in ,

Peraturan yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Liburan ke Bali, Jangan Sampai Dilanggar!

Setiap berkunjung ke suatu tempat, kita harus bertindak sopan dan menaati peraturan setempat yang ada. Biasanya, di beberapa daerah menerapkan peraturan tak tertulis yang harus dipatuhi para pendatang.

Baca juga : Mau Coba Resto Ala Chelsea Olivia, Ini Dia Daftarnya!

Salah satunya adalah Bali, yang memiliki beberapa peraturan tak tertulis yang harus Teman Traveler patuhi. Apa saja sih peraturan yang harus kamu tahu sebelum menginjakkan kaki di Pulau Dewata?

Melangkahi sesajen di Bali

Saat berjalan-jalan di Bali, maka perlu berhati-hati lantaran banya sesajen yang diletakkan di beberapa titik. Sesajen itu disebut Saiban, yang berisikan makanan dan bunga dalam daun pisang berbentuk seperti mangkok. Sajen ini tidak boleh dilangkahi, diinjak, apalagi ditendang.

Foto via PegiPegi

Warga Bali percaya mereka yang melakukannya dengan sengaja akan kesurupan. Walaupun sudah kembali ke tempat asalnya, mereka akan kembali lagi ke Bali untuk meminta maaf dengan roh halus yang menjaga tempat tersebut.

Berpakaian sopan

Foto via Guliangkangin

Saat masuk ke area pura yang merupakan tempat suci, wisatawan diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sopan. Setiap wisatawan wajib menggunakan alas kaki, contohnya kaos kaki. Bagi para wanita tak boleh mengurai rambut, dikarenakan dipercayai menandakan sedang marah, sedih, birahi, atau bahkan menggunakan ilmu hitam. Saat berkunjung pun harus dalam keadaan sehat dan memiliki pikiran yang jernih.

Buang air di sembarang tempat

Foto via TravelKompas

Di Pulau Bali, banyak pohon atau tempat yang dianggap suci dan disakralkan. Oleh karena itu, wisatawan diharapkan berhati-hati bila ingin buang air. Bila melanggar akan ada sanksi, yaitu harus melakukan upacara Guru Piduka atau upacara permohonan maaf. Penduduk sekitar percaya bahwa terdapat makhluk halus yang menunggu tempat tersebut, mereka akan menggangu yang tidak mentaati peraturan.

Mengambil benda sembarangan

Foto via Kumparan

Selain sesajen, di beberapa tempat juga biasanya akan diletakkan benda, seperti uang, batu, bunga, hingga buah-buahan. Benda-benda tersebut dilarang untuk diambil. Alangkah baiknya bila kita meminta izin kepada pemangku pura bila ingin mengambil sesuatu. Karena dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bila kita sembarangan mengambil barang.

Menyentuh kepala orang Bali

Foto via The Asian parent

Walaupun biasanya kita mengungkapkan rasa sayang dengan mengelus kepala, namun jangan pernah melakukan hal tersebut kepada orang Bali. Karena memegang kepala merupakan tindakan tidak sopan. Mereka percaya bahwa kepala adalah bagian tersuci pada tubuh. Jadi jangan coba-coba mengelus kepala anak kecil sekalipun bila merasa gemas.

Sebelum pergi ke Bali, sebaiknya kamu ketahui dan perhatikan dulu apa sih yang sebaiknya dihindari. Setelah itu, patuhilah. Maka kamu bisa liburan dengan nyaman di Bali! Next

ramadan
Tips Liburan di Nusa Penida

Tips Liburan di Nusa Penida, Eksplore Makin Puas dan Tetap Nyaman

Manfaat traveling untuk kehidupan dan kesehatan

Sejuta Manfaat Seringnya Traveling, Salah Satunya Baik Untuk Kesehatan