in , ,

Kesejukan Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa menyimpan berbagai pesona alam yang tersembunyi dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Potensi alamnya tidak akan kalah dibanding daerah lain. Semua keindahan ada di sini dan menunggu untuk kamu jelajahi. Salah satunya adalah air terjun Agal. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga : Air Terjun Tirto Galuh, Wisata Alam Blitar yang Menyejukan Mata

Ketinggian Air Terjun Agal

Desa Merente merupakan Desa wisata yang menyajikan air terjun dengan suasana alam, lingkungan yang asri dan suhu sejuk. yang berada di pulau Sumbawa, salah satunya adalah Air Terjun Agal.

Air Terjun Agal merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di pulau Sumbawa. Memiliki medan yang cukup sulit, memakan waktu dan melelahkan untuk sampai. Air Terjun Agal sering disebut air terjun yang unik karena memiliki 10 tingkat.

Destinasi ini memiliki perkiraan ketinggian sekitar 100 m lebih. Air terjunnya memiliki 10 tingkatan dimana 7 tingkatan adalah tingkatan rendah sekitar 3-7 m ketinggiannya. Sedangkan sisanya 3 tingkatan lagi berketinggian lebih dari 10 m. Di 3 tingkatan terbawah dari air terjun masing-masing terdapat kolam penampungan air yang dapat digunakan untuk berendam dan mandi.

Air terjun yang mengalir deras memecah tebing menjadi dua dari ketinggiannya, kemudian jatuh di antara bebatuan-bebatuan besar, mengalir lagi membuat air terjun lagi di bawahnya hingga mencapai 10 tingkatan. Dari 10 tingkatan tersebut, ketinggian Air Terjun Agal begitu bervariasi.

Desa Merente menjadi desa wisata berawal dari maraknya penebangan hutan ilegal di dekat mata air. Lalu masyarakat setempat menggagas pembentukan desa wisata agar penebang ilegal menjauh dari desanya

Peraturan Bagi Wisatawan

Bagi pengunjung jangan berharap akan boleh membawa barang semaunya. Cat Pilok atau sejenis untuk mencoret bebatuan maupun pohon sangat dilarang keras untuk dibawa ke lokasi air terjun. Begitu pula dengan sabun mandi atau shampo.

Jika pengunjung membawa makanan atau minuman untuk persediaan selama perjalanan, maka warga setempat akan menghimbau agar sebaiknya setelah makanan dan minuman tersebut dihabiskan hendaknya sampahnya dimasukan ke dalam kantong plastik dan dibawa pulang. Aturan ini dibuat agar tempat tersebut tetap bersih dan tidak ada sampah yang bergeletakan disembarang tempat.

Lokasi Air Terjun Agal

Air terjun ini berada jauh di dalam hutan lindung, lebih tepatnya berada di Dusun Beru, Desa Marente, Alas, Kabupaten Sumbawa. Kalo kamu memulai perjalanan dari Kota Sumbawa Besar, untuk menuju Dusun Beru Desa Marente membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Berjarak sekitar 80 km dari Kota Sumbawa Besar, 23 km dari Pelabuhan Poto Tano atau dari ibukota kecamatan Alas sekitar 6 km.  Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat hingga desa Marente.  Jika berangkat dari Sumbawa Besar arahkan kendaraan ke arah barat ke kecamatan Alas melalui jalur lintas Sumbawa-Tano.  

Dari Kecamatan Alas tepatnya dari Eks Terminal Alas perjalanan diteruskan ke arah timur menuju Desa Marente yang berjarak sekitar 5 km dengan waktu sekitar 15 menit.  Bagi yang menggunakan kendaraan umum hanya sampai di Kecamatan Alas saja, selanjutnya dapat menggunakan jasa ojek yang banyak ditemui di sekitar terminal Alas. 

Rute Menuju Air Terjun Agal

Setelah memarkirkan kendaraan di lokasi parkiran perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki ke arah timur menuju Sungai Marante dan menyeberanginya.  Hati-hati di saat menyebrang sungai ini selain cukup dalam juga berarus deras.  Setelah menyebrang sungai ini kamu akan menemukan percabangan jalan setapak yang ditandai papan petunjuk arah menuju kedua air terjun berada.

Bila ke arah kiri ke Air terjun Agal sedangkan ke arah kanan ke Air terjun Saketok.  Butuh waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 4,5 km untuk mencapai lokasi Air Terjun Agal dengan berjalan kaki mendaki dan menuruni jalan setapak yang berbatu dan licin dengan kiri kanan hutan pohon menjulang tinggi yang menyejukkan mata. Meskipun membutuhkan perjalanan selama dua jam, itu akan sepadan dengan pemandangan yang akan kamu dapatkan.

Setibanya di kawasan air terjun, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Kamu seperti tidak berekspektasi tinggi setelah 2 jam berjalan kaki, ternyata kamu akan melihat pemandangan yang seperti serpihan surga, benar-benar indah apalagi di tempat yang tersembunyi dan membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Next

ramadan

Sudah Tahu? Ini Misteri Pesisir Pulau Satonda yang Bikin Merinding

fi pesawat lion air tergelincir

Pesawat Lion Air Tergelincir, Begini Kondisi Penumpangnya