in , ,

Melihat Keseruan Anak-Anak Bermain Di Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu
Air Terjun Surodadu

Di Kabupaten Mojokerto tepatnyadi di Dusun Mligi, Desa Celaket Kecamatan Pacet, terdapat sebuah destinasi wisata air terjun yang sekarang mulai kurang mendapatkan perhatian. Walaupun begitu air terjun ini masih lumayan banyak dikunjungi wisatawan lokal. Nama air terjunnya adalah Air Terjun Surodadu.

Baca juga : Tips Belanja Hemat di Malioboro, Borong Banyak Nggak Bikin ATM Jebol

Untuk menuju Air Terjun Surodadu ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 40 sampai 45 menit dari Kota Mojokerto mengarah ke Pacet. Selain itu kalau kita dari Pandaan, juga bisa mencampai tempat ini dengan melalui rute Prigen menuju arah Pacet. Waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat sekitar 30 sampai 35 menit saja. Lokasi air terjun ini berada di kaki Gunung Arjuno-Welirang. Tidak heran kalau kita ke air terjun ini akan melewati rute yang berliku dan juga menanjak. Sesampainya di tempat wisata ini pun kita akan dihadapkan dengan pemandangan seperti di dalam hutan belantara.

1. Pemandangan Hijau Yang Menyejukkan Mata

Masuk ke area wisata Air Terjun Surodadu kita hanya membayar 10 ribu rupiah per orang, dan sudah termasuk uang parkir kendaraan. Setelah itu kita cukup berjalan kaki dari area parkir untuk menuju lokasi air terjun yang berjarak sekitar 200 meter dari area parkir. Tapi begitu kita berjalan sebentar, kita akan menemukan pemandangan indahnya pepohonan hijau yang menjadi latar sebuah aliran sungai yang sangat syahdu. Sangat indah dipotret dari kejauhan.

Pemandangan aliran sungai dengan pepohonan liar yang hijau di sekitarnya ini bisa kita nikmati sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun utama. Kalau datang ke Air Terjun Surodadu saat musim hujan, kita akan mendapati aliran sungai yang lebih indah, karena pasti airnya lebih deras. Selain itu pepohonannya pun menjadi lebih hijau.

2. Menjadi Tempat Bermain Yang Asik Untuk Anak-Anak Warga Setempat

Berjalan menuju lokasi air terjun yang lokasinya 200 meter dari area parkir dengan rute tracking yang lumayan menanjak, pasti akan membuat kita kelelahan. Untuk itu jangan lewatkan mampir sebentar ke Coban Surodadu mini yang ada di tengah-tengah perjalanan. Di sini kita bisa menikmati indahnya air terjun mini yang lumayan indah dan deras airnya. Selain itu tempat ini biasa dijadikan tempat bermain anak-anak warga sekitar, apa lagi kalau kita datang di pagi atau sore hari.

Selain menikmati pemandangan Coban Surodadu mini untuk melepas lelah, keceriaan anak-anak yang bermain air di tempat ini juga akan menghibur kita. Untuk kita yang hobi memotret, suasana keceriaan anak-anak ini tentu menjadi objek yang menarik ditengah keindahan air terjun Surodadu Mini.

3. Aliran Air Terjun Dan Sungai Yang Mengering Saat Kemarau

Sampai di lokasi air terjun Surodadu, kita akan menemukan sebuah air terjun dengan aliran yang tidak terlalu besar. Air terjun ini berada di ujung tebing batu dan mengalir lumayan deras ke bawah. Bayangkan kalau musim hujan datang, pasti aliran air yang turun dari air terjun ini akan lebih indah dan menyegarkan kalau dipandang. Walaupun begitu, air terjun ini masih lumayan terlihat indah. Sebagai saran, waktu yang pas datang ke Air Terjun Surodadu ini adalah pagi atau sore hari. Karena kalau siang hari pemandangan di sini terganggu oleh teriknya sinar matahari.

Selama perjalanan kita pun akan menemukan beberapa aliran air yang mengalir langsung dari air terjun. Aliran air ini berada di sisi-sisi pepohonan rimbun yang menghijau. Aliran air yang tidak seberapa saat musim kemarau ini juga dialirkan ke lahan-lahan pertanian warga.

4. Beberapa Spot Foto Yang Bagus

Walaupun tampak sudah tidak begitu mendapat perhatian dari pengelola, air terjun ini tetap memiliki beberapa spot indah untuk mendapatkan hasil foto yang menarik. Salah satunya adalah di perjalanan dari area parkir menuju air terjun, di sini kita akan menemukan sebuah jembatan bambu yang berpadu cantik dengan pemandangan hijaunya pepohonan dan aliran sungai yang indah. Memotretnya akan menjadi objek yang sangat tepat.

Selain itu ada satu spot lagi, yaitu di jalur tracking menuju ke atas area air terjun. Di tempat ini kita akan menemukan sebuah ornamen bambu yang menghiasi jalan menuju air terjun. Objek ini berada di bawah pepohonan bambu yang rindang, dan tentunya sangat pas untuk kita berfoto. Memang spot-spot foto di Air Terjun Surodadu ini terkesan biasa saja, tapi kita cukup memilih angel yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Bersantai Menikmati Suasana

Kalau kita sudah capek untuk berjalan, tepat di atas aliran air terjun Surodadu mini ada beberapa gazebo yang disediakan untuk kita bersantai sambil beristirahat. Gazebo-gazebo ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk berantai sambil menikmati keindahan air terjun mini yang lumayan indah. Apa lagi sambil melihat keceriaan anak-anak yang sedang bermain air, pasti akan lebih menyenangkan.

Air Terjun Surodadu ini sebenarnya memiliki potensi keindahan yang menarik, tapi sayangnya saat musim kemarau kita justru akan melihat air terjun mini yang lebih terlihat indah dan menarik daripada air terjun utama yang ada di destinasi wisata ini. Walaupun begitu, akses yang mudah dijangkau dan tiket masuk yang terjangkau akan sangat tepat untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan. Next

ramadan
Kampung Samberembe

Kampung Mina Padi Samberembe, Wisata Edukatif di Yogyakarta

Gunung Papandayan

Tips Pendakian Gunung Papandayan dari Jakarta, Cocok untuk Pemula