in , , ,

Air Terjun Saluopa, Wisata Alam Unik di Sulawesi Tengah yang Punya 12

Air Terjun Saluopa memiliki 12 tingkatan yang terbentuk menjadi kolam kecil dan bisa untuk berenang atau sekedar berendam.

Poso adalah salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi Tengah. Daerah ini terletak di pesisir pantai sehingga cuacanya cenderung panas. Namun jika kamu bosan dengan wisata pantai, kamu bisa mencoba suasana baru yang menawarkan kesejukan. Objek wisata tersebut bernama Air Terjun Saluopa.

Baca juga : Kepala Manyung, Kuliner Nikmat Khas Pantura Langganan Artis

Air terjun ini menjadi wisata andalan bagi Provinsi Sulawesi Tengah karena menyimpan keunikan tersendiri yang jarang ditemui di air terjun lain. Pemandangan alam yang asri juga melengkapi keindahan Air Terjun Saluopa. Yuk kita lihat pesona tempat wisata satu ini yang memukau mata!

Air terjun 12 tingkat

Air Terjun Saluopa memiliki 12 tingkatan yang terbentuk menjadi kolam kecil dan bisa untuk berenang atau sekedar berendam.
Foto via wisato

Tak seperti air terjun pada umumnya, tempat wisata satu ini memiliki 12 tingkatan. Di setiap tingkatan, terbentuk kolam kecil yang bisa digunakan untuk berendam atau berenang. Berada di hutan tropis, pepohonan rindang mengelilingi air terjun ini. Batuan alam berwarna cokelat menjadi tempat mengalirnya air jernih dari atas gunung sekitar 25 meter. Udara yang sejuk membuat banyak wisatawan tak ingin beranjak ketika sampai di Saluopa.

Fasilitas di Air Terjun Saluopa

Air terjun ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, yaitu area parkir, kamar ganti, kamar mandi, toilet, gazebo, panggung hiburan, warung makan, hingga kolam renang mini. Anak-anak yang berkunjung ke sini bisa berenang di kolam renang mini.

Wisata alam Sulawesi Tengah
Foto via celebes

Kamu juga bisa menikmati makananan di gazebo dan beberapa tempat duduk yang disediakan. Biasanya beberapa wisatawan mengadakan acara gathering atau reuni sambil menikmati musik di panggung hiburan.

Lokasi, jam buka, dan harga tiket

Air Terjun Saluopa
Foto via celebes

Air Terjun Saluopa berada di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Setiap hari, air terjun ini dibuka untuk wisatawan mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Harga tiket bagi wisatawan lokal hanya dibanderol Rp5.000. Sementara itu, wisatawan asing diwajibkan membayar Rp20.000.

Rute menuju Air Terjun Saluopa

Jika berangkat dari Palu, kamu memerlukan waktu sekitar 5 hingga 7 jam dengan jalur darat. Namun jika menggunakan pesawat, kamu bisa terbang dari Makassar langsung ke Poso. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalur darat ke Tentena. Perjalanan itu bisa ditempuh sekitar dua jam. Sebelum tiba di Saluopa, kamu akan melewati Danau Poso.

Wisata alam Sulawesi Tengah
Foto via gocelebes

Dari area parkir kendaraan, kamu masih harus berjalan sekitar 500 meter. Tetapi perjalananmu tak akan terasa jauh karena dikelilingi oleh tumbuhan hijau sehingga suasana terasa sejuk.

Jika ingin menikmati keindahan Air Terjun Saluopa, sebaiknya kamu datang di pagi hari karena cuaca masih cerah dan belum ramai pengunjung. Gunakan alas kaki yang tidak licin dan nyaman. Terakhir, jangan membuang sampah sembarangan di area air terjun agar kebersihan dan keasrian Saluopa tetap terjaga. Next

ramadan
Legok Kondang Ciwidey dengan peningapan berkonsep perkemahan yang sangat mewah

Cantiknya Glamping di Legok Kondang Ciwidey, Kamarnya Super Mewah!

Kota Mohenjo-daro, Sisa Peradaban Kuno Paling Maju di Pakistan