in , , ,

Berikut Tips Menikmati Air Terjun Proklamator, Jangan Lupa Bawa Bekal!

Air terjun Proklamator yang asri dan menawan
Air terjun Proklamator yang asri dan menawan

Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan kawasan wisata alam yang melimpah ruah. Berbagai wisata bakal dengan mudah kamu temukan disetiap sudut pulau. Tak terkecuali pulau Sumatera, pulau paling barat Indonesia ini menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau, seperti halnya wisata alam air terjun Proklamator.

Baca juga : Savana di Air Terjun Pusung Buntung Malang

Air terjun Proklamator menjadi salah satu wisata yang baru ditemukan sekitar 2 tahun silam. Terletak di area wisata Lembah Anai Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Uniknya air terjun ini ditemukan oleh seorang mahasiswa dari Universitas Bung Hatta ketika kegiatan susur hutan. Nama air terjun diambil dari sebuah nama Universitas “Bung Hatta” yang dijuluki sebagai bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Air terjun Proklamator yang asri dan menawan
Air terjun Proklamator yang asri dan menawan. Foto via gotravelaindonesia.com

Lokasi air terjun tidaklah jauh dari pusat kota Tanah Datar, hanya satu jam setengah waktu tempuh menuju air terjun. Karena masih tergolong baru dan alami, maka ada beberapa tips yang harus kamu ikuti agar berwisata ke air terjun Proklamator ini menjadi lancar dan menyenangkan.

Jam Operasional Air Tejun

Air terjun Proklamator hanya dibuka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dengan tarif tiket sebesar Rp. 10.000 per orang. Wisata air terjun ini tutup sebelum waktu malam hari karena jalanan yang licin sangat beresiko jika kondisi mendekati malam hari. Karena tidak tersedia fasilitas penerangan.

Waktu Terbaik Menikmati Air Terjun

Jernihnya air terjun Proklamator seperti sumber mata air
Jernihnya air terjun Proklamator seperti sumber mata air. Foto via r1.community.samsung.com

Ketika libur akhir pekan telah tiba, biasanya pengunjung wisata akan bertambah, namun ketika ingin menikmati air terjun Proklamator ini datanglah ketika pagi hari sehingga terhindar dari panas teriknya matahari siang. Dan datanglah ketika musim kemarau, karena saat musim hujan debit air terjun akan mengalami peningkatan dan terlihat bahaya akan banjir datang.

Bawalah Perbekalan atau Logistik

Keindahan air terjun Proklamator dilihat dari atas drone
Keindahan air terjun Proklamator dilihat dari atas drone. Foto via backpackerjakarta.com

Berwisata ke air terjun Proklamator, setidaknya kamu membawa perbekalan dari rumah, karena sepanjang pernjalanan menuju lokasi wisata air terjun tidak tersedia warung penjual makanan ataupun minuman. Karena perjalanan kaki menuju air terjun dari pintu masuk memakan waktu 40 menit treking. Usahakan memakai alas kaki yang memadai dan tetap berhati hati karena jalanan licin.

Spot Air Terjun yang Menawan

Suasana asri dan teduhnya lingkungan air terjun Proklamator
Suasana asri dan teduhnya lingkungan air terjun Proklamator. Foto via idntimes.com

Ketika mengunjungi diwaktu musim kemarau akan menyuguhkan air terjun yang sangat indah. Air yang mengalir seperti jatuh kekolam alami dengan warna air yang hijau toska membuat panorama sangat indah dan menyegarkan. Sekitar kolam air terjun juga terdapat pepohonan rindang menjadikan kawasan wisata ini tampak asri dan teduh. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika kamu ingin bermain air di air terjun tersebut. Next

ramadan
Bangunan bekas saluran air abad ke 17 ditemukan digalian MRT Glodok

Penemuan Bak Harta karun di Galian Proyek MRT, Mulai dari Artekfak Hingga Bangunan Adab ke 17

Jembatan Kaca Raksasa di Guangdong Cina yang menarik banyak pengunjung

Tenarnya Wisata Uji Nyali di Jembatan Kaca Raksasa China