in , ,

Wisata Air Terjun Tirto Galuh di Blitar, Indahnya Nggak Bisa Ditawar

Air Terjun Tirto galuh
Air Terjun Tirto galuh
terdapat banyak air terjun kecil di Tirto Galuh

Blitar selain dikenal dengan sebutan kota proklamator, ternyata juga banyak menyimpan keindahan alam. Selain punya banyak wisata buatan, Blitar juga terkenal dengan wisata alamnya. Ada pantai hingga gunung, Blitar juga punya pesona air terjun. Salah satunya yaitu Air Terjun Tirto Galuh atau yang biasa disebut air terjun Kedung Malang. 

Baca juga : Kafe Keren di Ubud, Paduan Menu Enak dan Spot Instagramable

Keindahan Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh atau yang biasa disebut Air Terjun Kedung Malang ini, terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Air Terjun Tirto Galuh ini merupakan salah satu air terjun yang memiliki keindahan yang unik, karena di satu lokasi terdapat banyak air terjun kecil-kecil dengan ketinggian sekitar 2 sampai 6 meter dan alirannya melewati batuan kapur.

pengunjung bebas bermain air tapi tetap berhati hati yaa…

Untuk menuju Air Terjun Tirto Galuh atau Air Terjun Kedung Malang, pengunjung dari Kota Blitar langsung saja menuju arah Pantai Tambakrejo hingga di perempatan Desa Gawang, ambil jalan yang kanan arah ke Monumen Trisula. Ikuti saja jalan tesebut sampai ketemu pertigaan belok kanan sekitar 700 M dari pertigaan. Ada jalan kecil, sebelah kiri jalan. Untuk kendaraan roda dua dan roda empat, dititipkan ke penduduk dan dilanjut berjalan kaki melewati kebun milik warga sekitar 150 meter sampai lokasi.  

Setelah berjalan sekitar 150 meter, dan melewati kebun milik warga sekitar, pengunjung sampai di Air Terjun Tirto Galuh. Pengunjung akan disuguhi keindahan alam yang sangat eksotis. Hamparan bebatuan kapur yang dialiri air dan juga ada muara yang airnya berwarna hijau kebiru biruan.  Di sekitar Air Terjun Tirto Galuh ini juga terdapat aliran sungai yang membentuk air terjun- air terjun mini yang juga tak kalah indahnya.  

warna air yang hijau menambah keindahan air terjun tirto galuh

Di Air Terjun Tirto Galuh ini, walaupun ada muara yang bisa di buat berenang, tetapi pengunjung tetap diminta kewaspadaannya agar tidak berenang bagi yang tidak bisa berenang, mengingat kedalaman muara ini sampai 7 meter. 

keindahan air terjun tirto galuh dari berbagai sudut

setiap sudut di lokasi Air Terjun Tirto Galuh Blitar ini, memiliki keindahan. Jika pengunjung ingin berfoto foto menyusuri air terjun ini, diperbolehkan tetapi sekali lagi keselamatan adalah faktor yang utama. Selalu berhati hati karena batu batu kapur banyak yang licin. Disini juga banyak warung yang berjualan minuman dan snack. Jangan lupa buang sampah ditempat sampah, tetap jaga kebersihan, tetap waspada jaga keselamatan dan selamat berlibur bersama keluarga tercinta.  Next

jalan dari parkiran menuju air terjun dan melewati kebun warga
ramadan
Budaya Toraja

Wisata Budaya di Toraja, Kaya Adat yang Istimewa

Pulau DEM

Ada Pulau di Sidoarjo, Spot Mancing yang Sempet Trending