in , , , ,

Wajah Baru Alun-Alun Sukabumi Bikin Pangling

Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang sungguh menakjubkan. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di kota ini terutama saat akhir pekan. Segala bentuk upaya pemerintah juga turut serta membangun berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Hal ini membuat pemerintah daerah membangun beberapa stan warung untuk mendorong UMKM kota Sukabumi diarea pojok Alun Alun Sukabumi.

Baca juga : Segerin Panasnya Surabaya dengan Nyeruput 5 Es Dawet Ini

Alun alun kota Sukabumi dengan wajah baru nya yang semakin cantik. Foto via instagram @alunalunsukabumi

Sekarang, kawasan terintegrasi Alun-alun dan Lapang Merdeka semakin cantik. Berbagai macam food court dan gerai UMKM yang diberi nama Titik Juara. Disamping untuk mendorong UMKM lokal juga sebagai fasilitas umum para pengunjung agar lebih tertata dan lebih bersih. Dulu banyak pedagang yang tak tertata sehingga menimbulkan banyak sampah.

Penataan yang sudah berjalan selama 4 minggu dilakukan dengan memanfaatkan bantuan keuangan pemulihan ekonomi nasional dan penataan ditargetkan selesai pada  29 Desember 2021. Kepala Bidang Tata Bangunan, Jasa Konstruksi, Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi, Muhammad Sahid mengatakan penataan dimulai sejak 28 Juli 2021 dan dikerjakan oleh PT. Sihyong Jasa Persada, dengan nilai kontrak Rp. 19,3 miliar.

Tampilan dari udara lapangan Merdeka dengan fasilitas olahraga yang cukup lengkap. Foto via instagram @@ayoojalan2

Pembangunan yang baru diresmikan tanggal 9 Januari 2022 ini telah menampakkan hasilnya dengan tambahan fasilitas umum seperti jogging track, track sepatu roda, dan fasilitas olahraga lainnya yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Ditengah alun alun juga dibangun tugu dengan kolam yang melingkarinya. Disisi samping area pusat alun alun sengaja dijadikan ruang terbuka dengan rumput yang rapih serta dibuat seperti konsep menyerupai warna rumput lapangan sepak bola.

Pada malam hari, ambiance lampu sorot sungguh menawan. Dengan warna dominan ungu dan jingga membuat suasana semakin menawan. Apalagi sorot cahaya kuning pada kubah Masjid Agung Kota Sukabumi yang sangat kontras membuat daya fokus menjadi pemandangan yang indah layaknya wisata arsitektur religi. 

Cahaya Lampu tersorot tajam dan menjadi banyak fokus tepat di Kubah Masjid Agung Sukabumi. Foto via ghostship.com

Sisi lain, Pengunjung yang datang bisa menikmati berbagai sajian makanan yang ada dengan suasana pusat kota dan Lapang Merdeka. Di sana ada delapan gerai makanan seperti ayam soto cetar, mie leor, pentol, burger bageur dan beberapa minuman misalnya kopi merdeka, blessed boba, crystal airs Sukabumi dan gerobak abelito. Satu kios lagi khusus untuk gerai UMKM Jabar Juara yang berisi hasil karya seperti batik, tas anyaman, keripik dari dedaunan dan lain-lain. Next

ramadan

Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Ikonik Kota Singkawang yang Artistik

Waduh! Modus Menginap di Hotel, Check Out Bawa Pulang TV