in , ,

Sate Rembiga Khas Lombok, Punya Bumbu dan Cara Penyajian yang Berbeda

Sate Rembiga adalah kuliner nikmat khas Lombok dengan bumbu dan cara penyajian yang berbeda dari sate pada umumnya di daerah lain

Sate Rembiga Khas Lombok

Main ke Lombok, wajib mencicipi kuliner khasnya. Selain ayam taliwang atau plecing kangkung, kamu harus mencoba sate khas Lombok setidaknya sekali seumur hidup. Sate khas Lombok ini bernama sate rembiga, dengan rasa yang menggugah selera dan pastinya menggoyang lidah. Dijamin bikin kamu ketagihan dan pingin kembali merasakan kembali!

Baca juga : Mau Cobain Penganan Berkuah yang Berbeda? Singgah Aja di Warung Soto Bebek Klaten Ini

Sate Rembiga Khas Lombok

Nama sate rembiga berasal dari daerahnya, yaitu Desa Rembiga, Kecamatan Selaparang, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Konon, dulunya sate ini disajikan sebagai hidangan istimewa untuk para raja dan bangsawan. Nah, tapi kini sudah bisa dinikmati setiap orang nih.

Sate Rembiga Khas Lombok
Foto via Instagram

Apa sih yang membedakan sate rembiga dengan sate-sate di daerah lain? Ternyata, bumbu dan cara penyajiannya nih yang berbeda, Teman Traveler. Sate rembiga berasal dari potongan sapi dengan perpaduan bumbu khas lombok. Cita rasa yang akan menyapa lidahmu adalah pedas dan manis.

Hal yang Berbeda dari Sate Rembiga

Potongan daging sapi dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu seperti terasi, asam jawa, gula merah, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Proses marinasi memakan waktu kurang lebih 2 jam sebelum daging dimasak. Setelah selesai dimarinasi, daging ditusuk kemudian dibakar.

Sate Rembiga Khas Lombok
Foto via Instagram

Sate yang telah matang, tidak disajikan dengan bumbu tambahan. Ya, jika biasanya sate disiram dengan bumbu kacang atau kecap, sate rembiga khas Lombok ini tidak lho. Karena bumbu yang telah meresap sebelum dibakar, menjadikan sate rembiga sudah sangat nikmat untuk disantap begitu saja.

Sate Rembiga Khas Lombok
Foto via Instagram

Di beberapa tempat, sate rembiga disajikan dengan lontong bulayak. Sedikit berbeda dari lontong pada umumnya. Lontong bulayak dibungkus daun aren dengan bentuk meruncing seperti kerucut. Selain lontong bulayak, sate rembiga juga cocok disantap dengan nasi hangat.

Tempat yang Menjual Sate Rembiga

Kamu akan menemukan banyak sekali tempat makan yang menyajikan sate rembiga saat berada di sepanjang jalan Dr. Wahidin. Tapi, ada rumah makan yang begitu terkenal dan ramai bukan main. Ialah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh.

Sate Rembiga Khas Lombok
Foto via Instagram

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh terletak di Jalan Rembiga Nomor 11B Rembiga, Mataram. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1988. Tidak hanya menyediakan sate rembiga, tempat makan ini juga menjual berbagai kuliner khas Lombok, yaitu plecing, sate pusut, bebalung, hingga pepes telengis.

Punya bumbu dan cara penyajian yang berbeda dari sate di daerah lain, pasti membuat kamu penasaran deh! Daripada penasaran, yuk icip langsung! Next

ramadan
Kereta Api Argo Semeru Anjlok

Kereta Api Argo Semeru Anjlok hingga Keluar Jalur, Tak Lama Tertabrak Kereta Api Argo Wilis

Sopir Bajaj Bahasa Inggris

Viral Sopir Bajaj Ini Percaya Diri Ngobrol Pakai Bahasa Inggris dengan Turis Asal Jerman