in , , ,

Air Terjun Tingkat Tujuh Oehala, Surga Tersembunyi di NTT

Berbicara mengenai NTT memang bukan menjadi rahasia umum tentang keindahan alam yang tiada tara. Pesona alamnya memang patut untuk dijelajahi. Tak hanya pantai dan perbukitannya saja, ternyata masih banyak destinasi wisata Sumba yang tidak kalah indah dan menarik. Pulau Sumba ini juga dijuluki salah satu pulau terindah oleh majalah di Jerman. Dan banyak sumber nusantara yang mengklaim akan indahnya pantai yang berjejer di tanah NTT ini.

Baca juga : Alun-Alun Bawah Tanah Pertama di Indonesia Ada di Kota Ini

Air terjun Oehala dengan tingkat 7 yang epik di Pulau Timor. Foto via tempatwisata.pro

Alam Pulau Timor memang menyimpan jutaan keindahan yang dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan domestik bahkan mancanegara dari ujung dunia sekalipun. Atas keindahan yang dimilikinya membuat semua orang ingin mengunjungi kawasan pulau ini. Tak sepenuhnya tanah Timor terkenal dengan hawa panasnya, namun ada satu daerah yang bersuhu udara dingin dengan kabut tebal dipagi hari. Daerah tersebut adalah kota Soe, salah satu daerah di pulau Timor yang masih dijumpai hutan tropis yang rindang dan menyimpan satu destinasi wisata yang sungguh epik, yaitu Air Terjun Oehala.

Soe sama halnya kota Bandung dengan ketinggian 792 mdpl masih banyak ditemui perbukitan dengan hutan yang lebat yang saling bersambung. Menjadi daerah yang bersuhu dingin, dan pernah dimasanya sebagai penghasil buah apel dan jeruk. Sayangnya perkebunan apel beralih menjadi jeruk hingga sekarang. Keunggulan lain yang dimiliki Soe adalah air terjun Oehala, yang mengalir di rerimbunan hutan. Lokasi air terjun ini berada di Desa Oelbubuk, Mollo Selatan, Soe.

Seperti kolam tampungan yang bisa digunakan untuk berenang. Foto via http://ttskab.go.id

Dengan jarak tempuh sejauh 11 km dari pusat keramaian kota Soe dan sekitar 112 km dari kota Kupang. Jangan heran kalau akses menuju air terjun tersebut sangatlah susah, dan minim fasilitas. Namun jerih payah melewati berpuluh puluh anak tangga dengan menyusuri lebatnya hutan akan terbayar dengan sejuk dan segarnya air terjun yang membuat kamu para traveler enggan untuk meninggalkan secepatnya.

Jernihnya air yang mengalir di Air Terjun Oehala berasal dari Gunung Mutis, gunung paling tinggi di daratan Timor. Aliran air terjun ini memeiliki bentuk seperti kolam kecil yang dangkal berisi air jernih yang mengalir. Kolam ini biasanya digunakan pengunjung untuk menceburkan diri, menikmati sejuknya air terjun Oehala. Ditambah rindangnya pepohonan hijau yang menjulang memberi kesan asri dan sejuk.

Pepohonan tinggi di sekitar air terjun membuat suasana makin sejuk. Foto via instagram @sadewoz

Tak perlu khawatir untuk biaya tiketnya, air terjun Oehala gratis bagi siapapun yang mendatanginya. Namun untuk kamu yang membawa kendaraan sebelum masuk hutan titpkanlah di rumah warga di desa Oelbubuk dengan tarif suka rela. Dan bawalah makanan atau cemilan dari rumah, karena jangan harap mencari warung disekitar air terjun. Next

ramadan
fi bus gratis

Naik Bus Gratis ke Tempat Wisata di Palangka Raya

Pantai Bias Tugel Karangasem Bali, Pesona Laguna Kecil Yang Menakjubkan