in , , , , ,

Menjelajahi Tempat Wisata dan Kuliner Di Kota Blitar dengan Jalan Kaki, Berani?

Kota Blitar merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata sejarahnya. Apalagi kalau bukan berkaitan dengan presiden RI pertama, Ir. Soekarno yang berasal dari Blitar.  Banyak tempat-tempat bersejarah  dan kuliner menarik yang bisa dikunjungi saat singgah di kota ini.

Baca juga : Nusa Dua Light Festival 2019, Gelaran Memukau Penuh Warna

Stasiun Kota Blitar (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Beberapa lokasi wisata terletak tidak jauh dari stasiun besar kota Blitar, sehingga memudahkan untuk Teman Traveler yang ingin singgah sebentar sembari menyesuaikan jadwal kereta.

Namun, pernahkan Teman Traveler mencoba mengunjungi destinasi di Blitar dengan berjalan kaki? Jika belum, ulasan berikut ini bisa menjadi refensi tempat wisata dan kuliner terkenal di Blitar dengan berjalan kaki.

RTH Taman Pecut

RTH Taman Pecut Kota Blitar (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Destinasi pertama yang bisa dikunjungi adalah RTH (Ruang Terbuka Hijau) Taman Pecut. Dari Stasiun Blitar, teman-teman bisa berjalan ke arah timur  melewati Jalan Kacapiring sejauh 500 meter. Berupa monumen berbentuk pecut, tempat ini cocok banget buat Teman Traveler yang ingin berswafoto.

Patung sebuah tangan yang memegang pecut di Taman Pecut/ Rieagustina
Patung ikonik Taman Pecut (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Aloon-aloon Blitar

Aloon-aloon Kota Blitar (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Belum lengkap rasanya kalau mengunjungi suatu kota, tapi belum mampir ke alun-alunnya. Aloon-aloon Kota Blitar terletak persis di seberang Taman Pecut. Sehingga Teman Traveler tinggal menyebrang saja dari sana. Di sekitar lokasi ini, dapat ditemukan banyak penjaja makanan. 

Es Pleret Aloon-aloon

Es Pleret Blitar (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Nah, saat singgah di Aloon-Aloon Blitar, jangan lupa untuk mencicipi es Pleret. Es Pleret merupakan es khas Blitar yang jarang dijumpai di kota lain. Saat cuaca makin panas, kehadiran es pleret mampu menghilangkan dahaga dengan rasanya yang khas.

Soto Daging Bok Ireng

Soto Daging Bok Ireng via @arifbarokah

Soto Daging Bok Ireng menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat singgah di Blitar. Terletak di Jalan Kelud dan berjarak kurang lebih 300 meter dari Aloon-aloon Blitar. Soto Daging Bok Ireng bisa menjadi tempat persinggahan untuk mengisi perut sebelum melanjutkan perjalanan. Setiap pengunjung dari luar kota, kurang afdal bila belum mencicipi soto yang satu ini. Soal harga, Soto Bok Ireng ini dibanderol dengan harga Rp10.000 per mangkuknya. 

Istana Gebang

Istana Gebang (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Setelah mengisi perut dengan semangkuk soto, Teman Traveler bisa melanjutkan jalan-jalan berikutnya ke Istana Gebang yang terletak di Jalan Sultan Agung yang berjarak 1 km dari Jalan Kelud.  Istana Gebang erupakan tempat kediaman Bung Karno di masa kecil. Menelusur jejak sejarah sang proklamator  di rumah peninggalan keluarga beliau. 

Taman Kebon Rojo

Taman Kebon Rojo Kota Blitar (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Tidak jauh dari Istana Gebang, Teman Traveler tinggal berjalan
kaki ke arah barat menuju Jalan Diponegoro sejauh 500 meter. Ingin melihat taman rekreasi keluarga di Blitar? Taman Kebon Rojo merupakan destinasi yang tepat.

Rusa yang Terdapat di Taman Kebon Rojo (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Setelah sedikit berpanas-panas di Istana Gebang, tidak ada salahnya ke Taman Kebon Rojo. Ada tempat bermain anak, flying fox, dan beberapa jenis hewan yang bisa dijadikan sebagai sarana edukasi kepada anak-anak.

Komplek Makam Bung Karno

Monumen Peta (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Setelah puas berkeliling Taman Kebon Rojo, destinasi terakhir adalah Komplek Makam Bung Karno. Berjarak 1,5 kilometer dari Taman Kebon Rojo dan memakan waktu 20 menit berjalan kaki.

Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya Blitar (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Dalam perjalanan menuju Makam Bung Karno, Teman Traveler bisa mampir sejenak melihat Monumen Peta yang letaknya bersebelahan
dengan SMKN 3 Blitar. Serta Gapura Taman Makam Raden Wijaya yang tentunya instagenic untuk digunakan latar berswafoto.

Museum Bung Karno (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Komplek makam bung karno sendiri terdiri dari perpustakaan umum Bung Karno, museum Bung Karno dan makam Bung Karno sendiri.

Suasana Museum Bung Karno (c) via Ria Agustina/Travelingyuk

Nah, bagaimana teman Traveler? Ingin mencoba melakukan perjalanan seru untuk menikmati tempat wisata dan kuliner di Blitar dengan berjalan kaki? Dijamin seru untuk dicoba deh!  Next

ramadan

Alun-alun Bawah Tanah Pertama di Indonesia, Kebanggaan Warga Surabaya

Kuliner Wajib Saat Kamu ke Garut!