in ,

Aneka Sup Terlezat di Dunia yang Wajib Dicoba

page
page

Di Indonesia, sup identik dengan masakan berkuah kaldu bening yang berisi aneka daging dan sayuran. Mulai dari wortel, buncis, kentang, kol, dan irisan ayam biasanya mendominasi sup khas Indonesia. Masakan ini jadi favorit banyak orang dan lebih nikmat saat disantap dengan nasi dan tempe goreng.

Baca juga : Gandos Pak Aan, Jajanan khas Bandung yang Namanya Berubah di Solo

Tapi ternyata, sup di berbagai negara punya ciri khas yang berbeda. Ada yang kuahnya terbuat dari tomat, kacang giling, hingga kuah seafood. Hmm, yuk cicipi aneka sup terlezat di dunia berikut ini:

1. Pho, Vietnam

Pho, Vietnam [image source]
Pho, Vietnam [image source]
Sup khas Vietnam ini tidak hanya pas untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin, tapi juga ampuh dijadikan ‘obat’ flu dan penyembuh mabuk. Kaldu sup ini biasanya terbuat dari daging atau ayam yang bisa Anda pilih sesuai selera. Setelah itu, sejumlah fresh herbs seperti daun jeruk dan serai juga dimasukkan untuk menambah cita rasa. Perasan jeruk nipis dan kecambah segar ditambahkan di akhir proses memasak yang membuat sup ini terasa lebih segar.

2. Khao Soi, Thailand

Sup khas Thailand biasanya terbuat dari kaldu udang yang dibumbu asam dan pedas. Tapi beda dengan salah satu sup yang menjadi khas dari Thailand Utara ini. Kuah Khao Soi terbuat dari santan kental yang dibumbui berbagai rempah dengan rasa kuat.

Khao Soi, Thailand [image source]
Khao Soi, Thailand [image source]
Dilengkapi dengan mi telur, suwiran paha ayam yang empuk, dan perasan jeruk nipis, sup ini dijamin bisa mengenyangkan Anda. Yang khas dari sup ini adalah pickled Chinese mustard root alias akar tumbuhan mustard yang sudah dijadikan acar dengan rasa asam yang meyegarkan.

3. Bouillabaisse, Perancis

Bouillabaisse, Perancis [image source]
Bouillabaisse, Perancis [image source]
Eropa biasanya memiliki sup yang kental dengan kuah terbuat dari krim. Tapi beda halnya dengan sup dari Perancis ini. Bouillabaisse terbuat dari kerang, saffron, fennel, tomat, dan bawang putih yang direbus hingga mendidih dan cita rasanya keluar dengan sempurna. Untuk isiannya, Bouillabaisse biasanya dilengkapi dengan beraneka seafood yang dimasak dengan temperatur khusus. Di negara asalnya, sup ini biasa dinikmati dengan French bread yang memberikan variasi tekstur berbeda.

4. Peanut Stew, Afrika

Peanut Stew, Afrika [image source]
Peanut Stew, Afrika [image source]
Sup yang satu ini mungkin asing di lidah kebanyakan orang. Terbuat dari aneka kacang-kacangan yang digiling kemudian direbus, sup ini mulai populer di Afrika pada abad ke-16. Dua abad kemudian, Peanut Stew mulai merambah ke negara-negara Barat seperti Amerika. Karena terbuat dari kacang giling, sup ini memiliki tekstur sangat kental. Rasanya? Tentu saja super gurih karena perpaduan aneka kacang terbaik. Untuk sentuhan terakhir, biasanya ditaburkan potongan cabai segar di atas sup ini.

5. Birria, Meksiko

Birria, Meksiko [image source]
Birria, Meksiko [image source]
Meksiko memiliki beberapa jenis sup yang menggoyang lidah, seperti pozole dan tortilla soup. Tapi yang paling terkenal dan wajib dicoba adalah Birria, sup tradisional yang terbuay dari daging kambing. Meski saat ini ada juga versi lain dari Birria yang terbuat dari daging sapi atau daging babi. Untuk membuat Birria, daging direbus dengan api kecil hingga empuk. Tomat hijau dan merah bjuga ditambahkan untuk memberi rasa asam yang menyegarkan. Saat matang, seluruh bumbu sudah meresap sempurna di daging yang empuk. Yumm!

6. Gumbo, Amerika

Sup yang berasal dari Amerika Utara ini terbuat dari campuran tepung dan mentega yang dilelehkan kemudian dimasak dengan api kecil. Isiannya bisa beragam tergantung daerah di mana sup ini dibuat. Mulai dari potongan sosis, ayam, udang, hingga sayuran bernama okra.

Gumbo, Amerika [image source]
Gumbo, Amerika [image source]
Di daerah asalnya, sup ini ini biasa disajikan dengan nasi sebagai hidangan musin dingin. Tapi banyak juga modifikasi lain di mana Gumbo disantap dengan kentang goreng ataupun roti panggang. Yang mana pun pilihannya, rasanya tetap nikmat!

Indonesia sendiri punya beberapa hidangan nikmat yang masuk dalam jenis sup, seperti soto dan rawon. Di beberapa negara, kedua hidangan asli Tanah Air ini juga banyak difavoritkan, lho! Next

ramadan

Keliling Dunia? Nggak Perlu! Indonesia Punya yang Mirip

Petualang Bernyali, 8 Spot Paralayang di Pulau Jawa Harus Kamu Coba