya Air Terjun Mata Jitu, Serpihan Surga di Tanah Sumbawa

Rental Mobil pulau Dewata

Eksplore Bali Dengan Mobil Sewaan? Lakukan 4 Tips Berikut!