in , , ,

Air Terjun Sangka Pane, Cuilan Surga Tersembunyi di Aceh Tamiang

Air Terjun Sangka Pane yang bertingkat 17
Air Terjun Sangka Pane yang bertingkat 17

Tanah Aceh menjadi kawasan wisata alam yang indah di Indonesia bagian Barat. Keberadaannya mampu memikat hati para traveler sehingga banyak wisatawan lokal maupun turis mancanegara mulai mengeksplore kawasan Aceh terutama di Kabupaten Aceh Tamiang. Bentangan alam kawasan Aceh Tamiang yang subur dan asri membuat Kabupaten ini dijuluki dengan Bumi Muda Sedia. Dimana salah satu kabupaten yang menyuguhkan ribuan wisata alam yang menakjubkan.

Baca juga : Tantangan Indah di Pasir Berbisik Gunung Bromo, Bikin Nagih

Air Terjun Sangka Pane yang bertingkat 17
Air Terjun Sangka Pane yang bertingkat 17. Foto via backpackerjakarta.com

Nah, tanah Aceh Tamiang memiliki satu wisata populer yaitu air terjun Sangka Pane. Air terjun unik ini memiliki 17 tingkat yang terletak dibalik perbukitan. Keindahan air terjun menjadi lebih eksotis karena dikelilingi tebing berkelok sehingga nampak cantik dan indah. Jarak air terjun dari pusat kota memang sangat jauh, sekitar 50 kilometer atau kurang lebih 1 jam 30 menit perjalanan. Namun perjuangan menuju destinasi akan terbayar lunas dengan keindahan alam Sangka Pane.

Deras dan lebarnya air terjun sangka pane membuat kegiatan bermain air menjadi puas
Deras dan lebarnya air terjun sangka pane membuat kegiatan bermain air menjadi puas. Foto via ajnn.com

Wisata ini terletak di Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. Untuk traveler yang ingin menikmati air terjun ini disarankan untuk membawa motor atau kendaraan roda dua. Karena akses menuju lokasi sangat sempit, berkelok dan menanjak. Apalagi ketika musim hujan, jalanan menjadi licin dan becek karena beberapa titik akses jalan berupa tanah dan bebatuan. Namun susahnya jalur akan sirna dengan pandangan pemandangan perbukitan dan pepohonan besar yang indah.

Suasana cerah di Air terjun Sangka Pane Aceh Tamiang
Suasana cerah di Air terjun Sangka Pane Aceh Tamiang. Foto via ajnn.net

Setelah melewati perjalanan ynag menguras tenaga, traveler mulai terlihat air terjun dari kejauhan apalagi ketika muncul pelangi membuat suasana semakin syahdu. Bebatuan koral disekitar air terjun seolah-olah menjadi pelengkap keindahan air terjun dan biasa digunakan para pengunjung sebagai spot foto. Ditambah lagi suasana asri dan sejuk karena area asit terjun dikelilingi dengan pepohonan yang rindang membuat suasana semakin tenang dan alami.

Untuk kamu yang tidak ingin cepat-cepat pulang, tersedia area yang cukup luas untuk bercamping. Namun sayangnya, tidak tersedia fasilitas disekitar air terjun. Jadi untuk kamu yang ingin mengeksplore air terjun Sangka Pane diharapkan membawa bekal dari rumah terlebih dahulu sebelum berangkat. Bawalah pakaian ganti untuk berjaga-jaga ketika kamu ingin bermain air.

Akses wisata air terjun sangka pane yang masih alami dan cukup berbahaya
Akses wisata air terjun sangka pane yang masih alami dan cukup berbahaya. Foto via tamiangtraveler.com

Menariknya, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk ketika memasuki kawasan air terjun. Kamu hanya membayar biaya parkir yang berada dipemukiman penduduk dengan jarak sekitar 2 kilometer dari air terjun. Tetaplah berhati-hati selama perjalanan ke air terjun karena tidak ada satupun petugas air terjun ini, karena itulah air terjun Sangka Pane menjadi wisata alami yang tidak terkontaminasi oleh limbah atau banyak orang. Next

ramadan

Petulo, Kuliner Tradisional Khas Malang Paling Eksis di Surabaya

Backpacker jadi korban pembunuhan

Backpackeran ke Selandia Baru, Wanita Jadi Korban Pembunuhan