in , , ,

Alun-alun Bawah Tanah Pertama di Indonesia, Kebanggaan Warga Surabaya

Satu lagi yang lagi hits di kota Surabaya adalah Alun alun barunya. Mendengar kata alun-alun pasti yang terpikirkan dalam benakmu adalah tanah lapang yang luas di tengah kota, ditumbuhi rumput, dan pohon beringin. Gambaran umumnya memang seperti itu, namun alun alun Surabaya ini cukup unik karena berada di bawah tanah. Alih-alih melihat rumput hijau dan pohon beringin, di sini kamu akan melihat pemandangan yang nggak bisa di temukan di alun-alun pada umumnya.

Baca juga : Air Terjun Kapas Biru Lumajang, Lukisan Alami yang Dipajang Tuhan

Tampak luar alun alun kota Surabaya yang berada di bawah tanah. Foto via surabaya.jatimwork.com

Alun alun bawah tanah ini sudah diresmikan sejak 10 November 2021, namun baru bisa dinikmati secara umum pada 19 Desember 2021. Kesan pertama saat datang di alun-alun Surabaya pasti kamu akan melihat keunikan dari bentuk bangunannya. Bahkan, jika nggak memperhatikan tulisan “Alun-alun Surabaya” di bagian depan, mungkin Teman Traveler akan mengira jika bangunan megah tersebut adalah alun-alun. Ruang publik ini berada di Kompleks Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo, kota Surabaya.

Sudut luar alun alun kota surabaya. Foto via sindonews.com

Tampak luar bangunan ini memang mirip seperti gedung-gedung museum atau gedung kesenian bergaya klasik. Terdapat halaman yang cukup luas dan dihiasi taman-taman. Secara kasat mata tempat ini memang nggak mirip alun-alun pada umumnya. Namun, fungsi gedung yang diperuntukkan sebagai ruang publik inilah, yang membuat bangunan ini layak disebut alun-alun. Apalagi sebelumnya kota Surabaya memang nggak memiliki alun-alun yang biasanya dijadikan ruang publik bagi masyarakatnya.

Ruang bawah tanah Alun alun Surabaya. Foto via antara.newsjatim.com

Alun-alun bawah tanah pertama di Indonesia ini pertama kali dicetuskan oleh Ibu Tri Rismaharini yang saat itu menjabat sebagai Walikota Surabaya. Ia merasa masyarakatnya nggak memiliki ruang seni yang memadai. Apalagi Surabaya memang sejak dulu tidak memiliki alun-alun. Kemudian dibuatlah alun-alun bawah tanah ini tepat dibawah Balai Pemuda dan jalan Yos Sudarso yang mulai dibangun pada April 2019.

Salah satu spot seni didalam alun alun surabaya. Foto via indozone.com

Tak hanya menyuguhkan kesenian saja, namun alun-alun Surabaya juga menjadi pusat kegiatan ekonomi kreatif dan dijadikan destinasi wisata di Kota Pahlawan ini. Apalagi setiap bulannya akan diadakan berbagai pertunjukan dan pameran seni mulai dari lukisan, musik, theater, tari, dan sebagainya. Jika berkunjung ke alun-alun Surabaya, kamu nggak perlu khawatir kepanasan atau pun engap karena berada di tempat tertutup, karena di sini tersedia pendingin ruangan yang menyala selama 24 jam. Next

ramadan

Bukit Kuneer, Destinasi Wisata Alam yang Indah dan Menyejukkan di Malang

Menjelajahi Tempat Wisata dan Kuliner Di Kota Blitar dengan Jalan Kaki, Berani?