in , ,

Liburan di Alahan Panjang, Kawasan Terdingin Sumatra Barat

Menikmati Sederet Panorama Memukau di Alahan Panjang

Danau Atas di Alahan Panjang
Danau Atas di Alahan Panjang (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Alahan Panjang merupakan daerah terdingin di Sumatera Barat. Memiliki ketinggian 1400-1600 mdpl dan merupakan salah satu nagari di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Baca juga : Hotel dengan Kolam Renang Luas di Bogor, Jangan Kasih Kendor

Danau Atas (dok.pribadi)
Danau Atas (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Alahan Panjang dikelilingi bukit barisan. Udara di sekitar sini sangat sejuk dan ada banyak lokasi dengan panorama luar biasa indah. Namun demikian, cuaca terkadang tidak menentu di sini. Langit cerah bisa langsung berubah gelap dan hujan dalam sekejap.

Panorama Indah dalam Jangkauan

Perkebunan warga dan rumah rumah-rumah warga dilereng bukit barisan (dok.pribadi)
Perkebunan warga dan rumah warga di lereng bukit barisan (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Hanya butuh waktu dua sampai tiga jam untuk bisa sampai di Alahan Panjang dari Kota Padang. Ada banyak transportasi yang bisa dimanfaatkan, mulai dari bus, travel, dan tentunya kendaraan pribadi.

Selama perjalanan Teman Traveler akan dimanjakan sederet pemandangan menakjubkan, seperti panorama Padang di malam hari. Nampak luar biasa indah berhiaskan temaram lampu-lampu kota.

Mata juga akan dimanjakan hamparan kebun teh luas. Teman Traveler bisa bersantai sejenak di sini sembari menikmati panorama sekitar. Apalagi di area ini bertebaran lumayan banyak kedai kopi.

Dari kebun teh, perjalanan menuju Alahan Panjang sudah cukup dekat. Kira-kira dalam satu jam kalian bakal sudah sampai di tujuan.

Terpukau Eloknya Alahan Panjang

Kebun-kebun sayur warga (dok.pribadi)
Kebun-kebun sayur warga (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Sesampainya di Alahan Panjang Teman Traveler akan disambut sederet pemandangan lain yang tak kalah memikat. Mulai dari gagahnya Gunung Talang dengan ketinggian 2.597 mdpl, Danau Atas, Danau Bawah, hingga perkebunan sayur dan buah warga.

Kawasan ini berada di dataran tinggi, hingga sangat cocok untuk berkebun. Warga biasanya menanam sayur-mayur, bawang, buah-buahan, maupun kopi. Bercocok tanam merupakan mata pencarian utama masyarakat sekitar.

Pemberian nama danau di Alahan Panjang termasuk unik karena nama tidak sesuai dengan lokasinya. Danau Atas itu berada di dataran yang lebih rendah, sementara Danau Bawah posisinya justru lebih tinggi.

Abadikan Cantiknya Alam

Rumah-rumah warga diantara perkebunan (dok.pribadi)
Rumah-rumah warga diantara perkebunan (c)Zenith Halalan/Travelingyuk

Kawasa Danau Atas memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan spot foto. Teman Traveler juga akan mendapati beberapa villa di pinggir danau. Kalian bisa bersantai di sana sembari melihat pemandangan atau bermain di sekitar danau.

Pemandangan cantik yang Bikin enggan pulang
Pemandangan cantik yang Bikin enggan pulang (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Ada pula sebuah dermaga kecil berwarna pink yang sering dijadikan spot foto. Lokasinya sangat Instagenic karena berhadapan langsung dengan Danau Atas dan Bukit Barisan.

Tak jauh dari dermaga terdapat sebuah masjid indah berwarana jingga. Tempat ibadah ini baru dibangun pada 2013 dan kerap jadi jujugan para wisatawan di Alahan Panjang. Biasanya mereka beribadah sembari berfoto di depan masjid.

Itulah sedikit gambaran mengenai serunya liburan di Alahan Panjang, kawasan terdingin di Sumatra Barat. Bagaimana Teman Traveler, ada yang sudah tertarik ingin jalan-jalan di daerah yang juga berjuluk Nagari Dingin ini? Next

ramadan

Written by Zenith Halalan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Unusual Café with Unique and Instagrammable Foods

Pemandangan di Pantai Pandawa

Kano Hingga Paralayang, Inilah 5 Kegiatan Seru di Pantai Pandawa Bali